Macam - macam pengertian geografi berdasar para ahli

Macam - macam konsep geografi sudah ada semenjak era dulu kala. Bangsa yunani kuno sudah berupaya mendokumentasikan berbagai ragam penjelasan yang berkaitan dengan geografi. Geograf pertama pada masa ini merupakan thales (640 - 546 sm) . A sudah menyibukkan diri dengan bermacam penelitan dan juga menggali data geografi dengan melaksanakan ekspedisi ke bermacam tempat.
Langkah thales diiringi oleh geograf yunani yang lain. Sebut saja herodotus (485 - 425 sm) yang membikin geografi sekitaran daerah timur tengah, phytheas yang mengukur jarak matahari ke bumi dan juga yang amat fenomenal merupakan eratosthenes (276 - 194 sm) yang sanggup menghitung keliling bumi cuma berselisih 1 persen dari keliling sesungguhnya.
Berikut di dasar itu merupakan kosep penafsiran geografi dari diantara pakar:

1. Immanuel kant
Geografi merupakan ilmu yang objek studinya merupakan benda - benda, perihal atau tanda - tanda yanb tersebar dalam daerah di permukaan bumi.

2. Alexander von humboldt
Alexander manyatakan kalau gegorafi merupakan riset mengenai pengaruh area alam terhadap manusia.

3. Karl ritter
Geografi adalah sesuatu jajak bumi sebagai tempat hidup manusia. Perihal yang jadi objek riset geografi merupakan seluruh fenomena di permukaan bumi, baik organik ataupun anorganik yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

4. Friederich ratzel
Ratzel mengemukakan konsep geografi dalam bukunya yang bertajuk politische geographie. Konsep ini diberi nama lebensraum yang maksudnya daerah geografis menjadi fasilitas untuk organism guna tumbuh. Dia memandang sesuatu negeri condong meluaskan lebensraum - nya setimpal kekokohan yang dia miliki.

5. Elsworth huntington
Geografi merupakan riset mengenai fenomena pemukaan bumi beserta penduduk yang menghuninya. Dia menarangkan terdapatnya ikatan timbal balik senggang indikasi dan juga sifat - sifat permukaan bumi dengan penduduknya.

6. Paul vidal de la blache
Vidal adalah pelopor teori posibilisme (mungkin) yang melaporkan dasar area menawarkan kemunkinan manusia guna hidup dan juga tumbuh. Baginya, geografi merupakan ilmu yang mempelajarai gimana cara penciptaan dicoba manusia terhadap mungkin yang ditawarkan oleh alam.

7. Halford mackinder
Bagi mackinder, geografi merupakan ilmu yang guna utamanya menyelediki interaksi manusia dalam warga dengan area yang berubah bagi lokasinya.

8. Bintaro
Geografi pada dasarnya merupakan ilmu pengetahuan yang menceritakan, mencerahkan sifat - sifat bumi, menganalisis tanda - tanda alam dan juga penduduk, dan menekuni warna yang khas mengenai kehidupan dari unsur - unsur bumi.

9. Daldjoeni
Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mencakup 3 perihal pokok, yakni spasial (ruang) , ekologi, dan juga region (daerah) . Dalam perihal spasial, geografi menekuni persebaran indikasi baik yang alamiah ataupun manusiawai di wajah bumi. Setelah itu halam perihal ekologi, geografi menekuni gimana manusia wajib sanggup menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Ada juga dalam perihal region, geografi memplejari daerah menjadi tempat tinggal manusia bersumber pada kesatuan fisiografinya.
Mudah - mudahan postingan geografi tersebut di atas mengenai penafsiran lengkap gegorafi dapat berguna untuk sobat sekaligus.

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam - macam pengertian geografi berdasar para ahli "

Posting Komentar