Proyek Pembelajaran Rpp Kelas 4 Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)


PROYEK KELAS
Pembelajaran 1

Berbagai kegiatan pada subtema 4 dirancang sebagai aplikasi dariketerpaduan gagasan pada subtema 1-3. Berbeda dengan subtema 1-3,kegiatan di sini diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkattinggi. Rancangan kegiatan merupakan kegiatan-kegiatan besar yangmembuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang bersahabat dengankeseharian siswa. Guru sebaiknya membaca seluruh pembelajaran terlebihdahulu. Perhatikan kebutuhan alat dan bahan.
Mengamati dan Mendeskripsikan
Siswa mengamati secara cermat salah satu aspek dari tema IndahnyaKebersamaan.
Siswa boleh mengamati benda atau kejadian yang ada kaitannya dengantema tersebut.
Pada pembelajaran 1 ini, siswa diarahkan untuk mengamati pakaian adatsetempat.
Langkah pertama, siswa mengumpulkan fakta-fakta, antara lain.
  1. Terbuat dari apa bahannya?
  2. Apa saja hiasan pelengkap dan terbuat dari materi apa?
  3. Berapa luas materi yang diharapkan untuk membuatnya?
  4. Di manakah materi itu bisa diperoleh?
  5. Apakah materi untuk pakaian belum dewasa sama dengan materi untukpakaian orang dewasa?
  6. Berapa harga satu set pakaian etika tersebut?

Disusun Berdasarkan   Permendikbud Nomor PROYEK PEMBELAJARAN RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013
Siswa mengumpulkan sedikitnya 20 fakta dan mendeskripsikan secaralengkap. Guru mengarahkan kemampuan pengamatan siswa. Semakinlengkap uraian berarti siswa sudah mencapai daya nalar yang cukup baik.
Kegiatan dilakukan berkelompok, namun siswa akan menciptakan laporanindividual.

Mempertanyakan dan Menganalisis
Setelah siswa mendeskripsikan secara lengkap semua fakta-fakta hasilpengamatan pada kegiatan sebelumnya, langkah berikutnya siswa diajakberpikir kritis untuk mempertanyakan fakta-fakta tersebut.
Andaikan diketahui suatu fakta bahwa “bahan kain tenun pakaianadat terasa tebal, panas, dan berat dikala dikenakan”, siswa dapatmempertanyakan:
  1. Bisakah kain tenun yang terasa tebal, panas, dan berat tersebut digantidengan kain kaos?
  2. Seandainya bahannya diganti dengan kain kaos, apakah tampilannyaakan sama anggunnya dengan pakaian etika yang asli?
Siswa diajak menganalisis. Misalnya, adakah bagian-bagian dari pakaianadat itu yang tidak sempurna kalau diganti dengan kain katun? Atau materi kaos?Dari kegiatan analisis ini, siswa memperoleh gagasan ihwal apa yang perludikaji lebih jauh.

Menggali Informasi
Setelah mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikaji lebih jauh, siswamenindaklanjuti hal tersebut dengan mengumpulkan informasi yang relevansebanyak mungkin. Siswa boleh melaksanakan hal tersebut dengan berbagaimacam cara, antara lain:
  1. Membaca buku-buku tumpuan dari perpustakaan,
  2. Bertanya atau mewawancarai narasumber atau tokoh etika di lingkunganterdekat,
  3. Mengenakan dan mencari tahu lebih jauh ihwal pakaian tradisional yang mencakup bahan, corak, warna, aksesoris, cara memakai, keunikan,dan filosofi.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

PROYEK KELAS
Pembelajaran 2

Mengamati dan Mendeskripsikan
Setelah mengamati pakaian adat, pada hari kedua ini, siswa diarahkanmengamati hal lain dari tema Indahnya Kebersamaan. Misalnya, makanantradisional, yang ditinjau dari:
1. bahan,
2. penampilan,
3. rasa,
4. cara memasak,
5. cara penyajian,
6. cara memakan, dan
7. waktu penyajian terkait upacara adat.

Mempertanyakan dan Menganalisis
Setelah mendeskripsikan secara lengkap semua fakta hasil pengamatan,selanjutnya siswa diajak berpikir kritis untuk mempertanyakan fakta-faktatersebut.
Contoh:
1. Apakah masakan tradisional ini merupakan masakan yang paling enak
yang pernah siswa kenal? Apa yang perlu siswa tambahkan semoga rasa
makanan lebih enak?
2. Apa gagasan yang bisa siswa berikan untuk menyajikan makanan
tradisional secara lebih menarik?

