Revolusi Industri 4.0 Dan Pendidikan

Hai teman bahasa, sudah tahukah teman wacana Revolusi Industri 4.0? Apa dan bagaimana dampaknya terhadap pendidikan? 

Apa itu Revolusi Industri 4.0?
 sudah tahukah teman wacana Revolusi Industri  Revolusi Industri 4.0 dan Pendidikan
Dari namanya teman niscaya sedang membayangkan teknologi robot ibarat yang sering kita tonton di film-film hollywood, di mana tenaga insan akan digantikan oleh robot, dan balasannya terjadilah perang antara insan dan robot. Dalam peperangan tersebut ada robot yang berpihak pada kelompok insan dan ada juga insan yang berpihak pada kelompok robot hehehe...!!!

Revolusi industri 4.0 bersama-sama hanyalah nama tren perubahan otomasi dan komputerisasi di segala bidang. Istilah industri 4.0 bersama-sama berasal dari sebuah proyek dalam taktik teknologi canggih di Jerman yang mengutamakan komputerisasi dalam pengerjaan pabriknya, lalu diangkat kembali di Hanover Fair atau sebuah festival dagang di Jerman pada tahun 2011.

Kemudian pada Bulan Oktober 2012, Working Group on Industry 4.0 memaparkan rekomendasi pelaksanaan Industri 4.0 kepada pemerintah Jerman. Nah, anggota dari kelompok ini lalu diakui sebagai bapak pendiri dan perintis industri 4.0. Revolusi industri 4.0 atau disebut juga revolusi industri keempat bersama-sama ialah pembaharuan atau yang sering teman dengar dengan kata update dari revolusi-revolusi industri sebelumnya.

Belakangan ini kita sering mendengar atau sering di gembar-gemborkan bahwa dikala ini kita sedang memasuki era revolusi industri 4.0 secara global. Percaya atau tidak, kenyataannya sudah sering kita lihat dan rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan-perubahan yang sangat cepat khususnya dalam bidang teknologi dan otomasi.

Bagaimana langkah pemerintah untuk menjawab tantangan ini? Bagaimana kaitannya dengan pendidikan?

Baru-baru ini telah di laksanakan seminar yang bertema "The Future Of Global Higher Education". Yang dilaksanakan di Jakarta. Seminar ini dilaksanakan untuk menjawab tantangan era revolusi industri di Indonesia sekaligus untuk menyukseskan misi dari pemerintah "MAKING INDONESIA 4.0" yang dicanangkan oleh Bapak Joko Widodo.

Sudah siapkah kita?

Sudah selayaknya sebagai pelaku pendidkan harus siap dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Intinya kita dihentikan menutup diri dengan teknologi dikala ini.

Bersambung...

Demikianlah klarifikasi singkat tentang Revolusi Industri 4.0 dan Pendidikan. Semoga bermanfaat!

Sumber http://armandrivay.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Revolusi Industri 4.0 Dan Pendidikan"

Posting Komentar