Baca Dongeng Ini, Hilangkan Kebiasaan Jelek Semenjak Kecil!

Suatu ketika, hidup seorang ayah dengan anaknya. Sang Ayah kewalahan dengan perilaku jelek yang terus diperlihatkan anaknya. Ia telah mencoba untuk mengingatkan anaknya berkali-kali untuk menghilangkan perilaku buruknya, namun tetap tidak bisa. Ia pun meminta tolong Pak Tua yang bijak untuk membantunya menghilangkan perilaku jelek anaknya.

Pak Tua membawa anak itu ke sebuah kebun besar. Diajaknya ia berkeliling kebun dengan riang, hingga di suatu waktu mereka menghampiri kumpulan bunga. "Coba kau cabut bunga kecil itu," Pak Tua meminta sang anak. Dengan tarikan gampang memakai hanya jempol dan telunjuk, bunga itu dicabutnya. "Coba kau cabut yang ini," Pak Tua menunjuk bunga yang lebih besar. Sedikit lebih keras usahanya, namun anak itu tetap dapat mencabutnya.

Mereka pun jalan-jalan lagi, hingga menghampiri kumpulan semak. "Coba kau tarik semak ini hingga akarnya," pinta Pak Tua lagi. Sebagian semak berhasil ditariknya hingga ke akar-akarnya. Sang anak mulai berkeringat. Muka terlihat bertanya-tanya. "Untuk apa ini semua, Pak?" tanyanya. "Ayo kita lanjutkan dulu," jawab Pak Tua.

Mereka kembali berjalan hingga mendekati sebuah pohon besar. "Sekarang coba kau cabut pohon itu hingga akar-akarnya," kembali Pak Tua meminta. Kali ini anak itu benar-benar bingung. Namun ia tetap mencobanya. Dengan sekuat tenaga ia mencoba mengangkat, menarik pohon itu untuk mencabutnya hingga akar. "Ini tidak mungkin, Pak!" keluhnya.

"Begitu juga dengan sifat buruk. Semuanya harus dihilangkan ketika masih kecil, masih muda. Karena jikalau sifat jelek dibiarkan terus, maka ia akan tumbuh seiring pertumbuhanmu, dan akan semakin sulit untuk dihilangkan."

Anak itu hanya dapat menunduk. Namun kata-kata Pak Tua benar-benar mengubah hidupnya selamanya.

Smart Buddies, dongeng ini memberikan kita pelajaran moral yang sangat berharga. Jangan biarkan kebiasaan atau sifat jelek tumbuh bersama kita, alasannya akan sulit untuk menghilangkannya jikalau kita sudah tumbuh dewasa.

Sumber : moralstories.org

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Baca Dongeng Ini, Hilangkan Kebiasaan Jelek Semenjak Kecil!"

Posting Komentar