Sifat Sifat Cahaya


Pengertian Cahaya
          Cahaya merupakan energi yang berbentuk gelombang elektromagnetik yang secara kasat mata dengan mempunyai panjang gelombang sekitar 380 sampai 750 nm. Dalam bidang fisika, cahaya merupakan radiasi elektromagnetik, baik itu dengan panjang gelombang kasat mata maupun yang tidak kasat mata.

Tidak hanya itu saja, cahaya merupakan paket partikel yang biasa disebut dengan nama foton. Kedua definisi tersebut menjadi sifat milik cahaya yang secara bersama, sehingga disebut sebagai "dualisme gelombang-partikel".

Paket cahaya yang dinamakan dengan spektrum lantas akan dipersepsikan secara visual oleh indera penglihatan (mata) sebagai warna. Jika dalam bidang studi cahaya, dikenal dengan sebutan optika, yang menjadi area riset cukup penting dalam bidang fisika modern.

Studi mengenai cahaya ini sendiri dimulai ketika muncul kurun optika klasik yang mempelajari mengenai besaran optik, ibarat :
  • Intensitas
  • Frekuensi atau panjang gelombang
  • Polarisasi
  • Fase cahaya

B. Sifat-sifat Cahaya
Cahaya mempunyai beberapa sifat yakni menembus benda yang bening, bisa dipantulkan, merambat lurus, bisa dibiaskan dan bisa diuraikan. Untuk mengetahui secara lebih jelas, bisa disimak pembahasan sifat cahaya yang berikut ini.

1. Cahaya Bisa Menembus Benda Bening
Benda bening merupakan benda yang bisa ditembus dengan gampang oleh adanya cahaya. Contoh benda bening yang ada di sekitar kita antara lain, kaca, mika, plastik bening, botol bening dan air jernih.

Berdasar dari kemampuan cahaya dalam menembus benda, bisa dibedakan sebanyak 3 contoh, yakni :
  • Benda bening atau transparan, yakni benda-benda yang bisa ditembus dan dilewati oleh cahaya. Benda bening akan meneruskan semua cahaya yang tiba dan mengenainya. Contoh benda bening ibarat beling yang bening dan air jernih.
  • Benda translusens, yakni benda-benda yang hanya bisa meneruskan sebagian cahaya saja yang telah diterima. Contoh benda ini ibarat air yang keruh, bohlam susu dan beling dop.
  • Opaque atau benda yang tak bisa ditembus oleh cahaya, yakni benda gelap yang sama sekali tak bisa ditembus oleh adanya cahaya yang datang. Opaque ini sendiri hanya akan memantulkan semua cahaya yang akan mengenai benda tersebut. Contoh bendanya ibarat buku yang tebal, tembok, kayu, sampai besi.

Sifat cahaya yang bisa menembus pada benda bening, memungkinkan cahaya matahari yang bisa menembus permukaan air yang jernih, sehingga tanaman yang hidup di dasar air bisa tetap tumbuh dengan baik dan tanpa adanya gangguan. Sifat cahaya yang bisa menembus benda bening ini juga bisa dimanfaatkan oleh insan untuk menciptakan banyak sekali macam peralatan penting dalam kehidupan sehari-hari, ibarat kacamata, beling mobil, akuarium, sampai termometer.

2. Cahaya Bisa Dipantulkan
Pemantulan atau refleksi atau pencerminan merupakan proses kembali terpancarnya cahaya dari permukaan benda yang memang terkena oleh cahaya. Pemantulan cahaya bisa dibedakan menjadi 2, yakni pemantulan teratur dan pemantulan baur (difus) atau tak teratur.
  • Pemantulan teratur, merupakan pemantulan yang berkas cahaya pantulnya itu sejajar. Pemantulan teratur bisa terjadi jikalau cahaya mengenai benda yang permukaannya itu rata dan mengkilap alias licin. Salah satu pola benda yang bisa memantulkan cahaya yakni cermin. Cermin itu merupakan benda yang bisa memantulkan cahaya dengan paling sempurna. Hal ini dikarenakan, pada cermin mempunyai permukaan yang sangat halus dan mengkilap. Dalam benda ibarat ini, cahaya bisa dipantulkan dengan arah yang sejajar, sehingga bisa membentuk bayangan benda dengan sangat baik. Contoh kejadian pemantulan cahaya ini sendiri terjadi ketika kita sedang bercermin. Bayangan badan kita akan terlihat di cermin, alasannya yaitu cahaya yang dipantulkan oleh badan kita, ketika mengenai permukaan cermin, dipantulkan alias dipancarkan kembali sehingga bisa masuk ke mata kita.
  • Pemantulan difus/baur/tidak teratur, pemantulan ini terjadi pada tanah yang rata atau pada air yang bergelombang. Adanya pemantulan baur ini sendiri, tempat-tempat yang sebelumnya tak terkena oleh cahaya secara langsung, akan menjadi ikut terang. Inilah laba jikalau adanya pemantulan baur



CAHAYA MERAMBAT LURUS
CAHAYA DAPA

T DI PANTULKAN
CAHAYA MENEMBUS BENDA BENING
CAHAYA MERAMBAT LURUS
CAHAYA DAPAT DI BIASKAN/DIBELOKKAN















Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sifat Sifat Cahaya"

Posting Komentar