RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 5 Rajamandala
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai anutan agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristikruang dan pemanfaatansumber daya alam untukkesejahteraan masyarakatdari tingkat kota/kabupatensampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasikarakteristik ruang danpemanfaatan sumber dayaalam untuk kesejahteraanmasyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkatprovinsi
Indikator:
3.1.2 Menjelaskan karakteristikruang dan pemanfaatansumber daya alam untukkesejahteraan masyarakatdari tingkat kota/kabupatensampai tingkat provinsi
4.1.2 Menyajikan informasi darikarakteristik ruang danpemanfaatan sumber dayaalam untuk kesejahteraanmasyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkatprovinsi
SBdP
3.4 Memahami karya seni rupateknik tempel Membuat karyakolase, montase, aplikasi, danmozaik
4.4 Membuat karya kolase,montase, aplikasi, dan mozaik
Indikator:
3.4.2 Menjelaskan cara melakukanapresiasi terhadap hasil karyaseni kolase
4.4.2 Mengapresiasi karya seniKolase
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa mampumenjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam dilingkungan sekitar mereka.
2. Dengan mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa mampumenyajikan informasi ihwal karakteristik ruang dan pemanfaatansumber daya alam di lingkungan sekitar mereka.
3. Setelah mendengarkan klarifikasi dari guru dan diberikan panduanpertanyaan, siswa bisa menjelaskan cara mengapresiasi karya senikolase.
4. Setelah mendengarkan klarifikasi dari guru dan diberikan panduanpertanyaan, siswa bisa mengapresiasi hasil karya seni kolase.
v Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø SBdP :Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
Ø IPS : Religius
Jujur
Kerja Keras
Kreatif
Mandiri
Demokratif
Cinta Tanah Air
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan ialah tentang ”Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. ¡ Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | o Siswa mengamati gambar dan baca teks ihwal tumbuhan padi dan teh yangterdapat dalam buku siswa. (Mengamati) • Siswa menulis kesimpulan ihwal tumbuhan padi dan teh.Mandiri • Siswa menuliskan perbedaan antara daerah hidup tumbuhan padi dan teh. • Siswa menuliskan alasan mengapa padi dan teh tumbuh di daerah yangberbeda (sawah dan pegunungan). (Mengkomunikasian) • Siswa menuliskan klarifikasi bahwa keadaan alam (iklim dan bentukbumi) menghipnotis pertumbuhan tanaman.Critical Thinking and Problem Solving o Siswa menuliskan hal yang perlu diperhatikan semoga tumbuhan dapattumbuh dengan baik. • Siswa mencari tahu ihwal kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitarmereka (iklim dan bentuk muka bumi). (Mengumpulkan informasi) • Siswa menjelaskan tumbuhan apa sajayang cocok tumbuh di wilayah tersebut.Communication o Siswa diminta menggali informasi dariberbagai sumber (buku perpustakaan, internet, atau narasumber).Literasi • Siswa diminta memajang karya seni kolase yang telah mereka buatsebelumnya di meja masing-masing. (Mengeksplorasi) • Siswa menjelaskan hasil karya mereka kepada sahabat satu kelompoksecara bergiliran.Gotong Royong • Setiap siswa diminta mengamati hasil karya teman-teman mereka danmemberikan komentar sebagai bentuk apresiasi. o Siswa menuliskan apresiasi mereka pada pecahan kertas yang telahdisediakan di setiap meja. (Mengkomunikasikan) o Kemudian, siswa menentukan salah satu hasil karya temannya. o Siswa menulis apresiasi mereka atas hasil karya tersebut denganmenjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa.Integritas o Siswa menuliskan apa saja yang mereka ketahui ihwal hasil karya temanmereka tersebut. o Siswa menuliskan bagaimana pendapat mereka ihwal hasil karyatersebut. o Siswa menuliskan pendapat mereka ihwal bab yang menarik darikarya tersebut beserta alasan. o Siswa menuliskan saran semoga karya seni tersebut lebih baik lagi. | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab ihwal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya ihwal pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukan evaluasi hasil belajar ¡ Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran) Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala Wawan Setiawan, S.Pd. NIP. .................... | Rajamandala, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV Nadya Nursalma, S.Pd. NIP. .................... |
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menggali informasi ihwal karakteristik daerah tinggal dan pemanfaatan sumber daya alam
¡ Membuat kolase dari materi alam
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | ||||||||||||
2 | ................... | ||||||||||||
3 | …………….. | ||||||||||||
4 | …………….. | ||||||||||||
5 | …………….. | ||||||||||||
Dst | …………….. |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. IPS
Diskusi dinilai dengan rubrik
Diskusi dan Presentasi peta pikiran dinilai dengan rubrik
Kreiteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan | Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara | Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. | Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) | Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. | Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non lisan yang ditunjukkan teman. | Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non lisan yang ditunjukkan teman. | Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) | Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. | Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. | Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada pembelajaran 1
2. SBdP
Mengapresiasi karya kolase dinilai dengan catatan anekdot.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 5"
Posting Komentar