Cara Menciptakan Database Mysql Dan Menghapus Database Mysql Dengan Phpmyadmin


Jika pada artikel sebelumnya aku sudah menjelaskan sekilas wacana apa itu PHPMyAdmin, di tutorial kali ini aku ingin menulis wacana bagaimana caranya menciptakan database MySQL dan bagaimana caranya menghapus database MySQL memakai PHPMyAdmin. Tool-tool yang disediakan PHPMyAdmin berdasarkan aku sangatlah user friendly sehingga sanggup dikatakan sangat gampang untuk mengelola database server MySQL melalui antarmuka tersebut. Mari kita pribadi praktek bagaimana menciptakan dan menghapus database MySQL tersebut:

Begini cara menciptakan database di dalam server database MySQL:

Pertama buka halaman login PHPMyAdmin dengan menuliskan alamat aplikasi PHPMyAdmin melalui browser anda dan ketik alamatnya dengan format:

 http://alamat_ip_atau_domain/phpmyadmin/

maka akan muncul halaman login menyerupai pada gambar di bawah ini:

tampilan di atas ialah tampilan aplikasi PHPMyAdmin milik saya. Tampilan aplikasi PHPMyadmin milik anda juga tidak akan jauh berbeda. silakan masuk dan anda akan mendapati tampilan dashboard menyerupai pada gambar di bawah ini:


untuk menciptakan database MySQL anda sanggup masuk ke dalam sajian database dari tab database di atas, menyerupai pada gambar di bawah ini:


Setelah masuk akan terlihat sajian menyerupai pada gambar di bawah ini:


disitu anda sanggup melihat database-database yang telah ada di dalam server database MySQL. Untuk menciptakan database gres di dalam server MySQL anda sanggup memakai sajian di atas list database tersebut, menyerupai yang aku tunjukkan pada gambar di bawah ini:


tulis nama database yang akan anda buat (saya menulis database dengan nama "website"), kemudian klik create, secara otomatis anda akan di arahkan ke halaman pengelolaan tabel di dalam database yang barusan anda buat menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:


karena sesudah menciptakan database baru, langkah selanjutnya ialah menciptakan tabel, tabel tersebut berisi baris (row) yang nanti diisi data-data yang disimpan di dalam database. Satu database sanggup berisi beberapa tabel sekaligus yang saling terkait atau tidak berafiliasi sama sekali antara tabel yang satu dengan yang lainnya. Dari gambar diatas itu terlihat bahwa belum satupun tabel dibentuk di dalam database. Selain itu coba anda perhatikan jendela sebelah kiri terlihat bahwa database "website" yang barusan aku buat, tertampil disitu menyerupai pada gambar di bawah ini:


Jika anda perhatikan maka pada tab di atas akan terlihat menu-menu untuk mengelola database dengan nama "website" yang aku buat barusan menyerupai pada gambar di bawah ini:


Silakan klik sajian home, untuk kembali ke halaman utama dari sajian yang terlihat pada gambar di bawah ini:

 

kemudian klik tab database lagi di bab atas, maka akan terlihat list database yang ada dan silakan perhatikan pada bab bawah, maka akan terlihat database dengan nama website alasannya ialah tadi sudah aku "create" menyerupai pada gambar di bawah ini:


anda sanggup lihat bab bawah tabel yang aku beri centang, itu ialah database dengan nama "website" yang aku buat dengan PHPMyAdmin. 

Cara menghapus database MySQL:

Melalui sajian yang tertampil di atas tersebut anda juga sanggup menghapus database yang telah tersimpan di dalam server MySQL, silakan klik icon Drop yang terlihat di bawah tabel sesudah anda menentukan dengan cara memberi tanda centang pada database yang ingin anda hapus. Praktis bukan mengelola database server MySQL dengan PHPMyAdmin? pada kesempatan yang lain akan aku bahas cara menciptakan tabel untuk menyimpan data di dalam server database MySQL.


Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menciptakan Database Mysql Dan Menghapus Database Mysql Dengan Phpmyadmin"

Posting Komentar