RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 1 srati
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dariseorang tokoh melaluiwawancara menggunakandaftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancaramenggunakan kosakata bakudan kalimat efektif dalambentuk teks tulis
Indikator:
3.3.1 Membuat daftar pertanyaanuntuk persiapan wawancara
4.3.1 Membuat pertanyaan tertulismenggunakan kosa kata bakudan kalimat efektif untukpersiapan wawancara.
IPA
3.8 Memahami pentingnyaupaya keseimbangan danpelestarian sumber dayaalam di lingkungannya
4.8 Melakukan acara upayapelestarian sumber dayaalam bersama orang-orang dilingkungannya
Indikator:
3.8.2 Menjelaskan upayapelestarian lingkungan
4.8.2 Melakukan identifikasi upayapelestarian lingkungan
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati, siswa bisa mengidentifikasi bagian-bagiantumbuh flora dan fungsinya.
2. Setelah mengamati, siswa menulis laporan bagian-bagian flora danfungsinya dengan benar.
3. Dengan mengamati gambar, siswa bisa menciptakan daftar pertanyaanuntuk persiapan wawancara dengan tepat.
4. Dengan mengamati gambar, siswa bisa menciptakan pertanyaan tertulismenggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif untuk persiapanwawancara dengan benar.
v Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø Bahasa Indonesia dan IPA :Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. ¡ Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | • Siswa diingatkan kembali padapentingnya kiprah flora sebagai sumber daya alam hayati.Communication • Guru membuka acara denganmemperlihatkan satu jenis flora yang lengkap dengan bagian-bagiannya: akar, batang, daun, dan buah/bunga. (Mengamati) • Guru mengajukan pertanyaan: (Menanya) - Apa fungsi dari setiap bagiantumbuhan? - Bagian manakah dari flora yangberfungsi untuk mempertahankankelestarian flora tersebut? (biji) • Siswa membaca senyap teks perihal manfaat setiap bab tumbuhanyang terdapat di buku.Literasi • Siswa kemudian berdiskusi beberapa sahabat dalam kelompok kecil untukmenjawab pertanyaan perihal bab flora lain yang berfungsi untukmempertahankan kelestarian flora . (Mengomunikasikan) • Siswa membaca teks singkat dan menjawab pertanyaan terkait materitentang upaya insan untuk menjaga kelestarian lingkungan. • Pengamatan: Setiap siswa akan menentukan satu tumbuhan kemudian akan mengamati tumbuhan tersebut. Siswa mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan, fungsi dan menuliskan laporannya. Siswa akan mendiskusikan hasil pengamatannya secara berkelompok. Siswa menuliskan hasil laporannya di kertas lain. Untuk melengkapi laporannya siswa bisamenyertakan gambar.Critical Thinking and Problem Solving • Di selesai acara untuk memahami lebih jauh perihal bab flora dan pelestariannya, siswa kemudian praktek menanam satu jenis biji didalam pot. (Mempraktekkan) • Siswa diberikan tanggung jawab untuk merawat tanamannya sampai besardan berbuah.Nasionalis • Kegiatan ini merupakan wujud nyata siswa dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab perihal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukan evaluasi hasil belajar ¡ Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran) Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Bola plastik ukuran kecil untuk olahraga
¡ Benih biji flora (tomat, kacang hijau, cabe) untuk acara menanam pada pelajaran IPA.
¡ Tanah dan pot (bisa dari barang-barang bekas)
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala Wawan Setiawan, S.Pd. NIP. .................... | Rajamandala, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV Nadya Nursalma, S.Pd. NIP. .................... |
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Melakukan identifikasi
¡ Membuat pertanyaan
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
MATERI
IPA
Akar
Akar ialah bab flora yang umumnya berada di dalam tanah.Untuk beberapa jenis tumbuhan, akar juga terdapat di atas tanah bahkan menggantung.Akar berfungsi sebagai bab yang mengokohkan tumbuhan. Jika flora tidak memilikiakar, flora akan gampang dicabut, gampang roboh dikala diterpa angin, atau hanyut terbawaair dikala turun hujan.
