RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 1 SRATI
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai fatwa agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
1. Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak dankewajiban sebagai wargamasyarakat dalam kehidupansehari-hari
4.2 Bekerja sama melaksanakanhak dan kewajiban sebagaiwarga masyarakat dalamkehidupan sehari-hari
Indikator:
3.2.12 Menjelaskan hak dankewajiban masyarakatterhadap binatang di sekitar
4.2.12 Menceritakan pengalamandiri melakukan hak dankewajiban terhadap binatang disekitar
SBdP
3.4 Memahami karya seni rupateknik tempel
4.4 Membuat karya kolase,montase, aplikasi, dan mozaik
Indikator:
3.4.3 Menjelaskan teknik membuatmozaik
4.4.3 Membuat mozaik dari bahanAlam
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca dongeng “ Dayu dan Si Mungil”, siswa mampumenjelaskanhak dan kewajiban masyarakat terhadap binatang di sekitar dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa bisa menceritakan pengalaman dirimelaksanakan hak dan kewajiban terhadap binatang di sekitar denganterperinci.
3. Setelah mengamati mozaik, siswa bisa menjelaskan teknik membuatmozaik dengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa bisa menciptakan mozaik dari materi alamdengan kreatif.
v Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø PPKn dan SBdP :Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. ¡ Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Siswa diminta berpasangan menceritakan binatang peliharaan yang mereka miliki kepada temannya. Dimungkinkan di dalam kelas ada yang tidak mempunyai binatang peliharaan. Guru memasangkan siswa yang tidak mempunyai binatang peliharaan dengan siswa yang mempunyai binatang peliharaan. Guru memberikan bagi yang tidak mempunyai hewanpeliharaan untuk tidak murung dan tetap bisa berguru untuk mencintai hewan. Guru bisa mengganti pasangan sebanyak 2 kali. (Mengkomunikasikan) Literasi § Guru memberikan bahwa Dayu juga mempunyai binatang peliharaan. Dayu sangat kepada binatang peliharaannya. Guru meminta siswa membacacerita “Dayu dan Si Mungil” yang ada di buku siswa. Siswa membaca teks dengan membaca dalam hati. Guru memotivasi siswa untuk membaca dengan teliti. Siswa bisa memperlihatkan tanda terhadap informasi yang dirasa penting. (Mengamati) § Setelah selesai membaca, guru bertanya “bagaimana berdasarkan kalian, apakah Dayu sayang terhadap binatang peliharaannya? “ Siswa menjawabdengan angkat tangan. § Guru membagi siswa kedalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 siswa. Guru membagi kelompok berdasarkan kemampuan siswadalam memberikan pendapat. Siswa yang masih belum percaya diri dikelompokkan dengan siswa yang sudah percaya diri. Dalam kelompok siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang telah dibacanya.Collaboration § Di sesi ini, siswa akan berkreasi menciptakan mozaik dari biji-bijian. Guru memberikan bahwa keindahan binatang juga bisa digambarkan melaluimozaik. (Mengamati) § Guru membawa mozaik yang dibentuk sendiri atau yang gambar yang ada dibuku siswa. § Guru menguatkan bahwa kerapian, perpaduan warna, perpaduan bijibijianyang ditempel ialah hal-hal yang perlu diperhatikan dalammembuat mozaik.Critical Thinking and Problem Solving § Guru membagikan denah burung, atau siswa yang bisa menggambarsketsa sendiri. § Guru menyiapkan alat dan materi yang dibutuhkan atau siswa dimintamembawa alat dan bahantersebut di pertemuan sebelumnya. § Guru memperlihatkan teladan cara melekat yang benar. Siswa menempelkanbiji-bijian dengan kreasi mereka. Guru memotivasi untuk menempeldengan rapi dan memperhatikan komposisi (baik warna maupun bentuk) (Mengekplorasi) § Guru mendampingisiswa yang masihkesulitanuntukmenempel. § Setelahselesai, hasilpekerjaansiswabisadipajang di papanpajangatau di jendela. Guru mengingatkansiswauntukmemberikannama, haridantanggaluntukkaryanya. | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab ihwal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya ihwal pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukan evaluasi hasil belajar ¡ Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran) Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Mozaik, kertas bekas yang salah satu sisi terpakai, lem, biji-bijian, pinsetuntuk meletakkan biji-bijian.
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala Wawan Setiawan, S.Pd. NIP. .................... | Rajamandala, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV Nadya Nursalma, S.Pd. NIP. .................... |
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
§ Mendiskusikansikapbijakterhadaphewan
§ Berkreasimembuatmozaikdaribahanalam
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2 Pembelajaran 2"
Posting Komentar