Tidak Disangka, 5 Negara Ini Pemilik Teknologi Canggih!

Smart Buddies, tahukah kau Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional di setiap tanggal 10 Agustus? Peristiwa ini berawal dari diterbangkannya pesawat pertama buatan Indonesia yang diberi nama Sandi Gatotkaca dengan tipe N-250. Di tingkat internasional, negara kita memang belum termasuk dalam jajaran negara-negara dengan kemajuan teknologi yang pesat. Sejauh ini, pasar teknologi canggih dunia masih terus dikuasai oleh Amerika Serikat. Meskipun demikian, ternyata ada banyak negara yang mempunyai potensi luar biasa di bidang teknologi, lho! Keep scrolling ya!

1. Israel 

teknologi canggih -Teknologi Waze ternyata buatan Israel Teknologi Waze ternyata buatan Israel (Sumber: www.genmuda.com)

Israel merupakan negara yang terkenal dengan teknologi spionase, yang biasa dipakai untuk para intelijen dan penyidik. Negara ini mempunyai sekitar 300 perusahaan yang berkecimpung di bidang teknologi cyber, salah satunya yaitu aplikasi navigasi Waze. Pasti kau tahu kan? Nah, sebagian besar dari perusahaan teknologi di Israel melaksanakan produksi alat-alat untuk melindungi serangan cyber. Akan tetapi, produk tersebut harus mempunyai izin dari Kementerian Pertahanan Israel, biar tidak disalahgunakan.

2. Finlandia

Teknologi Canggih - Nokia yaitu merek telepon genggam yang berasal dari Finlandia Nokia yaitu merek telepon genggam yang berasal dari Finlandia (Sumber: https://l.ytimg.com)

 Di awal tahun 2000-an, ada salah satu merek telepon genggam yang paling terkenal di Indonesia. Kamu bisa tebak apa namanya? Yep, itulah Nokia yang ternyata berasal dari negara Finlandia, lho! Kemajuannya yang pesat di bidang teknologi komunikasi, menciptakan negara ini kini mulai sejajar dengan Jepang, Jerman, dan Amerika Serikat dalam menguasai pasar teknologi dunia. Salah satu faktor di balik kesuksesan Finlandia di bidang teknologi yaitu riset dan pengembangan teknologi yang mumpuni.

3. Tiongkok

Saat ini, negara Tiongkok sedang terus-menerus membuatkan teknologi nuklir, lho! Diakui World Nuclear Association, teknologi nuklir milik negeri panda ini merupakan salah satu yang berkembang cukup pesat. Hingga Agustus 2017, Tiongkok telah mempunyai 37 reaktor nuklir. Selain bidang teknologi nuklir, negara ini juga mempunyai industri bioteknologi yang mempunyai nilai ekonomi tinggi, salah satunya yaitu produk vaksin.

4. Rusia

Jika ditanya negara manakah yang paling siap dengan teknologi militer, maka Rusia menjadi jawabannya. Pada tahun 2016 lalu, Rusia berencana membuatkan 1.300 teknologi pertahanan untuk empat tahun mendatang. Selain itu, planning tersebut juga sejalan dengan upaya pemenuhan kebutuhan industri pertahanannya untuk tahun 2020. Lebih lanjut, negeri beruang merah ini juga mempunyai robot pengangkut tanpa awak yang berjulukan Avtrobot, dan pesawat udara tanpa awak yang berjulukan Shersen. Keren ya!

5. Brazil

Teknologi Canggih - Teknologi Garis Gawang Teknologi garis gawang dipelopori oleh Brazil pada Piala Dunia 2014 (Sumber: http://www.wbartmuseum.com)

Siapa yang menyaksikan tayangan Piala Dunia tahun 2014 lalu? Ada teknologi gres lho yang diterapkan ketika pertandingan tersebut, yaitu teknologi garis gawang. Tujuannya biar wasit menjadi lebih gampang untuk memilih keputusan sebuah goal. Selain teknologi garis gawang, Brazil juga merupakan negara yang andal dalam industri penerbangan.

Menarik sekali ya membahas negara-negara lain dengan kemampuan teknologi canggih! Semoga dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia juga bisa menjadi negara yang maju di bidang teknologi menyerupai 5 negara di atas. Kamu juga bisa turut berkontribusi untuk mewujudkannya. Salah satunya dengan cara melanjutkan studi di bidang teknik. Nah, untuk mempersiapkan diri, yuk berguru dulu di Ruangguru Digital Bootcamp (RGDB) supaya semakin siap melanjutkan studinya! ☺ (EBD/RE)

Daftar RGDB Sekarang!

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tidak Disangka, 5 Negara Ini Pemilik Teknologi Canggih!"

Posting Komentar