Penyebab Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Ikan Mas

Penyakit ikan mas merupakan salah satu faktor penghambat laba yang harus dihilangkan. Pasalnya, serangan hama dan penyakit tentunya sanggup menurunkan produktivitas sampai memperbesar potensi gagal panen. Namun jangan salah, meski keduanya sama-sama mengganggu budidaya, tapi pengendaliannya berbeda lho. Penasaran?

Hama yang merupakan jenis organisme pemangsa dan pengganggu tentu harus dibasmi dengan cara yang berbeda dari penyakit yang bersifat fisiologis. Jika hama menyerang eksklusif ke tumbuhan seluruhnya, penyakit hanya akan menyerang pada bagian-bagian fisiologis tertentu pada ikan yang nantinya akan menimbulkan gangguan pertumbuhan sampai sanggup saja berujung pada kematian.

Nah, kemudian bagaimana cara mengatasi hama dan penyakit ikan mas? Yuk, eksklusif saja simak ulasannya dibawah ini!

 merupakan salah satu faktor penghambat laba yang harus dihilangkan Penyebab  Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Ikan Mas
Penyakit Ikan Mas Kutu Ikan via Nevada Goldfish

Hama Ikan Mas

Hama pada ikan mas mempunyai banyak macam, mulai dari yang ukurannya besar menyerupai ular, kodok, burung, dan biawak, sampai yang ukurannya kecil menyerupai kutu, larva, dan serangga. Selain itu, pembagian jenis hama dibedakan berdasar sifatnya, yakni bersifat pemangsa kah, pesaing kah, atau malah bersifat pengganggu.

Hama dikatakan pemangsa kalau dia eksklusif memakan ikan, sedangkan dikatakan pesaing kalau cara kerjanya mengambil sumber daya tumbuh kembang ikan, contohnya saja pakan. Sedangkan dikatakan pengganggu kalau hama ini merusak habitat budidaya, contohnya saja membocorkan kolam.

Nah, dari ketiga jenis tersebut, dibawah ini ada beberapa macam spesies hama yang dikatakan masuk ke dalamnya, yakni :

1. Bebeasan (Notonecta)

Hama ini sanggup dicegah dengan cara memasangi pintu airnya memakai saringan halus dari kawat atau kain kasa semoga benih dan telur bebeasan tidak sanggup masuk ke dalamnya.

Sedangkan untuk pemberantasannya, cukup percikan minyak tanah di air bak dengan jumlah 5 cc per m2. Minyak yang masuk ke akses nafas bebeasan sanggup membuatnya mati.

2. Ucrit (Larva Cybister)

Mencegah Ucrit cukup dengan membersihkan bak dari material organik dab melaksanakan pemasangan saringan di pintu masuknya, sama menyerupai Babeasan. Sedangkan untuk memberantasnya cukup dengan melaksanakan penangkapan hama ini secara manual dengan derma alat.

3. Belut dan Kepiting

Kedua hama ini menjadi predator bagi ikan dan juga sering merusak pematang karena membuatnya berlubang. Cara penanggulangannya yakni dengan memancing belut eksklusif dari lubangnya. Sedangkan untuk kepiting, kita sanggup menunggunya keluar atau juga sanggup dengan menaburi sekam padi.

4. Kodok dan Ular

Kedua hama ini sanggup ditangkap eksklusif dan sanggup dicegah dengan selalu menjaga kebersihan kolam.

5. Linsang

Terakhir, ada Linsang atau sanggup juga disebut berang-berang dan termasuk dalam predator karena pemakan ikan. Linsang biasanya menyerang bak yang lokasinya berdekatan dengan danau, sungai, atau rawa.

Untuk mencegah hama ini, kita sanggup memasang ranting bambu untuk pagar bak dan juga sanggup menerangi kolan semoga Linsang takut mendekat.

Artikel terkait: Panduan Budidaya Pembenihan Ikan Nila

Penyakit Ikan Mas

Berbeda dari hama yang penyebabnya dari spesies lain, penyakit pada ikan murni disebabkan oleh dua ha, yakni sanggup karena kondisi lingkungan jelek atau memang serangan patogen.

Entah itu dari mana asalnya, yang terang penyakit pada ikan berbahaya karena sanggup menular satu sama lain sampai memusnahkan budidaya. Tentunya tidak mau, bukan? Nah, oleh alasannya yakni itu mari kita bahas apa aja sih penyakit ikan mas yang perlu diwaspadai dan bagaimana cara penanggulangannya menyerupai ulasan dibawah ini!

1. Bintik Putih (White Spot)

Penyakit satu ini disebabkan oleh ichthyophthirius multifiliis yang merupakan suatu kelompok protozoa kelas ciliata yang menimbulkan bintik-bintik putih berlendir pada permukaan tubuh ikan. Bisa juga, bintik ini muncul pada insang sehingga menciptakan ikan kesulitan bergerak dan bernafas. Bahkan, penyakit ini sanggup menimbulkan pendarahan lho.

