RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 5 Rajamandala
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : BersyukuratasKeberagaman
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
Indikator:
3.2.2 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks lisan.
4.2.2 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks verbal dalam bentuk peta pikiran.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan ihwal sifat-sifat bunyi.
Indikator:
3.6.5 Menjelaskan sifat-sifat bunyi memantul menyerap.
4.6.5 Membuat peta pikiran ihwal sifat bunyi memantul dan menyerap.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Indikator:
3.2.5 Menjelaskan pengalaman sikap menghargai maknanan tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2.5 Mengomunikasikan pengalaman sikap menghargai kuliner tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan menyimak teks lisan, siswa bisa mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
2. Dengan menyimak teks lisan, siswa bisa menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3. Dengan diskusi dan membaca, siswa bisa menjelaskan pengalaman sikap menghargai kuliner tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
4. Setelah diskusi dan membaca, siswa bisa mengomunikasikan pengalaman sikap menghargai kuliner tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
5. Dengan percobaan, siswa bisa mengidentifikasi sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap dengan lengkap.
6. Setelah percobaan , siswa bisa menyajikan laporan sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis.
v Karakter siswa yang diharapkan : | |
Ø Bahasa Indonesia dan IPA : | Religius Nasionalis Mandiri Gotong Royong Integritas |
Ø IPS : | Religius Toleransi Rasa Ingin Tahu Semangat Kebangsaan Cinta Tanah Air Bersahabat/Komunikatif Cinta Damai |
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | AlokasiWaktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”.Integritas ¡ Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Siswa diingatkan kembali ihwal pembelajaran sebelumya ihwal Keragaman Budaya Indonesia, ibarat alat musik dan permainan tradisional. Salah satu jenis keragaman yang memperkaya kebudayaan bangsa Indonesia yaitu kuliner tradisional. (Mengamati) § Guru memperlihatkan satu/beberapa jenis makanana tradisional tempat setempat. Guru mengajukan pertanyaan pembuka. (Menanya) - Siapakah diantara kalian yang mengetahui jenis kuliner tradisional ini? Bagaimana materi dasarnya dan proses pembuatannya? § Siswa yang mengangkat tangannya diminta untuk mengambarkan secarasingkat informasi ihwal kuliner tradisional tersebut.Literasi § Siswa menyimak kisah ihwal ihwal seorang ibu pembuat dodol, kuliner tradisional Betawi, yang dilisankan oleh guru. § Siswa diminta untuk menyimak dengan teliti, kemudian menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf tersebut. (Mengkomunikasikan) § Setelah selesai memetakan hasil paragraf 1, siswa mendiskusikan jawabanbersama sahabat kelompok. Guru memperhatikan siswa yang berdiskusi.Collaboration § Lakukan hal yang sama untuk paragraf ke dua. Selesai teks dibacakan dan siswa juga selesai menuliskan tanggapan pada peta pikiran yang tersedia,guru meminta siswa mendiskusikannya dengan sahabat sebelahnya. § Siswa kemudian saling membandingkan peta pikiran mereka dengan petapikiran milik beberapa sahabat lainnya.Critical Thinking and Problem Solving § Paragraf ke tiga dilakukan tanpa diskusi. Hasilnya pribadi diserahkankepada guru untuk dinilai.Mandiri § Siswa diingatkan kembali ihwal keragaman kuliner yang menjadi identitas bangsa Indonesia.Integritas § Guru mengajukan pertanyaan pembuka (Menanya) - Siapa yang mengetahui jenis kuliner tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia? Darimana asalnya? § Siswa membaca senyap informasi ihwal beberapa jenis kuliner tradisional yang ada di buku.Literasi § Siswa secara berpasangan diminta untuk saling menyebarkan informasi ihwal jenis kuliner tradisional beserta yang mereka ketahui dan nama tempat tempat kuliner tersebut berasal. (Mengkomunikasikan) § Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya ihwal sifat rambat bunyi.Communication § Guru mengajukan pertanyaan berikut. - Apakah bunyi mempunyai sifat-sifat yang lain? § Masih dalam kelompok yang sama, siswa kemudian berdiskusi menjawabpertanyaan berdasarkan hasil percobaan.Gotong Royong § Siswa dalam kelompok kemudian diberikan kesempatan untuk melakukanpercobaan yang sama dengan memakai bahan-bahan yang berbeda,yaitu kayu, logam, dan kapas.Creativity and Innovation § Siswa kemudian mendiskusikan hasil percobaan.Collaboration § Guru memperlihatkan penguatan. | 150 menit |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab ihwal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya ihwal pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukanpenilaianhasilbelajar ¡ Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Arloji, piring dan gelas kaca, kayu, gabus, kapas, dan tabung terbuat dari kaleng untuk percobaan IPA.
¡ Makanan tradisional tempat setempat untuk acara IPS.
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala (Wawan Setiawan, S.Pd.) NIP. ....................................... | …………, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV (Nadya Nursalma, S.Pd.) NIP. ....................................... |
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
§ Menemukan gagasan pokok danpendukung dari teks lisan.
§ Menceritakan pengalaman diribekerjasama dalam keberagaman.
§ Melakukan percobaan.
IPS
Indonesia yang kaya akan keragaman budaya, suku, agama dan kepercayaan, juga mempunyai ribuan jenis kuliner tradisional .
Makanan tradisional yang berasal dari aneka macam suku bangsa di Indonesia juga merupakan bab dari Identitas bangsa kita.