Zat-zat mineral dan air yang dibutuhkan untuk menciptakan kuliner diserap oleh akar daridalam tanah. Namun, pada beberapa flora tertentu, akar tidak hanya berfungsimenyerap air dan mineral, tetapi juga berfungsi sebagai penyimpanan cadanganmakanan, contohnya pada beberapa flora umbi-umbian.
Bunga
Bunga merupakanbagian flora yangberfungsi sebagai alatperkembangbiakan.
Batang
Bagian flora yang berada di atas tanahadalah batang yang berfungsi sebagai tempatmunculnya daun, bunga, dan buah. Batangjuga berfungsi mengedarkan mineral dan airyang diserap akar, serta zat kuliner hasilfotosintesis ke seluruh bab tubuhtumbuhan.
Daun
Bagian flora yang berfungsisebagai daerah berlangsungnyafotosintesis ialah daun. Daunbanyak mengandung zat warnahijau yang disebut klorofil. Daunterdiri atas tangkai daun, danhelai daun.
Buah
Buah merupakan bab flora yangberfungsi melindungi biji.Contohnya buah mangga dan buah apel. Buahterdiri atas daging buah dan biji. Bagian yangkita makan biasanya daging buahnya.
Biji
Biji merupakan hasil dari pembuahan yang terjadi akhir penyerbukan antaraserbuk sari dan putik. Jika biji ditanam akan tumbuh menjadi flora baru. Bijiitu berkeping. Biji ada yang berkeping satu dan ada yang berkeping dua.Biji berkeping satu disebut monokotil dan biji berkeping dua disebut dikotil
Lampiran 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | ||||||||||||
2 | ................... | ||||||||||||
3 | …………….. | ||||||||||||
4 | …………….. | ||||||||||||
5 | …………….. | ||||||||||||
Dst | …………….. |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. IPA
Laporan identifikasi tanaman
Kreiteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Identifikasi Bagianbagian | Mengidetifikasi semua bagian tumbuhan dengan cermat | Mengidetifikasi sebagian besar bagian tumbuhan dengan cermat | Mengidentifikasi sebagian bagian tumbuhan dengan cermat | Mengidetifikasi sebagian kecil bagian tumbuhan dengan cermat |
Identifikasi Fungsi | Menjelaskan semua fungsi dari tumbuhan dengan benar | Menjelaskan sebagian besar fungsi dari tumbuhan dengan benar | Menjelaskan sebagian fungsi dari tumbuhan dengan benar | Menjelaskan sebagian kecil fungsi dari tumbuhan dengan benar |
Sikap Rasa Ingin Tahu | Tampak antusias dan mengajukan banyak pandangan gres dan pertanyaan selama kegiatan. | Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. | Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. | Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. |
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat contohnya pada pembelajaran 1
2. Bahasa Indonesia
Daftar pertanyaan siswa dinilai memakai rubrik
Kreiteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Daftar Pertanyaan | Semua pertanyaan tepat. | Sebagian besar pertanyaan tepat. | Hanya sebagian kecil pertanyaan tepat. | Belum mampu membuat pertanyaan dengan tepat. |
Kosa Kata Baku | Menggunakan kosa kata baku dalam semua pertanyaan. | Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian besar pertanyaan. | Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian kecil pertanyaan. | Belum mampu menggunakan kosa kata baku dalam pertanyaan. |
Kalimat Efektif | Menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan. | Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan. | Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan. | Belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan. |
Sikap: Mandiri | Tugas diselesaikan dengan mandiri. | Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri. | Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. | Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Catatan: evaluasi (penskoran) sanggup dilihat contohnya pada pembelajaran 1
3. Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.
No | Sikap | BelumTerlihat | MulaiTerlihat | MulaiBer-kembang | Membu-daya | Ket. |
1 | Teliti | P | ||||
2 | Bertanggung Jawab | P | ||||
3 | Disiplin |
PENGAYAAN
• Apabila mempunyai waktu, siswa sanggup diberikan bahan perihal kalimatefektif dan kosa kata baku.
REMEDIAL
• Siswa yang belum memahami manfaat bab tumbuhan, sanggup diberikan sumber bacaan yang dilengkapi gambar. Siswa dimotivasi untuk membaca dengan teliti. Siswa sanggup mengerjakan latihan tertulis (kuis, pertanyaan essay) terkait bahan yang belum dipahami.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 3"
Posting Komentar