Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :     SDN 1 srati
Kelas / Semester            :     IV (Empat) / 1
Tema 3                             :     Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1                    :     Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran                 :     3
Alokasi Waktu                :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dariseorang tokoh melaluiwawancara menggunakandaftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancaramenggunakan kosakata bakudan kalimat efektif dalambentuk teks tulis
Indikator:
3.3.1 Membuat daftar pertanyaanuntuk persiapan wawancara
4.3.1 Membuat pertanyaan tertulismenggunakan kosa kata bakudan kalimat efektif untukpersiapan wawancara.

IPA
3.8 Memahami pentingnyaupaya keseimbangan danpelestarian sumber dayaalam di lingkungannya
4.8 Melakukan acara upayapelestarian sumber dayaalam bersama orang-orang dilingkungannya
Indikator:
3.8.2 Menjelaskan upayapelestarian lingkungan
4.8.2 Melakukan identifikasi upayapelestarian lingkungan

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah mengamati, siswa bisa mengidentifikasi bagian-bagiantumbuh flora dan fungsinya.
2.    Setelah mengamati, siswa menulis laporan bagian-bagian flora danfungsinya dengan benar.
3.    Dengan mengamati gambar, siswa bisa menciptakan daftar pertanyaanuntuk persiapan wawancara dengan tepat.
4.    Dengan mengamati gambar, siswa bisa menciptakan pertanyaan tertulismenggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif untuk persiapanwawancara dengan benar.

v   Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø  Bahasa Indonesia dan IPA :Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.
¡   Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
      Siswa diingatkan kembali padapentingnya kiprah flora sebagai sumber daya alam hayati.Communication
      Guru membuka acara denganmemperlihatkan satu jenis flora yang lengkap dengan bagian-bagiannya: akar, batang, daun, dan buah/bunga. (Mengamati)
      Guru mengajukan pertanyaan: (Menanya)
-       Apa fungsi dari setiap bagiantumbuhan?
-       Bagian manakah dari flora yangberfungsi untuk mempertahankankelestarian flora tersebut? (biji)
      Siswa membaca senyap teks perihal manfaat setiap bab tumbuhanyang terdapat di buku.Literasi
      Siswa kemudian berdiskusi beberapa sahabat dalam kelompok kecil untukmenjawab pertanyaan perihal bab flora lain yang berfungsi untukmempertahankan kelestarian flora . (Mengomunikasikan)
      Siswa membaca teks singkat dan menjawab pertanyaan terkait materitentang upaya insan untuk menjaga kelestarian lingkungan.
      Pengamatan: Setiap siswa akan menentukan satu tumbuhan kemudian akan mengamati tumbuhan tersebut. Siswa mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan, fungsi dan menuliskan laporannya. Siswa akan mendiskusikan hasil pengamatannya secara berkelompok. Siswa menuliskan hasil laporannya di kertas lain. Untuk melengkapi laporannya siswa bisamenyertakan gambar.Critical Thinking and Problem Solving
Disusun Berdasarkan   Permendikbud Nomor RPP KURIKULUM 2013 KELAS 4 TEMA 3 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 3
      Di selesai acara untuk memahami lebih jauh perihal bab flora dan pelestariannya, siswa kemudian praktek menanam satu jenis biji didalam pot. (Mempraktekkan)
      Siswa diberikan tanggung jawab untuk merawat tanamannya sampai besardan berbuah.Nasionalis
      Kegiatan ini merupakan wujud nyata siswa dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.
35 Menit X  30 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab perihal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan evaluasi hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran) Religius
15 menit
E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡   Bola plastik ukuran kecil untuk olahraga
¡   Benih biji flora (tomat, kacang hijau, cabe) untuk acara menanam pada pelajaran IPA.
¡   Tanah dan pot (bisa dari barang-barang bekas)




Mengetahui
Kepala SDN 5 Rajamandala




Wawan Setiawan, S.Pd.
NIP. ....................
Rajamandala, 17 Juli 2017
Guru Kelas IV




Nadya Nursalma, S.Pd.
NIP. ....................

























Lampiran 1
F.      MATERI PEMBELAJARAN
¡  Melakukan identifikasi
¡  Membuat pertanyaan

