Yuk, Isi Waktu Ngabuburit Dengan 8 Aktivitas Seru Dan Bermanfaat Ini!

Smart buddies, kini sudah memasuki ahad ke-2 bulan Ramadan, nih! Apakah kau masih tetap semangat menjalani puasa? Meskipun menahan lapar dan haus seharian, smart buddies harus tetap semangat ya menjalani segala aktivitas! Bulan bulan ampunan tidak sanggup lepas dari istilah ngabuburit, kegiatan yang dilakukan ketika menunggu waktu berbuka puasa. Daripada hanya nganggur di rumah atau bermain  media sosial di smartphone terus, lebih baik isi dengan kegiatan yang produktif dan bermanfaat tapi tetap seru. Berikut ini Ruangguru berikan rekomendasi kegiatan-kegiatannya. Yuk, disimak!

1. Ikut kegiatan volunteering

Waktu Ngabuburit - Volunteering
Menjadi volunteer kegiatan seru, lho! (Sumber: nutrifood.co.id) 

Di bulan bulan ampunan ini, yuk smart buddies, tingkatkan acara sosial kita! Salah satu acara yang menarik untuk dilakukan yaitu menjadi volunteer. Kamu sanggup berkontribusi di suatu event sosial, mengajar dan berinteraksi dengan bawah umur di panti asuhan, RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak), dan daerah lainnya yang membutuhkan.

Selain waktu luangmu akan terasa lebih bermanfaat, bawah umur yang berinteraksi dengan kau pun akan merasa senang. Kalau masih galau ingin melaksanakan apa dan di mana, kini ada banyak lho komunitas anak muda yang rutin mengadakan social activity dan membutuhkan volunteer. Dengan bergabung ke komunitas, smart buddies juga jadi sanggup menambah kenalan baru. Pastinya puasa kita akan terasa lebih bermakna.

2. Membuat aneka artworks dan crafts

Waktu Ngabuburit - Membuat Crafts
Anak-anak berkreasi menciptakan kartu. (Sumber: blog.anandprakash.com) 

Selain menjadi volunteer, smart buddies juga sanggup melaksanakan kegiatan yang mengasah kreativitas. Misalnya, menciptakan lukisan atau aneka kerajinan tangan. Kalau bingung, smart buddies sanggup lho mencoba menciptakan dan mengkreasikan kartu lebaran sendiri! Tentunya di bulan puasa yang bertepatan dengan masa liburan ini kau mempunyai waktu luang yang lebih banyak. Kaprikornus kau tidak perlu terburu-buru dan sanggup menikmati setiap prosesnya.

Dengan mengerjakan kerajinan tangan, tanpa terasa waktu berbuka pun tiba. Kamu nggak akan merasa bosan tentunya. Setelah karya yang dibentuk jadi, kau juga akan merasa bangga, bagaimana pun hasilnya. Orang yang mendapatkan kartu lebaran handmade karyamu juga niscaya akan merasa lebih terkesan daripada hanya mendapatkan ucapan lebaran secara digital.

3. Membereskan kamar 

Waktu Ngabuburit - Memberesi Kamar
Yuk rapikan kamar kita! (Sumber: hgtv.com) 

Hayo ngaku, siapa diantara smart buddies yang kamarnya berantakan? Padahal, kondisi kamar sanggup mempengaruhi suasana hati, lho! Kalau kamar kau rapi, niscaya akan terasa lebih nyaman. Kalau begitu, yuk mulai beresi kamar masing-masing!

Mulai dari buka lemari kau dan seleksi baju mana saja yang ingin tetap kau simpan. Lalu, susun dengan rapi di dalam lemari. Kemudian, bereskan juga meja belajarmu. Singkirkan barang mana saja yang kira-kira sudah tidak diperlukan. Beberes kamar membutuhkan waktu yang tidak sebentar, lho! Jadi, cocok banget untuk mengisi waktu ngabuburit.

4. Mengadakan garage sale

Waktu Ngabuburit - Garage Sale
Suasana garage sale (Sumber: merdeka.com) 

Saat sedang beres-beres kamar, apakah smart buddies sempat menemukan barang yang bergotong-royong sudah tidak dibutuhkan lagi tapi masih bagus? Kalau disimpan terus, akan memenuhi tempat. Kalau dibuang, kok rasanya sayang, ya. Nah, daripada bingung, adakan garage sale saja! Selama menunggu buka puasa, pilih barang mana saja yang sekiranya akan dijual kemudian tentukan harganya. Karena ini garage sale, jadi harganya harus disesuaikan, ya. Lalu tentukan kapan dan di mana smart buddies akan mengadakannya. Supaya makin seru dan barangnya semakin beragam, kau sanggup ajak teman-teman kau juga.  Jangan lupa sebarluaskan info wacana garage sale-nya agar banyak yang datang. Selain lemari baju dan kamar jadi lebih rapi, smart buddies jadi sanggup mendapatkan pemasukan tambahan. Yeay!

