Cara Gampang Menciptakan Otentikasi Login Dan Register Di Laravel 5.3


Tahukah kau bahwa di framework PHP laravel untuk menciptakan halaman login untuk otentikasi dan halaman register user sangatlah mudah, anda cukup memakai beberapa konfigurasi dan menjalankan beberapa perintah tanpa harus melaksanakan coding. Penasaran? berikut langkah-langkahnya:

Pertama untuk install laravel 5.3 anda dapat mengikuti tutorial:

Cara install laravel 5.3 di Ubuntu

kemudian untuk menciptakan database gres dengan nama "database" di server MySQL, anda dapat mengikuti tutorial:

Cara menciptakan database di dalam server MySQL lewat terminal di Ubuntu

kemudian sesudah database gres dengan nama "database" sudah dibuat, aplikasi laravel sudah diinstall, konfigurasi dulu koneksi database pada laravel 5.3 di file .env pada root directory laravel dengan perintah:

 vim .env

kemudian cari bagian:

 DB_CONNECTION=mysql  DB_HOST=127.0.0.1  DB_PORT=3306  DB_DATABASE=homestead  DB_USERNAME=homestead  DB_PASSWORD=secret 

sesuaikan dengan milik anda, jikalau milik saya menjadi menyerupai berikut:

 DB_CONNECTION=mysql  DB_HOST=127.0.0.1  DB_PORT=3306  DB_DATABASE=database  DB_USERNAME=root  DB_PASSWORD=root 

simpan, kemudian pada terminal di dalam root directory laravel, saya menjalankan perintah di bawah untuk menciptakan progress otentikasi:

 php artisan make:auth

jikalau berhasil akan tertampil menyerupai di bawah ini:


perintah diatas untuk menciptakan file otentikasi untuk tampilan, database dan progress otentikasi di dalam system. Setelah itu jalankan perintah di bawah untuk mengimplementasikannya:

 php artisan migrate

jikalau berhasil melaksanakan migrasi database, maka tampilan prosesnya akan terlihat menyerupai berikut:


perintah di atas berfungsi untuk menciptakan tabel otentikasi di database MySQL yang akan dipakai untuk menyimpan password dan users yang dipakai untuk masuk ke dalam system. Tabel yang dibentuk ialah dalam database terdiri dari:
  • tabel migrations
  • tabel password_resets
  • tabel users
kemudian untuk mencoba proses otentikasi tersebut sebelumnya saya menjalankan perintah untuk mengaktifkan web server lokal laravel:

 php artisan serve

apabila web server lokal berhasil diaktifkan akan terlihat menyerupai berikut:


sesudah itu saya mengakses melalui browser dengan alamat:

 localhost:8000/

maka akan terlihat sajian login dan register di pojok kanan atas menyerupai gambar di bawah:


jikalau saya klik sajian register, maka akan tampil halaman register menyerupai berikut:


saya mencoba menciptakan user login gres disitu, kemudian sesudah di klik tombol register, saya akan diredirect ke halaman home menyerupai berikut:


jikalau saya klik tombol logout, kemudian klik login di sajian pojok kanan atas maka akan tertampil halaman login menyerupai di bawah:


sangat gampang bukan, menciptakan proses otentikasi di laravel ? Saya melakukannya tanpa coding. Silakan mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Gampang Menciptakan Otentikasi Login Dan Register Di Laravel 5.3"

Posting Komentar