| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
PROYEK KELAS
Pembelajaran 1
Mengamati dan Mendeskripsikan
Di awal pertemuan guru menginformasikan siswa bahwa mereka boleh melaksanakan pengamatan terhadap salah satu jenis binatang. Berikut yaitu pola yang sanggup diamati siswa dari objek yang disiapkan atau yang dibawa dari rumah.
• Ayam atau anak ayam.
• Serangga di sekitar sekolah.
• Binatang peliharaan.
Guru memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk mencatat hasil pengamatan di buku tulis atau kertas. Kali ini siswa harus mengumpulkan 40 fakta dari binatang yang mereka amati. Setiap siswa boleh mengamati objek yang sama.
Dalam proses pengamatan, siswa mencari fakta ihwal bentuk, desain atau warna yang dimiliki oleh objek. Hasil pengamatan sanggup berupa tabel, peta pikiran atau lainnya.
Setiap siswa sanggup memberikan hasil pengamatannya kepada sahabat kelompoknya atau sahabat sekelasnya. Hasil kerja disimpan untuk kebutuhan acara berikutnya.
Menanyakan dan Menganalisis
Dengan memakai data sebelumnya, guru mengajak siswa untukmempertanyakan dan menganalisis fakta yang ada, misalnya:
• Apakah warna kupu-kupu akan sama dari jenis ulat yang sama?
• Bagaimana dengan corak sayapnya? Mengapa kupu-kupu yang satumemiliki corak garis-garis, sedangkan yang lainnya polos? Bagaimanaproses perbedaan corak dan warna sanggup terjadi?
• Apa yang terjadi jikalau daun sanggup menyerap air?
• Apa yang terjadi kepada kupu-kupu jikalau tumbuhan tidak mempunyai bunga?
Semua pertanyaan dicatat untuk acara berikutnya. Siswa sanggup saling berbagi
catatannya kepada sahabat atau guru.
\\
Menggali Informasi
Siswa diberi kesempatan untuk mengumpulkan informasi terkait hal-hal yangdipertanyakan sebelumnya. Banyak sumber informasi yang sanggup dipakai siswa,
seperti:
• Tukang kebun, penjaga sekolah
• Kakak atau adik kelas
• Orang tua
• Guru
• Narasumber
• Buku
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
PROYEK KELAS
Pembelajaran 2
Mengamati dan Mendeskripsikan
1. Di hari ke dua, siswa mengamati tumbuhan yang ada di sekolah atau yangdibawa dari rumah.
2. Tumbuhan yang diamati sanggup tumbuhan yang mempunyai bunga ataupun tidak. Berikut yaitu pola yang sanggup siswa amati dari tumbuhan:
· Bagian tumbuhan, bab bunga, akar, media tumbuh, tumbuhan obat-obatan, biji-bijian dan dedaunan
3. Sama dengan acara di hari pertama, siswa diperlukan mengumpulkan
fakta-fakta sebanyak 40 fakta untuk kemudian mendeskripsikannya.
Menanyakan dan Menganalisis
Siswa diberi kesempatan untuk mempertanyakan fakta-fakta:
· Apa yang terjadi jikalau kelopak bunga tidak sebanyak ini?
· Mengapa bunga yang satu berwarna merah dan yang satunya berwarna kuning?
· Mengapa tumbuhan ini sanggup tumbuh di air? Bagaimana kalau dipindahkanke tanah? Apakah akan mendapat hasil yang berbeda?
Seluruh pertanyaan dicatat. Siswa sanggup saling menukarkan pertanyaan kepadatemannya untuk mendapat balasan sementara.
Menggali Informasi
Dengan bimbingan guru, siswa sanggup menggali informasi melalui narasumberseperti tukang kebun, penjaga sekolah, guru atau buku di perpustakaan.
Jika memungkinkan, siswa sanggup diajak mengunjungi daerah penjualan tanamandan mewawancarai penjualnya ihwal bagaimana tumbuhan hidup, perawatan,atau harga jual dari tumbuhan.
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
PROYEK KELAS
Pembelajaran 3
Mengamati dan Mengobservasi
Di hari ketiga ini siswa mengumpulkan informasi dengan cara yang berbedadibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.
Siswa mengamati 1 jenis binatang dan tumbuhan yang berbeda dari yang pernahmereka amati di hari sebelumnya. Mereka menggambar apa yang mereka amati(drawing observation).
Berikut yaitu hal-hal yang harus diingatkan kepada siswa pada ketika melakukan
kegiatan.
· Gambar merupakan hasil pengamatan, bukan imajinasi.
· Gambar harus rinci, memberikan bagian-bagian kecil.
· Gambar tidak memerlukan warna.
· Alat gambar yang dibutuhkan yaitu pensil, bukan alat tulis lainnya.
Siswa menggambar di kertas, bukan di buku.
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
PROYEK KELAS
Pembelajaran 4
Mempersiapkan Diri
Siswa mempersiapkan semua materi untuk kebutuhan festival yang akan dihadirioleh abang atau adik kelas. Setiap siswa harus menyiapkan materi pamerandalam bentuk:
· Gambar, sebagai hasil drawing observation (tumbuhan dan hewan).
· Tulisan deskriptif hasil pengamatan.
· Diagram daur hidup.
· Cerita ihwal binatang atau tumbuhan.
Guru sebaiknya mengatur penyelesaian setiap produk, contohnya satu produkdiselesaikan satu hari. Hal ini dimaksudkan biar siswa tidak terlalu beratmenyiapkan materi pameran.
Dalam kelompoknya, siswa mengatur pajangan. Pengalaman dua kali pameransebelumnya harus dijadikan sebagai masukan biar festival ketiga ini lebih baik
pelaksanaannya.
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
PROYEK KELAS
Pembelajaran 5
Menyampaikan Hasil
Berdasarkan pengalaman sebelumnya, guru perlu mengkaji apa yang harusdiperhatikan ketika festival berlangsung, contohnya mengenai alur dan waktukedatangan, perilaku siswa ketika menjawab pertanyaan atau memberikan hasilkaryanya.
Guru berkeliling, mencatat apa yang terjadi, siswa mana yang membutuhkanbantuan atau sekadar mengingatkan kapan festival selesai.
Pameran kali ini sanggup meminta pengunjung untuk menuliskan komentarnya diselembar kertas yang ditujukan untuk kelompok. Salah satu anggota kelompokdiminta untuk mengingatkan pengunjung untuk menuliskan komentarnya.
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
PROYEK KELAS
Pembelajaran 6
Melakukan Refleksi
Sebelum melaksanakan refleksi, setiap kelompok membahas komentar yang diberikanpara pengunjung. Guru mengumpulkan komentar tersebut dan merangkumnya.Secara klasikal, guru membahas rangkuman tersebut.
Berdasarkan komentar tersebut, siswa melaksanakan refleksi dengan dipandu pertanyaanberikut.
· Apa yang paling menarik dari acara selama satu minggu?
· Hal baik/tidak baik apa yang kalian temui dari pengunjung?
· Apa yang perlu diperbaiki dari persiapan pameran?
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Proyek Pembelajaran Tema 3 Pembelajaran 1-6"
Posting Komentar