Rpp Kurikulum 2013 Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
TEMATIK TERPADU
KURIKULUM 2013



Satuan Pendidikan       :  SDN 1 SRATI
Kelas / Semester            :  IV (Empat) / 1
Tema 1                             :  Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2                    :  Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran                 :  5
Alokasi Waktu                :  ........... x 150 menit


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Indikator:
3.3.2 Menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk
4.3.2 Mempraktikkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk.

IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.




Indikator:
3.2.4 Menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan
4.2.4 Menceritakan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah berdiskusi dan memperhatikan peragaan dari guru , siswa bisa menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.
2.    Setelah berdiskusi dan memperhatikan peragaan dari guru, siswa bisa mempraktikkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.
3.    Dengan memakai gambar yang dibentuk sendiri, siswa bisa menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
4.    Dengan memakai gambar yang dibentuk sendiri, siswa bisa menceritakan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.

v   Karakter siswa yang diperlukan :
Ø  SBdP  :  Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
Ø  IPS  :          Religius
Toleransi
Rasa Ingin Tahu
Semangat Kebangsaan
Cinta Tanah Air
Bersahabat/Komunikatif
Cinta Damai

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempat duduk disesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan adalah tentangIndahnya Kebersamaan”.Integritas
¡   Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Guru mengajukan pertanyaan:
§  Apakah kau masih ingat gerakan tari Bungong Jeumpa yang telahkamu pelajari sebelumnya?
§  Siswa diajak berdiskusi perihal gerakan dasar tari Bungong Jeumpa untuk mengingatkan mereka perihal keterampilan yang telah mereka pelajari sebelumnya.( Mengamati )
§  Siswa memperagakan secara berpasangan menarikan tarian tersebut.(Mengekplorasi)
§  Setelah cukup menguasai gerakan, siswa diajak berlatih secara berkelompok dengan iringan musik.Gotong Royong
§  Setelah selesai berlatih tari, guru memperlihatkan penguatan terhadap nilai-nilai yang berkaitan dengan sikap peduli dan menghargai keragaman budaya.Integritas
§  Setelah berlatih menari, siswa diajak untuk merenungkan bahwa Tuhan membuat budaya yang berbeda semoga kita saling mengenal dan saling menghargai. Kita mempunyai tanggung jawab untuk menjaga dan membuat keselarasan di tengah-tengah perbedaan.(Menganalisa)
§  Siswa diminta membuat gambar yang berkaitan dengan perayaan hari besar agama yang pernah mereka ikuti atau yang pernah mereka saksikan.Mandiri
§  Siswa menceritakan secara tertulis perihal perayaan hari besar keagamaan yang pernah mereka ikuti atau yang pernah kau lihat di lingkungan tempat tinggalmu berdasarkan gambar yang telah mereka buat. (Mengekplorasi)
§  Siswa mempresentasikan dan mendiskusikan secara berkelompok dongeng yang telah mereka tulis.Collaboration
§  Siswa diminta mencari tahu lebih lanjut dan menggali dari aneka macam sumber gosip perihal keragaman umat beragama di lingkungan provinsi mereka masing-masing dan bagaimana antarumat beragama saling menjalin persatuan. (Mengumpulkan data)
§  Siswa diminta menuliskan gosip yang mereka peroleh pada kertas HVS.
§  Siswa mempresentasikan gosip yang mereka peroleh dalam kelompok. (Mempresentasikan)
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab perihal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukanpenilaianhasilbelajar
¡   Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Gambar gerakan dasar tari Bungong Jeumpa
¡  Lagu Bungong Jeumpa untuk mengiringi tari
¡  Gambar perihal perayaan hari besar keagamaan yang digambar siswa
¡  Kertas HVS





Mengetahui
Kepala SDN 5 Rajamandala




(Wawan Setiawan, S.Pd.)
NIP. .......................................
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas IV




(Nadya Nursalma, S.Pd.)
NIP. .......................................
































Lampiran 1
F.      MATERI PEMBELAJARAN
§  Menceritakan perayaan hari besar agama
§  Menari tarian kawasan Bungong Jeumpa

G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
































Lampiran 2
H.     PENILAIAN
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanantingkahlaku
Santun
Peduli
TanggungJawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












Dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4

1. IPS
Tulisan dan presentasi perihal keragaman sosial dan budaya (agama) di provinsi masing-masing dinilai dengan rubrik.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Struktur
Presentasi
Presentasi
memuat
pembukaan,
inti dan
penutup serta
dikomunikasikan
secara runtut.
Presentasi
memuat
pembukaan
atau penutup
dan inti serta
dikomunikasik an
secara runtut.
Presentasi hanya
memuat inti dan
disampaikan
dengan runtut.
Presentasi
hanya memiliki
pembuka atau
penutup saja.
Tema
Seluruh
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
sesuai dengan
tema.
Sebagian besar
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
sesuai dengan
tema.
Sebagian kecil
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
sesuai dengan
tema.
Gagasan pokok
dan gagasan
pendukung tidak
sesuai tema.
Fakta Pendukung
Seluruh fakta
tentang
keragaman
agama yang
terdapat di
lingkungan
provinsi masingmasing
disajikan
dengan benar.
Sebagian besar
fakta tentang
keragaman
agama yang
te sanggup di
lingkungan
provinsi masingmasing
disajikan
dengan benar.
Sebagian kecil
fakta tentang
keragaman
agama yang
terdapat di
lingkungan
provinsi masingmasing
disajikan
dengan benar.
Fakta tentang
keragaman
agama yang
terdapat di
lingkungan
provinsi masingmasing
tidak
benar.
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1

2. SBdP
Proses pembelajaran tari Bungong Jeumpa dinilai dengan catatan
anekdot.






Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran 5"

Posting Komentar