Rpp Kurikulum 2013 Tema 1 Sub Tema 3 Pembelajaran 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :     SDN 5 Rajamandala
Kelas / Semester            :     IV (Empat) / 1
Tema 1                             :     Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3                    :     BersyukuratasKeberagaman
Pembelajaran                 :     5
Alokasi Waktu                :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai pemikiran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.


Indikator
3.2.4 Menyajikan informasi wacana keragaman sosial, di provinsi setempat.
4.2.4 Menyajikan informasi wacana keragaman sosial di provinsi setempat.

SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Indikator:
3.3.2 Menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa.
4.3.2 Menampilkan tari Bungong Jeumpa.
C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah melalui proses latihan, siswa bisa menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dengan benar.
2.    Setelah melalui proses latihan, siswa bisa menampilkan serangkaian gerak tari Bungong Jeumpa dengan teknik yang benar.
3.    Dengan menggali informasi dari banyak sekali sumber, siswa bisa menjelaskan keragaman sosial di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
4.    Dengan menggali informasi dari banyak sekali sumber, siswa bisa menyajikan keragaman sosial di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.

v   Karakter siswa yang diperlukan :
Ø  SBdP  :  Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

Ø  IPS   :         Religius
Toleransi
Rasa Ingin Tahu
Semangat Kebangsaan
Cinta Tanah Air
Bersahabat/Komunikatif
Cinta Damai

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan ialah tentangIndahnya Kebersamaan”.Integritas
¡   Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Siswa diajak berdiskusi wacana gerakan dasar tari Bungong Jeumpa untuk mengingatkan mereka wacana keterampilan yang telah mereka pelajari sebelumnya. (Mengamati)
§  Siswa menuliskan hasil diskusi.Collaboration
§  Siswa sanggup mengajukan pertanyaankepada guru jikalau ada hal yang masih belum dipahami. (Menanya)
§  Sebelum menulis, siswa diminta melaksanakan wawancara kepada masyarakat sekitar (teman, guru, dan orang tua).Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa juga diminta melengkapi hasil wawancara mereka dengan banyak sekali sumber bacaan, menyerupai buku perpustakaan, surat kabar, atau banyak sekali sumber dari internet. (Menginformasikan)
§  Siswa diminta menuliskan informasi yang mereka peroleh secara terperinci. (Mengekprolasi)

150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab wacana bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukanpenilaianhasilbelajar
¡   Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡   Lagu Bungong Jeumpa untuk mengiringi tari.


Mengetahui
Kepala SDN 5 Rajamandala




(Wawan Setiawan, S.Pd.)
NIP. .......................................
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas IV




(Nadya Nursalma, S.Pd.)
NIP. .......................................
































Lampiran 1
F.      MATERI PEMBELAJARAN
§  Mempresentasikan keragaman sosial dan budaya.
§  Menari tari Bungong Jeumpa.

G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
































Lampiran 2
H.     PENILAIAN
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanantingkahlaku
Santun
Peduli
TanggungJawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












Dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4

1. IPS
Tulisan dan presentasi wacana keragaman sosial di provinsi masingmasing
dinilai dengan rubrik.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Struktur
Presentasi
Presentasi
memuat
pembukaan,
inti dan
penutup serta
dikomunikasikan
secara runtut.
Presentasi
memuat
pembukaan
atau penutup
dan inti serta
dikomunikasikan
secara runtut.
Presentasi hanya
memuat inti dan
disampaikan
dengan runtut.
Presentasi
hanya memiliki
pembuka atau
penutup saja.
Tema
Seluruh
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
sesuai dengan
tema.
Sebagian besar
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
sesuai dengan
tema.
Sebagian kecil
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
sesuai dengan
tema.
Gagasan pokok
dan gagasan
pendukung tidak
sesuai tema
Fakta Pendukung
Seluruh fakta
tentang
keragaman
agama yang
terdapat di
lingkungan
provinsi masingmasing
disajikan
dengan benar.
Sebagian besar
fakta tentang
keragaman
agama yang
terdapat di
lingkungan
provinsi masingmasing
disajikan
dengan benar.
Sebagian kecil
fakta tentang
keragaman agama
yang terdapat
di lingkungan
provinsi masingmasing
disajikan
dengan benar.
Fakta tentang
keragaman
agama yang
terdapat di
lingkungan
provinsi masingmasing
tidak
benar
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.

2. SBdP
Penampilan tari dinilai dengan rubrik.



Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Tema 1 Sub Tema 3 Pembelajaran 5"

Posting Komentar