Tentunya kita besar hati dengan kekayaan budaya Indonesa. Salah satu wujud pujian tersebut yaitu dengan mempelajari dan mencoba bermacam-macam kuliner tradisonal tersebut.
IPA
Bunyi sebagai sebuah gelombang mempunyai sifat sanggup dipantulkan dan diserap.
Bunyi akan dipantulkan dengan baik jikalau mengenai benda-benda yang keras, ibarat permukaan dinding batu, semen, besi, beling dan seng.
Bunyi akan diserap jikalau mengenai benda-benda yang lunak, ibarat gabus, kapas, dan spons.
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | ||||||||||||
2 | ................... | ||||||||||||
3 | …………….. | ||||||||||||
4 | …………….. | ||||||||||||
5 | …………….. | ||||||||||||
Dst | …………….. |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. Diskusi
Saat siswa melaksanakan diskusi, guru menilai mereka dengan memakai rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan | Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. | Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. ü | Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara). | Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. | Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. ü | Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. | Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) | Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. | Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. | Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. ü |
Penilaian (skoring): total nilai siswa x 10
total nilai maksimal
Contoh : 2+3+1 = 6 x 10 = 5
12 12
2. Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai memakai rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Gagasan pokok | Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. ü | Belum dapat menemukan gagsan pokok. |
Gagasan Pendukung | Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. ü | Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraph dengan benar. | Belum dapat menemukan gagsan pendukung. |
Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukuku ng dalam peta pikiran | Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan benar. | Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan benar. | Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan benar. | Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran. ü |
Sikap: Mandiri | Tugas diselesaikan dengan berdikari . | Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri. ü | Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. | Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Penilaian (skoring): total nilai siswa x 10
total nilai maksimal
Contoh : 2+3+1+3 = 9 x 10 = 5,7
16 16
3. IPS
Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang
keragaman kuliner tradisional, serta mengomunikasikannya dinilai
menggunakan rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Informasi tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional | Menuliskan informasi tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional dengan sistematis. | Menuliskan informasi tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional cukup sistematis. | Menuliskan informasi tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional kurang sistematis. ü | Belum mampu menuliskan informasi tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional dengan sistematis. |
Komunikasi lisan tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional | Mengomunikasi kan secara lisan tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional dengan sistematis. | Mengomunikasi kan secara lisan tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional cukup sistematis. ü | Mengomunikasi kan secara lisan tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional kurang sistematis. | Belum mampu mengomunikasi kan secara lisan tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional dengan sistematis. |
Sikap Kerjasama | Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman secara konsisten. | Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman namun belum konsisten. | Menunjukkan sikap kerjasama hanya dengan beberapa teman. | Perlu dimotivasi untuk dapat bekerjasama. ü |
Sikap menghargai makanan tradisional | Mau mencoba makanan tradisional dan menunjukkan sikap bangga dengan keragaman budaya Indonesia. | Mau mencoba makanan tradisional dan tampak cukup bangga dengan keragaman budaya Indonesia. ü | Dimotivasi untuk mau mencoba makanan tradisional Indonesia. | Belum mau mencoba makanan tradisional Indonesia. |
Penilaian (skoring): total nilai siswa x 10
total nilai maksimal
Contoh : 2+3+1+3 = 9 x 10 = 5,7
16 16
4. IPA
a. Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan percobaan
tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dinilai menggunakan
rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Sifat bunyi memantul dan menyerap | Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan dengan lengkap. | Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan dengan cukup lengkap. | Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan kurang lengkap. ü | Belum mampu menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan. |
Laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap | Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis. | Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan cukup sistematis. ü | Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap kurang sistematis. | Belum mampu menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis. |
Sikap Rasa Ingin Tahu dan Berfikir Kritis | Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan. | Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. | Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. | Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. ü |
Penilaian (penskoran): total nilai siswa x 10
total nilai maksimal
Contoh : 2+3+1 = 6 x 10 = 5
12 12
b. Percobaan IPA dinilai memakai rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Penerapan Konsep | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar. | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlubantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari. | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tida kjelas. ü | Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari. |
Komunikasi | Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang. | Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang. ü | Hasil percobaan disampaikan denga njelas namunhanya didukung sebagian kecil data penunjang. | Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang. |
Prosedurd anstrategi | Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil. | Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis namun masih membutuhkan bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasi. | Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat bantuan guru. | Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang dipilih tidak tepat. ü |
Penilaian (penskoran): total nilai siswa x 10
total nilai maksimal
Contoh : 2+3+1 = 6 x 10 = 5
12 12
Pengayaan
§ Apabila mempunyai waktu, siswa sanggup mengadakan program “Hari Makanan Tradisional Nusantara”
§ Setiap siswa membawa satu jenis kuliner tradisional dari tempat yang berbeda. Siswa juga dimotivasi untuk mencari informasi sederhana ihwal kuliner tersebut, ibarat nama tempat kuliner berasal, materi dasar dan proses pembuatan, serta manfaat kuliner tersebut bagi kesehatan.
§ Siswa sanggup saling menyebarkan informasi ihwal kuliner tersebut, kemudian makan bersama.
§ Kegiatan ini sanggup dilakukan bersama semua sahabat dari kelas paralel.
Remedial
§ Siswa yang belum memahami sifat bunyi merambat dan memantul akan mendapat penguatan dari guru. Siswa sanggup dibantu oleh siswa lain yang telah menguasai konsep tersebut.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3 Pembelajaran 1"
Posting Komentar