Menggali Informasi
Setelah mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikaji lebih jauh, siswa perlumenindaklanjuti hal tersebut dengan mengumpulkan informasi yang relevansebanyak mungkin. Siswa boleh melaksanakan itu dengan banyak sekali macam cara,antara lain:
  1. Membaca buku-buku tumpuan ihwal masakan tradisional;
  2. Bertanya kepada orang tua, juru masak masakan tradisional, ataunarasumber terkait;
  3. Membawa dan menata masakan tradisional, menceritakan tentangbahan, cara memakan, cara memasak, keunikan, dan kebanggaan.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

PROYEK KELAS
Pembelajaran 3

Mengamati dan Mendeskripsikan
Berbeda dengan pembelajaran sebelumnya yang lebih ditekankan padapengamatan benda (pakaian adat, masakan tradisional), kali ini gurumengajak siswa mengamati proses. Misalnya, tata cara bermain (persiapan,alat atau materi yang diperlukan, jumlah pemain, dan peraturan).
Guru meminta siswa menentukan satu jenis permainan tradisional setempat.
Siswa diajak ke luar kelas untuk bermain bersama.
Usai permainan, siswa kembali ke dalam kelas.
Guru meminta siswa berdiskusi dalam kelompok untuk mengumpulkanfakta-fakta, antara lain:
  1. Bagaimana persiapan permainan?
  2. Apa saja alat yang diperlukan?
  3. Bagaimana cara bermain?
  4. Tahukah siswa hukum main yang benar?
  5. Apakah permainan ini ada kemiripan dengan permainan lain yang siswaketahui?
  6. Apakah siswa bisa menciptakan model atau hukum bermain gres yang lebihmenantang?

Mempertanyakan dan Menganalisis
Setelah melaksanakan permainan, siswa berdiskusi dengan sahabat dan diajakberpikir kritis untuk mempertanyakan fakta-fakta tersebut.
Siswa diajak mengkritisi permainan tradisional yang telah mereka mainkandengan pertanyaan pemantik berikut.
Contoh:
1. Menurut siswa, apakah permainan ini cukup seru? Jelaskan.
2. Bagian mana dari permainan tersebut yang menyulitkan siswa?
3. Apa usulmu semoga permainan tradisional ini lebih menarik?

Menggali Informasi
Setelah mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikaji lebih jauh tentangpermainan tradisional, siswa perlu menindaklanjuti hal tersebut denganmengumpulkan informasi yang relevan sebanyak mungkin. Siswa bolehmelakukan itu dengan banyak sekali macam cara, antara lain:
1. Membaca buku-buku tumpuan ihwal permainan tradisional,
2. Bertanya kepada orang renta atau narasumber, dan
3. Siswa mensimulasikan cara bermain yang lebih menantang dan menarik.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

PROYEK KELAS
Pembelajaran 4

Mengamati dan Mendeskripsikan
Pada hari ke-4 ini, siswa mempersiapkan semua materi untuk keperluanpameran yang akan dilaksanakan pada hari berikutnya.
  • Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok (pakaian adat, makanantradisional, dan permainan tradisional).
o   Siswa menyiapkan materi presentasi, pajangan, dan simulasi sesuai dengan pilihan kelompok.
o   Siswa diberi motivasi semoga percaya diri ketika bazar berlangsung.





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

PROYEK KELAS
Pembelajaran 5

Menyampaikan Hasil
Pada pembelajaran ini, siswa memberikan hasil kerja mereka kepadateman atau rang tua, dan mempertahankan pemikiran bilamana adapertanyaan dari pengunjung yang mendatangi pajangan atau penjelasansiswa.
Sebelum kegiatan dilaksanakan, siswa mengundang kelas lain untuk datangke pameran. Sekolah bisa mengundang orang renta dan guru lain untukmengunjungi pameran.
Guru bisa menata ruang kelas menyerupai ilustrasi di bawah untuk kebutuhanpameran. Alternatif lain bisa dibentuk sesuai dengan kebutuhan.




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

PROYEK KELAS
Pembelajaran 6

Melakukan Refleksi
Pada pertemuan epilog tema ini, siswa perlu membiasakan menulis secarareflektif, yaitu:
  1. Mengingat-ingat dan menuliskan kejadian-kejadian yang telah siswa laluiselama satu ahad terakhir ini,
  2. Menuliskan kesan terhadap pengalaman tersebut (puas atau tidak puas,senang atau tidak senang, gelisah atau mantap), dan
  3. Menuliskan rencana perbaikan ke depannya.
Tulisan renungan siswa ini selanjutnya perlu dipajang di ruang-ruang kelassiswa semoga bisa dipelajari dan dipahami teman-teman.





Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Proyek Pembelajaran Rpp Kelas 4 Kurikulum 2013"

Posting Komentar