Persiapan Membangun Replikasi Mysql Server Dengan Hubungan Master Slave Pada Ubuntu Server


Kali ini aku akan membahas bagaimana mempersiapkan konfigurasi untuk membangun replikasi dua buah MySQL Server. Hubungan replikasi yang akan aku berdiri diantara kedua MySQL server tersebut bersifat Master dan Slave. Fungsi replikasi disini yaitu untuk meningkatkan layanan ketersediaan database oleh server. Sehingga saat ada salah satu dari kedua server tersebut mengalami problem yang mengakibatkan hilangnya data yang disimpan, maka database server satunya tetap ada untuk menjaga database tetap tersedia (tidak ikut hilang). 

Fungsi server yang berperan sebagai Master pada server database MySQL disini dipakai sebagai acuan. Sedangkan server MySQL yang berperan sebagai Slave pada server database MySQL disini sebagai dipakai sebagai backup sang Master. Makara apapun yang disimpan di dalam database Master maka akan disimpan juga di database Slave.

Database yang disimpan di dalam Master sanggup ditulisi oleh pengguna, sedangkan database yang disimpan di dalam Slave hanya bersifat read only (tidak sanggup ditulisi oleh klien) dan hanya dimodifikasi saat database master juga dimodifikasi sebagai acuan.

Berikut topologi yang akan aku gunakan:


Sistem operasi yang aku gunakan di Master Server dan Slave Server yaitu Ubuntu Server 14.04 LTS. Saya anggap bahwa Ubuntu Server yang akan aku gunakan juga sudah terinstall MySQL Server versi 5.6.

Pertama aku akan melaksanakan konfigurasi alamat IP untuk kedua server tersebut.

Untuk melaksanakan konfigurasi alamat IP pada Master server dan Slave Server, aku menjalankan perintah berikut:

Pada master Server aku menjalankan perintah:

 sudo ifconfig eth0 192.168.56.25/24

dan di Slave server aku masukkan perintah:

 sudo ifconfig eth0 192.168.56.35/24

Melalui perintah di atas aku mengkonfigurasikan alamat IP Master server pada kartu jaringannya dengan alamat 192.168.56.25 netmask 255.255.255.0

Saya juga mengkonfigurasikan alamat IP Slave Server dengan alamat IP 192.168.56.35 dengan netmask 255.255.255.0

Pastikan konektifitas jaringan antara kedua server tersebut telah terhubung dengan mencoba melaksanakan ping dari Master ke Slave dan dari Slave ke Master.

Langkah selanjutnya yaitu aku masuk ke shell MySQL di Master Server dengan perintah:

 mysql -u root -p

kemudian aku akan menciptakan database gres yang akan direplikasi dengan perintah:

 CREATE DATABASE belajar;

perintah di atas dipakai untuk menciptakan database gres dengan nama belajar. Setelah itu aku akan menciptakan tabel di dalam database mencar ilmu tersebut dengan perintah:

 CREATE TABLE `profile` (   `id` int(11) NOT NULL,   `nama` varchar(50) NOT NULL,   `email` varchar(50) NOT NULL,   PRIMARY KEY (`id`) );

Perintah di atas dipakai untuk menciptakan tabel dengan nama profile yang berisi 3 kolom yang terdiri dari kolom ID, kolom Nama dan Kolom Email.

Setelah itu silakan keluar dari shell MySQL pada master server dengan perintah di bawah:

 QUIT;

Yap, untuk persiapan kedua server tersebut telah selesai.

Langkah selanjutnya yaitu konfigurasi replikasi Master Slave database MySQL yang akan aku bahas di goresan pena selanjutnya. Tetap ikuti ya, terima kasih telah berkunjung.

Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Persiapan Membangun Replikasi Mysql Server Dengan Hubungan Master Slave Pada Ubuntu Server"

Posting Komentar