√ Cara Berguru Elektro Dasar#3

cara Belajar elektro Dasar#3⇒ Masih mengenai wacana Belajar elektro Dasar,kali ini saya akan membahas wacana Dioada.Apasih fungsi Dioda dan bagaimana karakteristiknya,karena sangat penting di dunia elektro harus tahu jenis,fungsi dan karekteristik masing masing komponen tersebut.dan berikut yakni pembahasan yang ada pada cara mencar ilmu elektro dasar#3

 Diode

 Diode yakni komponen elektro semikonduktor yang mempunyai 1 buah junction, sering disebut sebagai komponen 2 lapis (lapis N dan P) dan secara fisik digambarkan :


 Masih mengenai wacana Belajar elektro Dasar √ cara Belajar elektro Dasar#3
                      
                                           
 Masih mengenai wacana Belajar elektro Dasar √ cara Belajar elektro Dasar#3

Bias diode yakni cara sumbangan tegangan luar ke terminal diode. Apabila A diberi tegangan kasatmata dan K diberi tegangan negative maka bias tersebut dikatakan bias maju (forward bias).

Pada kondisi bias ini akan terjadi ajaran arus dengan ketentuan beda tegangan yang diberikan ke diode atau VA-VK > Vj dan selalu positif. Sebaliknya apabila A diberi tegangan negative dan K diberi tegangan positif, arus yang mengalir (IR) jauh lebih kecil dari pada kondisi bias maju. Bias ini dinamakan bias mundur (reverse bias) pada arus maju (IF) diperlakukan baterai tegangan yang diberikan dengan IF tidak terlalu besar maupun tidak ada peningkatan IR yang cukup significant.

Bias diode Ada 2 macam bias :
1. bias kasatmata atau bias maju (forward bias)
2. bias negative atau bias mundur (reverse bias)

Macam-macam diode 
 Secara umum semua diode mempunyai konstruksi dan prinsip kerja yang sama. Semua diode terbentuk oleh sambungan PN yang secara fisik diode dikenali melalui nama elektrodenya yang khas yaitu : anode dan katode.

Rectifier
Zener
Led
Fotodiode 
Schothly
Tunnel 
Varaktor

Diode rectifier
Kerja diode ini menurut efek penyearahan, yaitu akan melewatkan arus pada bias forward dan menahan arus pada bias reverse

Tipe Bridge 

 Diode bridge sebagai penyearah gelombang penuh.
 Diode yakni komponen elektro semikonduktor yang mempunyai 1 buah junction yang sering di sebut sebagai komponen 2 lapis (lapis N dan lapis P). Untuk mengkonfigurasikan sebuah diode diharapkan suatu bias diode. Bias diode yakni sumbangan tegangan luar ke terminal diode. Apabila anode diberi tegangan kasatmata dan katode diberi tegangan negatif maka diode tersebut dalam keadaan bias maju. Pada keadaan bias ini akan terjadi ajaran arus dengan ketentuan beda tegangan yang diberikan ke diode atau VA-VK > VJ dan selalu positif, sebaliknya apabila anode di beri tegangan negatif dan katode diberi tegangan positif, arus akan mengalir (IR) jauh lebih kecil dari kondisi bias maju. Bias ini di sebut bias mundur (VR).

baca juga :
cara mencar ilmu elektro dasar#1 dengan mudah
cara mencar ilmu elektro dasar#2

Diode Zener 

Pada dasarnya diode zener mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan diode rectifier yaitu mempunyai karakteristik maju dan mundur. Pada diode zener bias maju nilai Vji≈0 sedangkan pada bias mundur pada ketika terjadi tanda-tanda yang serupa breakdown pada diode rectifier, diode zener akan menghantarkan tanpa kerusakan, tegangan ini disebut tegangan zener

Demikian  pembahasan wacana fungsi dan karakteristik Dioda gampang mudahan dapat bermanfaat dan menambah ilmu.
                                                                   salam solder

Terima kasih telah membaca artikel saya yang sederhana ini tentang cara Belajar elektro Dasar#3


Sumber http://www.solderku.xyz/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Cara Berguru Elektro Dasar#3"

Posting Komentar