G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

MATERI
IPA
Akar
Akar ialah bab flora yang umumnya berada di dalam tanah.Untuk beberapa jenis tumbuhan, akar juga terdapat di atas tanah bahkan menggantung.Akar berfungsi sebagai bab yang mengokohkan tumbuhan. Jika flora tidak memilikiakar, flora akan gampang dicabut, gampang roboh dikala diterpa angin, atau hanyut terbawaair dikala turun hujan.
Zat-zat mineral dan air yang dibutuhkan untuk menciptakan kuliner diserap oleh akar daridalam tanah. Namun, pada beberapa flora tertentu, akar tidak hanya berfungsimenyerap air dan mineral, tetapi juga berfungsi sebagai penyimpanan cadanganmakanan, contohnya pada beberapa flora umbi-umbian.
Bunga
Bunga merupakanbagian flora yangberfungsi sebagai alatperkembangbiakan.
Batang
Bagian flora yang berada di atas tanahadalah batang yang berfungsi sebagai tempatmunculnya daun, bunga, dan buah. Batangjuga berfungsi mengedarkan mineral dan airyang diserap akar, serta zat kuliner hasilfotosintesis ke seluruh bab tubuhtumbuhan.
Daun
Bagian flora yang berfungsisebagai daerah berlangsungnyafotosintesis ialah daun. Daunbanyak mengandung zat warnahijau yang disebut klorofil. Daunterdiri atas tangkai daun, danhelai daun. 
Buah
Buah merupakan bab flora yangberfungsi melindungi biji.Contohnya buah mangga dan buah apel. Buahterdiri atas daging buah dan biji. Bagian yangkita makan biasanya daging buahnya.


Biji
Biji merupakan hasil dari pembuahan yang terjadi akhir penyerbukan antaraserbuk sari dan putik. Jika biji ditanam akan tumbuh menjadi flora baru. Bijiitu berkeping. Biji ada yang berkeping satu dan ada yang berkeping dua.Biji berkeping satu disebut monokotil dan biji berkeping dua disebut dikotil
































Lampiran 2
H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanantingkahlaku
Santun
Peduli
TanggungJawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












Dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4

1. IPA
Laporan identifikasi tanaman
Kreiteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan (1)
Identifikasi
Bagianbagian
Mengidetifikasi
semua bagian
tumbuhan
dengan cermat
Mengidetifikasi
sebagian
besar bagian
tumbuhan
dengan cermat
Mengidentifikasi
sebagian bagian
tumbuhan
dengan cermat
Mengidetifikasi
sebagian
kecil bagian
tumbuhan
dengan cermat
Identifikasi
Fungsi
Menjelaskan
semua fungsi
dari tumbuhan
dengan benar
Menjelaskan
sebagian besar
fungsi dari
tumbuhan
dengan benar
Menjelaskan
sebagian fungsi
dari tumbuhan
dengan benar
Menjelaskan
sebagian kecil
fungsi dari
tumbuhan
dengan benar
Sikap Rasa
Ingin Tahu
Tampak
antusias dan
mengajukan
banyak pandangan gres dan
pertanyaan
selama
kegiatan.
Tampak cukup
antusias dan
terkadang
mengajukan
ide dan
pertanyaan
selama
kegiatan.
Tampak kurang
antusias
dan tidak
mengajukan ide
dan pertanyaan
selama kegiatan.
Tidak tampak
antusias dan
perlu dimotivasi
untuk
mengajukan
ide dan
pertanyaan.
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat contohnya pada pembelajaran 1


2. Bahasa Indonesia
Daftar pertanyaan siswa dinilai memakai rubrik
Kreiteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan (1)
Daftar
Pertanyaan
Semua
pertanyaan
tepat.
Sebagian
besar
pertanyaan
tepat.
Hanya
sebagian kecil
pertanyaan
tepat.
Belum mampu
membuat
pertanyaan
dengan tepat.

Kosa Kata
Baku
Menggunakan
kosa kata baku
dalam semua
pertanyaan.
Menggunakan
kosa kata
baku dalam
sebagian besar
pertanyaan.
Menggunakan
kosa kata baku
dalam sebagian
kecil pertanyaan.
Belum mampu
menggunakan
kosa kata
baku dalam
pertanyaan.
Kalimat
Efektif
Menggunakan
kalimat efektif
dalam semua
pertanyaan.
Menggunakan
kalimat
efektif dalam
sebagian besar
pertanyaan.
Menggunakan
kalimat
efektif dalam
sebagian kecil
pertanyaan.
Belum mampu
menggunakan
kalimat efektif
dalam semua
pertanyaan.
Sikap:
Mandiri
Tugas
diselesaikan
dengan
mandiri.
Sebagian
besar tugas
diselesaikan
dengan
mandiri.
Tugas
diselesaikan
dengan motivasi
dan bimbingan
guru.
Belum dapat
menyeselesaikan
tugas
meski
telah diberikan
motivasi dan
bimbingan.
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat contohnya pada pembelajaran 1


3.    Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.
No
Sikap
BelumTerlihat
MulaiTerlihat
MulaiBer-kembang
Membu-daya
Ket.
1
Teliti


P


2
Bertanggung Jawab

P



3
Disiplin















PENGAYAAN
• Apabila mempunyai waktu, siswa sanggup diberikan bahan perihal kalimatefektif dan kosa kata baku.

REMEDIAL
• Siswa yang belum memahami manfaat bab tumbuhan, sanggup diberikan sumber bacaan yang dilengkapi gambar. Siswa dimotivasi untuk membaca dengan teliti. Siswa sanggup mengerjakan latihan tertulis (kuis, pertanyaan essay) terkait bahan yang belum dipahami.



Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 3"

Posting Komentar