| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 5 Rajamandala
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : BersyukuratasKeberagaman
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai pemikiran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Indikator
3.2.4 Menyajikan informasi wacana keragaman sosial, di provinsi setempat.
4.2.4 Menyajikan informasi wacana keragaman sosial di provinsi setempat.
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Indikator:
3.3.2 Menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa.
4.3.2 Menampilkan tari Bungong Jeumpa.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah melalui proses latihan, siswa bisa menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dengan benar.
2. Setelah melalui proses latihan, siswa bisa menampilkan serangkaian gerak tari Bungong Jeumpa dengan teknik yang benar.
3. Dengan menggali informasi dari banyak sekali sumber, siswa bisa menjelaskan keragaman sosial di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
4. Dengan menggali informasi dari banyak sekali sumber, siswa bisa menyajikan keragaman sosial di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
v Karakter siswa yang diperlukan :
Ø SBdP : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
Ø IPS : Religius
Toleransi
Rasa Ingin Tahu
Semangat Kebangsaan
Cinta Tanah Air
Bersahabat/Komunikatif
Cinta Damai
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | AlokasiWaktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan ialah tentang ”Indahnya Kebersamaan”.Integritas ¡ Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Siswa diajak berdiskusi wacana gerakan dasar tari Bungong Jeumpa untuk mengingatkan mereka wacana keterampilan yang telah mereka pelajari sebelumnya. (Mengamati) § Siswa menuliskan hasil diskusi.Collaboration § Siswa sanggup mengajukan pertanyaankepada guru jikalau ada hal yang masih belum dipahami. (Menanya) § Sebelum menulis, siswa diminta melaksanakan wawancara kepada masyarakat sekitar (teman, guru, dan orang tua).Critical Thinking and Problem Solving § Siswa juga diminta melengkapi hasil wawancara mereka dengan banyak sekali sumber bacaan, menyerupai buku perpustakaan, surat kabar, atau banyak sekali sumber dari internet. (Menginformasikan) § Siswa diminta menuliskan informasi yang mereka peroleh secara terperinci. (Mengekprolasi) | 150 menit |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab wacana bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukanpenilaianhasilbelajar ¡ Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Lagu Bungong Jeumpa untuk mengiringi tari.
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala (Wawan Setiawan, S.Pd.) NIP. ....................................... | …………, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV (Nadya Nursalma, S.Pd.) NIP. ....................................... |
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
§ Mempresentasikan keragaman sosial dan budaya.
§ Menari tari Bungong Jeumpa.
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | | | | | | | | | | | | |
2 | ................... | | | | | | | | | | | | |
3 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
4 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
5 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
Dst | …………….. | | | | | | | | | | | | |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. IPS
Tulisan dan presentasi wacana keragaman sosial di provinsi masingmasing
dinilai dengan rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Struktur Presentasi | Presentasi memuat pembukaan, inti dan penutup serta dikomunikasikan secara runtut. | Presentasi memuat pembukaan atau penutup dan inti serta dikomunikasikan secara runtut. | Presentasi hanya memuat inti dan disampaikan dengan runtut. | Presentasi hanya memiliki pembuka atau penutup saja. |
Tema | Seluruh gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. | Sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. | Sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. | Gagasan pokok dan gagasan pendukung tidak sesuai tema |
Fakta Pendukung | Seluruh fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing disajikan dengan benar. | Sebagian besar fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing disajikan dengan benar. | Sebagian kecil fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing disajikan dengan benar. | Fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masingmasing tidak benar |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.
2. SBdP
Penampilan tari dinilai dengan rubrik.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Tema 1 Sub Tema 3 Pembelajaran 5"
Posting Komentar