Untuk mencegahnya, kau perlu menjaga kualitas air dan sirkulasinya. Sedangkan untuk mengobati, kau perlu merendam ikan dalam larutan methylene blue 1% dengan ukuran 1 gram dalam 100 cc air selama 24 jam.

2. Bengkak Insang dan Badan

Penyakit ini disebabkan myxospores yang merupakan sejenis spora dari mycobacteria. Ikan yang terjangkit penyakit ini akan mempunyai bintil putih kemerahan di kepingan punggung sampai bahkan sanggup menimbulkan pendarahan.

Pencegahan sanggup dilakukan dengan mengeringkan bak dan sanggup juga dengan memperlihatkan kapur tohor dikala pengolahan tanah untuk dasaran kolam. Untuk menyembuhkan, sayangnya belum ada obatnya.

3. Cacing Insang dan Kulit

Penyakit yang muncul jawaban adanya serangan cacing kulit (Gyrodactylus) dan cacing insang (Dactylogyrus) ini sanggup dilihat pada kepingan insang. Sama menyerupai kedua penyakit sebelumnya, penyakit satu ini juga sanggup menimbulkan pendarahan dan penebalan.

Ikan yang diserang cacing akan mempunyai sirip rontok, bertubuh kurus, dan bersisik buram.Untuk penanggulangannya, cukup rendam ikan dalam larutan formalin dengan ukuran 250 gram per m3 air selama 15 menit saja.

4. Kutu Ikan (Argulosis)

Ikan yang terjangkit kutu akan mengalami bercak merah di kepingan sirip, kulit dan insangnya. Ikan juga akan terlihat kurus karena darah terserap si kutu. Untuk menyembuhkannya, kau sanggup merendam ikan dalam larutan garam dapur (NaCl) dengan takaran sekitar 20 gram per liter air selama 15 menit saja.

5. Jamur (Saprolegniasis)

Penyakit yang disebabkan oleh jamur ini sanggup menyerang kepala, tutup insang dan sirip ikan. Apalagi kalau kondisi air dingin, maka proses abses akan semakin cepat.

Kamu sanggup melihat gejalanya menyerupai serabut kapas di tubuh ikan. Pengobatan yang benar yakni dengan merendam ikan ke larutan Malachite Green Oxalat (MGO) dengan ukuran sekitar 3 gram per m3 air selama 30 menit saja.

6. Gatal (Trichodiniasis)

Penyakit yang lebih sering menyerang benih ikan ini sanggup diobati dengan merendam ikan dalam larutan formalin 200 ppm selama 15 menit. Bisa juga pada larutan MGO dengan takaran 0,1 gram per m3 selama 24 jam penuh.

7. Bakteri (Aeromonas punctata)

Penyakit ganas yang sanggup menciptakan tubuh ikan menjadi kusam, kesat, dan melepuh ini sejatinya menimbulkan pendarahan pada organ dalam ikan.

Untuk menyembuhkannya, cukup berikan Terramycine dengan ukuran 50 mg per kg dari berat si ikan. Berikan per hari dan campurkan dengan pakan sselama 7-10 hari berturut-turut. Kamu juga sanggup menyuntik ikan dengan Chloramphenicol.

8. Bakteri (Pseudomonas flurescens)

Penyakit yang gejalanya menyerupai aeromonas ini sanggup diobati dengan Oxytetracycline yang dicampur pada pakan dengan ukuran 25-30 mg per kgberat si ikan. Berikan selama 7 hari berturut-turut ya.

9. Koi Herves Virus (KHV)

Penyakit yang disebabkan virus dan sanggup menjadikan maut secara masal ini akan menyebar dengan cepat di perairan yang bersuhu 15-27oC sehingga tingkat maut yang besar, yakni mencapai 80-100%.

Pencegahan virus ini sanggup dilakukan dengan pemberian cromium yeast untuk meningkatkan kekebalan ikan. Cromium yeast sendiri merupakan materi yang biasanya dicampurkan pada pakan binatang ternak.

Tips Mencegah Hama & Penyakit Ikan Mas

Berikut ini beberapa tindakan pencegahan hama dan penyakit ikan mas secara umum yang sanggup anda lakukan:

  • Tindakan pencegahan yang pertama yakni dengan mengeringkan dasar bak secara teratur setiap selesai panen.
  • Pilih benih ikan yang bebas penyakit.
  • Usahakan untuk menebar ikan tidak melebihi kapasitas kolam.
  • Buat sirkulasi air yang ideal,  paralel, tiap bak beri satu pintu masuk air.
  • Berikan pakan tidak berlebihan dengan kualitas baik.
  • Jika anda memindahkan benih atau sedang memanen lakukan secara hati-hati.
  • Jangan biarkan burung, siput, ikan seribu masuk atau mendekat area bak karena merupakan pembawa penyakit.

****

Demikianlah ulasan mengenai hama dan penyakit ikan mas yang sanggup kami ulas untuk anda. Semoga ikan mas yang anda pelihara sanggup berhasil dan panen dengan hasil yang melimpah.

Artikel terkait: Cara Melakukan Pemijahan Ikan Mas yang Benar


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Ikan Mas"

Posting Komentar