9 Daftar Beasiswa Keren Yang Wajib Kau Ikuti

Halo pejuang beasiswa! Berikut ada 9 daftar beasiswa keren yang wajib banget kau ikuti. Jangan gampang menyerah. Tenang saja, mati satu, tumbuh seribu. Yuk simak, dan segera siapkan dirimu!

1. Bidikmisi

Bagi generasi penerus bangsa yang mempunyai banyak prestasi tapi terhalang faktor ekonomi, pemerintah menyediakan beasiswa ini untuk kamu. Eits, tidak hanya prestasi akademik, tapi juga non akademik lho, smart buddies. Agar bisa mendapat beasiswa ini, kau harus mengikuti jalur resmi masuk perguruan tinggi terlebih dulu. Ada SNMPTN, SBMPTN, serta jalur sanggup bangun diatas kaki sendiri Perguruan Tinggi Negeri dan PTS. Program ini selalu dibuka setiap tahunnya. Tidak heran, peminatnya luar biasa banyak. Untuk gosip selengkapnya, kau bisa simak di sini.

 

2. Astra

PT Astra International Tbk juga membuka peluang bagi kau yang ada di pulau Jawa dengan nama Beasiswa Astra1st. Tunjangan yang ditawarkan ialah beasiswa sebesar 5 juga rupiah per semester. Program berdurasi satu tahun ini juga mengatakan pendampingan komprehensif untuk menyebarkan soft and technical competencies. 

Daftar Beasiswa - Para peserta beasiswa Astra Para peserta beasiswa Astra. (Sumber: astra.co.id) 

Selain itu, kau diberi kesempatan mencar ilmu (kerja praktik atau magang) di Astra Group lho, smart buddies. Kamu akan diberi kesempatan emas untuk mengerjakan proyek bagi anak perusahaan Astra Group, serta mendapat dana proyek. Tidak hanya itu, sesudah kau lulus, tentu kesempatan bekerja di Astra akan terbuka sangat lebar untukmu. Kurang apa lagi coba?

Tes yang harus kau lalui di antaranya tes psikologi, Focus Group Discussion, interview, dan diakhiri dengan Astra Workshop Program. Informasi lengkap bisa kau lihat di official website Astra.

 

3. AMINEF (American Indonesia Exchange Foundation)

Daftar Beasiswa - Penerima beasiswa AMINEF Penerima beasiswa AMINEF. (Sumber: aminef.or.id) 

Siapa yang ingin mencicipi kuliah singkat di Amerika? Nah, wajib banget mencoba agenda beasiswa dari AMINEF. Program yang akan berjalan selama satu semester ini berlaku bagi kau yang masih menjalankan pendidikan S1 atau D4. Ada beberapa kriteria untuk calon yang dicari, yaitu:

  • Nilai TOEFL-mu minimal 500 (sertifikatmu gak boleh berumur lebih dari 2 tahun)
  • Diutamakan yang belum pernah punya pengalaman tinggal atau mencar ilmu di Amerika
  • Sudah selesai kuliah semester 1. namun belum melewati semester 6.

Kriteria lainnya bisa kau lihat di sini.

 

4. Tanoto Foundation

Tanoto Foundation ialah sebuah yayasan yang didirikan oleh pengusaha konglomerat Indonesia, Sukanto dan Tinah Bingei Tanoto. Yayasan ini bertujuan untuk mewujudkan kepedulian akan kemiskinan serta menanggulanginya. Salah satu caranya yaitu dengan mengatakan beasiswa pendidikan. 

Daftar Beasiswa - Peraih beasiswa Tanoto Foundation Peraih beasiswa Tanoto Foundation. (Sumber: jurnalasia.com) 

Beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa yang sedang menempuh studi S1 atau S2 di sejumlah perguruan tinggi yang bermitra dengan Tanoto Foundation. Apa saja? UI, ITB, UGM, IPB, USU, Universitas Hasanuddin, Universitas Jambi, Universitas Mulawarman, dan Universitas Riau.

Kalau kau merupakan mahasiswa berprestasi, punya potensi kepemimpinan namun terhalang ekonomi, beasiswa ini meliputi biaya kuliah dan tunjangan bulanan. Diberikan hingga peserta beasiswa menuntaskan pendidikannya secara sempurna waktu, sepanjang sanggup mempertahankan serta meningkatkan prestasi akademik. Selain itu, yayasan ini turut membekali peserta beasiswa dengan banyak sekali acara positif. Lihat rincian lebih jelasnya di sini.

