Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3 Pembelajaran 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :     SDN 5 Rajamandala
Kelas / Semester            :     IV (Empat) / 1
Tema 1                             :     Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3                    :     BersyukuratasKeberagaman
Pembelajaran                 :     2
Alokasi Waktu                :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
1.   Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya.
1.4 Menerima banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2.   Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam banyak sekali bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Indikator:
3.4.5 Menjelaskan bahwa keberagaman akan memperkaya ketika bekerjasama.
4.4.5 Menceritakan pengalaman diri berhubungan dalam keberagaman

SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Indikator:
4.3.3 Mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa dengan gugusan dan iringan musik

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah bereksplorasi, siswa bisa memilih besar sudut dalam pada segi banyak dengan benar.
2.    Setelah berdiskusi, siswa bisa mengambarkan kekerabatan banyak sisi dan besar sudut pada segi banyak beraturan dengan benar.
3.    Setelah berdiskusi, siswa bisa menjelaskan bahwa keberagaman akan memperkaya ketika berhubungan dengan terperinci.
4.    Setelah berdiskusi, siswa bisa menceritakan pengalaman diri berhubungan dalam keberagaman dengan terperinci.
5.    Setelah berlatih, siswa bisa mempraktikkan tarian Tari Bungong Jeumpa dengan gugusan dan iringan musik dengan benar.
v   Karakter siswa yang diperlukan :
Ø  PPKn dan SBdP   :  Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
¡   Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius
¡   Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan adalah tentangIndahnya Kebersamaan”.Integritas
¡   Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Siswa membaca teks dongeng yang ada di buku siswa secara individu. Siswa membaca dengan membaca senyap.Literasi
§  Siswa dibagi ke dalam kelompok. Guru bisamengubah pengelompokkan dari kelompok yang ada di sesi 1. Gotong Royong
§  Siswa mendiskusikan pertanyaan berikut. Siswa menulis jawabannya pada kalender bekas. Siswa menulis dalam ukuran yang cukup besar biar gampang terbaca. (Menanya)
§  Guru menanyakan kepada siswa, pengalaman mereka berhubungan dalamperbedaan. Siswa bisa memberikan pengalamannya kepada temansebelahnya. Guru juga bisa membuatkan dongeng pengalamannya bekerjsamadalam keberagaman.Literasi
§  Siswa diminta menuliskan pengalamannya bahwasanya dalam perbedaan.
Hal-hal yang ditulis:
1. Jenis kerjasama.
2. Perbedaan yang ada.
3. Manfaat dari kerjasama dalam perbedaan.
4. Nilai-nilai baik yang bisa kau ambil.
§  Siswa kembali berlatih tarian Tari Bungong Jeumpa dengan kelompoknya.Mandiri
§  Siswa berlatih dengan gerakan dasar dan gugusan yang benar.Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa berlatih dengan iringan musik tanpa instruksi hitungan.
§  Guru memotivasi siswa bahwa menari memakai penghayatan.
§  Guru memberikan rubrik yang akan dipakai pada penilaianpembelajaran ke 6.
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehariIntegritas
¡   Bertanya jawab wacana bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukanpenilaianhasilbelajar
¡   Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaranReligius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Musik tarian Tari Bungong Jeumpa, berdiri datar yang sudah dipotongpotong.


Mengetahui
Kepala SDN 5 Rajamandala




(Wawan Setiawan, S.Pd.)
NIP. .......................................
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas IV




(Nadya Nursalma, S.Pd.)
NIP. .......................................

























Lampiran 1
F.      MATERI PEMBELAJARAN
§  Menari tarian kawasan (Bongong Jeumpa).
§  Mendiskusikan pentingnya kerjasama dalam keberagaman.

G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
































Lampiran 2
H.     PENILAIAN
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanantingkahlaku
Santun
Peduli
TanggungJawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












Dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4

1. PPKn: Cerita pengalaman bekerjasama
Kriteria
Ya
tidak
Menceritakan satu pengalamam kerjasama dengan terperinci


Menjelaskan perbedaan yang ada pada dikala kerjasama


Menuliskan manfaat kerjasama tersebut bagi dirinya


Menuliskan manfaat kerjasama tersebut bagi dirinya


Menjelasakan hal-hal baik yang bisa diambil



2. SBdP: Menari
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Gerakan
Seluruh gerakan
yang ditunjukkan
saat menari
sesuai dengan
ketentuan tarian.
Sebagian besar
gerakan yang
ditunjukkan
saat menari
sesuai dengan
ketentuan tarian.
Sebagian gerakan
yang ditunjukkan
saat menari
sesuai dengan
ketentuan tarian.
Hanya sebagian
kecil gerakan
yang ditunjukkan
saat menari
sesuai dengan
ketentuan tarian.
Teknik Menari
Menarikan
sebuah tarian
dengan
menunjukkan.
• sikap tubuh
yang sesuai
dengan
tarian yang
dibawakan
• gerakan yang
dibawakan
sesuai dengan
irama
• gerakan yang
dibawakan
sesuai dengan
tempo
sehingga
tarian yang
ditunjukkan
terlihat
harmonis
Hanya
menunjukkan 2
hal dari 3 kriteria
yang diharapkan.
Tarian yang
dihasilkan cukup
harmonis.
Hanya
menunjukkan 1
hal dari 3 kriteria
yang diharapkan.
Tarian yang
dihasilkan kurang
harmonis.
Tidak memenuhi
kriteria yang
diharapkan.
Ekspresi
Memberikan
penjiwaan saat
menari yang
memperhatikan
jenis tarian
sehingga pesan
dari tarian bisa
dimengerti oleh
penonton.
Ada beberapa
penjiwaan yang
kurang sesuai
dengan jenis
tarian. Pesan dari
tarian tetap bisa
dimengerti oleh
penonton.
Kurang bisa
memberikan
penjiwaan saat
menari sehingga
pesan dari
tarian kurang
dimengerti oleh
penonton.
Tidak bisa
memberikan
penjiwaan saat
menari sehingga
pesan dari tarian
tidak dimengerti
oleh penonton.
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.

3. Diskusi: Diskusi kekerabatan sisi dan sudut pada segi banyak
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
Mendengarkan
teman yang
berbicara namun
sesekali masih
perlu diingatkan.
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
Sering
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
namun tidak
mengindahkan.
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara).
Merespon dan
menerapkan
komunikasi non
verbal dengan
tepat.
Merespon dengan
tepat terhadap
komunikasi
non lisan yang
ditunjukkan
teman.
Sering merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi non
verbal yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi non
verbal yang
ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik.
Berbicara dan
menerangkan
secara
rinci,namun
terkadang
merespon kurang
sesuai dengan
topik.
Jarang berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung.
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat misalnya pada Pembelajaran 1.




Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3 Pembelajaran 2"

Posting Komentar