5. Menjelajahi kota sendiri

Waktu Ngabuburit - Jelajah Kota
Menjelajahi kota sendiri seru juga lho! (Sumber: keepo.me) 

Kalau selama ini smart buddies sering traveling ke luar kota atau luar negeri, kini saatnya menjelajahi kota sendiri. Jangan-jangan, kau malah kurang tahu wacana destinasi wisata menarik yang ada di kota sendiri selain mall. Nah, ini waktu yang tepat.

Kamu sanggup mengunjungi aneka museum, daerah wisata budaya, dan daerah menarik lainnya. Supaya lebih seru, ajak teman-temanmu juga dan gunakan alat transportasi publik ibarat bus wisata atau kereta. Dengan menjadi turis di kota sendiri, kau niscaya akan mendapatkan hal-hal menarik yang belum kau ketahui sebelumnya. Dikarenakan sedang puasa, pastikan ketika sahur kau mendapatkan asupan energi yang cukup ya agar tidak lemas ketika jalan-jalan.

6. Membuat vlog atau film pendek

Waktu Ngabuburit - Membuat Vlog)
Yuk isi ngabuburitmu dengan menciptakan vlog! Sumber: minutehack.com) 

Selama ini mungkin smart buddies sering movie marathon atau menonton video di Youtube ketika menunggu buka puasa. Nah, bagaimana kalau kini giliran kau yang menciptakan film atau vlog itu sendiri? Kamu sanggup menyesuaikannya dengan minat kamu. Misalnya meng-cover lagu, menciptakan beauty atau fashion vlog, menciptakan video memasak, dan lainnya.

Kalau kau punya tips dan trik yang menarik, boleh banget lho ditampilkan di videomu. Siapa tahu akan ada banyak orang yang mencicipi manfaatnya. Smart buddies juga sanggup menciptakan project film pendek bersama teman-teman dan mengembangkan tugas. Ada yang menjadi sutradara, penulis skenario, cameraman, dan tentunya pemain film.  Saat karya kalian sudah jadi, niscaya akan merasa puas.

7. Membuat challenge memasak

Waktu Memasak - Challenge Memasak Membuat challenge memasak sambil menunggu buka puasa. (Sumber: lfpress.com) 

Meski sedang puasa, tidak ada salahnya mengisi waktu ngabuburit kita dengan memasak. Daripada terus-terusan buka puasa di restoran, smart buddies sanggup melatih skill memasak dengan mencoba menciptakan aneka jenis masakan. Waktunya sanggup dilakukan ketika sore hari menjelang berbuka. Supaya tidak terasa biasa saja dan bosan, smart buddies sanggup menciptakan challenge sendiri, nih! Misalnya hari ini menciptakan hidangan khas Jepang, besok memasak aneka pasta, dan seterusnya. Lalu, sajikan kuliner buatan di meja makan keluarga. Mereka niscaya akan sangat senang.

8. Tetap berakal dengan cara seru 

Waktu Ngabuburit - Menonton Video Tambah pengetahuanmu dengan cara yang seru (Sumber: newsone.com) 

Durasi berpuasa di Indonesia termasuk cepat kalau dibandingkan dengan negara lain di dunia. Namun, tetap saja akan terasa usang bila selama seharian tidak melaksanakan acara apa pun. Nah, smart buddies dapat mengisi waktu luang tersebut dengan mencari pengetahuan dan gosip menarik. Kamu sanggup mendapatkannya dengan membaca buku atau menonton video di Youtube. Terlebih, kini ada banyak buku dan video yang didesain menarik, sehingga tidak menciptakan bosan. Kamu juga sanggup lho menonton video bermuatan pengetahuan di ruangbelajar! Setiap videonya berdurasi tidak lebih dari 10 menit dan sanggup diakses melalui aplikasi Ruangguru. Pastinya sangat menarik dan menciptakan #BelajarJadiMudah. Waktu menunggu buka puasa smart buddies pun akan menjadi bermanfaat dan tidak terbuang sia-sia alasannya yaitu menerima pengetahuan baru.

Bagaimana smart buddies, acara mana yang kau pilih untuk mengisi ngabuburit hari ini? Apa pun kegiatan yang kau lakukan, terus semangat menjalani puasanya, ya! (NF/TN)

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk, Isi Waktu Ngabuburit Dengan 8 Aktivitas Seru Dan Bermanfaat Ini!"

Posting Komentar