 

5. BCA 

Beasiswa JSSO - Beasiswa BCA Finance Beasiswa BCA Finance. (Sumber: kompas.com) 

Beasiswa BCA Finance mengatakan mahasiswa S1 dengan mengatakan proteksi dana pendidikan sebesar 3 juta rupiah per semester. Beasiswa ini berlaku hingga 8 semester lho, dan besar kuotanya ialah 90 mahasiswa. Beberapa ketentuannya yaitu IPK minimal 3,00 bagi yang kuliah di Perguruan Tinggi Negeri dan 3,40 bagi yang kuliah di PTS. Umumnya registrasi dibuka sekitar bulan Juni nih, smart buddies. Ayo mulai persiapkan dirimu dari kini biar tidak ketinggalan! Pantengin terus ya ke laman ini.

 

6. Djarum Foundation

Beasiswa JSSO - Beswan Djarum Beswan Djarum. (Sumber: inijakarta.com) 

Nah, beasiswa yang ini cakupannya cukup luas, yaitu pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama hingga mahasiswa pascasarjana. Sejak tahun 1984, Djarum Foundation melalui agenda Djarum Beasiswa Plus memberi proteksi tidak sekadar biaya pendidikan dan hidup saja. Namun juga ada training soft skills yang akan mempunyai kegunaan di masa depanmu nanti. Pelatihan yang diberikan pada Beswan Djarum (sebutan peserta beasiswa) terdiri dari:

  • Nation Building
  • Character Building
  • Leadership Development
  • Competition Challenges
  • International Exposure

Selain tunjangan biaya pendidikan, beasiswa ini juga mengatakan tunjangan uang saku, tunjangan biaya buku, dan tunjangan internet. Biasanya registrasi dibuka pada bulan Januari. Baca syarat dan ketentuannya di sini.

 

7. Japan Student Services Organization (JASSO) 

Daftar Beasiswa - Beasiswa JSSO Beasiswa JSSO. (Sumber: kumamoto.com)

Disiplinnya budaya Jepang tentu membuatmu ingin turut mencicipi mengenyam pendidikan di sana. Seleksi penerimaannya ibarat pada umumnya. Mulai dari seleksi dokumen, ujian tertulis, kemampuan berbahasa asing, dan wawancara. Kamu sanggup eksklusif hubungi bab mahasiswa abnormal di universitas Jepang manapun yang kau mau. Hampir semua registrasi diwajibkan melalui kampus yang kau tuju. Yuk semangat!

 

8. Global Korea Scholarship Program

Hayo, siapa yang tergila-gila dengan banyak sekali hal wacana Korea Selatan? Mulai dari film, musik, maupun agenda televisinya. Kamu bisa ikut beasiswa Global Korea Scholarship (GKS) yang didukung penuh oleh pemerintah Korea Selatan. Seleksinya dilakukan melalui universitas rekanan, salah satunya Universitas Indonesia. Tidak gampang lho ikut seleksi jikalau bukan dari universitas rekanan. Tugasmu, cari tahu universitas mana saja yang merupakan rekanan di Indonesia.

 

9. Guangxi Government Scholarship

Kabar baik, pemerintah Tiongkok memberi beasiswa ke negara-negara ASEAN. Nah, alasannya Indonesia ialah salah satunya, maka kau punya kesempatan anggun untuk sanggup beasiswa. Program ini meliputi biaya registrasi ke universitas, biaya kuliah, buku, dan bahan perkuliahan, akomodasi, asuransi kesehatan dan kecelakaan, serta biaya hidup. Benar-benar meringankan beban, bukan? Belum fasih bahasa setempat? Psst, kau akan diberi kesempatan untuk mencar ilmu di agenda Bahasa Tiongkok selama setahun.

Itulah 9 agenda beasiswa keren yang wajib dicoba. Jadi, agenda beasiswa mana yang ingin kau ikuti? Siapkan motivation letter, recommendation letter, hasil TOEFL, sertifikat, dan semua berkas yang dibutuhkan. Cheers!

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Daftar Beasiswa Keren Yang Wajib Kau Ikuti"

Posting Komentar