Duplicate Entry For Primary Key - Troubleshooting Replikasi Database Mysql Dengan Relasi Master Slave - 3


Untuk kali ini aku menciptakan percobaan pada replikasi Master Slave database MySQL server untuk memperbaiki duduk kasus duplicate entry for primary key di server Slave. Berikut topologinya:


dari situ aku mencoba memasukkan data ke dalam server Slave, dimana tabel yang direplikasi mempunyai constraint primary_key pada kolom ID. Kaprikornus gini, aku punya tabel yang di replikasi dari master ke slave menyerupai berikut:

 Data Master 
 iddata
 1test1
 2test2
Data Slave
 iddata
 1test1
 2test2

kemudian aku iseng memasukkan data ke server Slave sehingga posisinya menjadi menyerupai berikut:

 Data Master 
 iddata
 1test1
 2test2
Data Slave
 iddata
 1test1
 2test2
 3iseng

balasannya ketika master di insert data gres menjadi:

 Data di Server Master: 
 iddata
 1test1
 2test2
 3test3

Data di server slave tidak direplikasi sehingga tetap menyerupai berikut:

 Data di Server Slave: 
 iddata
 1test1
 2test2
 3iseng

Begitu juga ketika aku menambah data gres ke server master sehingga datanya menjadi:

 Data di Server Master: 
 iddata
 1test1
 2test2
 3test3
 4test4

data Slave tetap menyerupai sebelumnya, ternyata replikasi yang dijalankan server Slave terhenti!

  Data di Server Slave: 
 iddata
 1test1
 2test2
 3iseng

kemudian aku mencoba melihat status server slave dan ternyata menghasilkan error log menyerupai berikut:

 Last_Errno: 1062  Last_Error: Error 'Duplicate entry '3' for key 'PRIMARY'' on query. Default database: 'belajar'. Query: 'INSERT INTO test VALUES ( NULL, 'tes3')'

maka sebagai solusinya ialah aku menghapus data dengan ID 3 di server slave sehingga menjadi berikut:

 Data di Server Slave: 
 iddata
 1test1
 2test2

kemudian aku restart service mysql server di SLAVE dengan perintah:

 sudo service mysql restart

tunggu beberapa ketika maka server slave akan kembali mereplikasi menyerupai semula. Data di dalam tabel slave juga akan disamakan dengan tabel milik master menjadi speerti berikut:

 Data Master 
 iddata
 1test1
 2test2
 3test3
 4test4
Data Slave
 iddata
 1test1
 2test2
 3test3
 4test4

Praktis bukan memperbaiki error sebab duplicate id primary key yang terjadi di replikasi Master Slave MySQL. Terima kasih telah berkunjung.
Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Duplicate Entry For Primary Key - Troubleshooting Replikasi Database Mysql Dengan Relasi Master Slave - 3"

Posting Komentar