Profittabilitas

PROFITTABILITAS


Brigham dan Houston (2001:197) menyatakan bahwa profitabilitas yaitu hasil higienis dari serangkaian kebijakan dan keputusan.
Sartono (2001:119) beropini bahwa profitabilitas yaitu kemampuan perusahaan memperoleh keuntungan dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva maupun modal sendiri. Dengan demikian bagi investor jangka panjang akan sangat berkepentingan dengan analisa profitabilitas ini.
John (2005) Rasio profitabilitas merupakan perbandingan antara keuntungan perusahaan dengan investasi atau ekuitas yang digunakan untuk memperoleh keuntungan tersebut. Rasio profitabilitas mengatakan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva, maupun modal sendiri. Semakin tinggi profitabilitas perusahaan semakin tinggi efisiensi perusahaan tersebut dalam memanfaatkan kemudahan perusahaan.
Dari pendapat jago diatas sanggup saya simpulkan bahwa :
Profitablitas atau kemampuan memperoleh keuntungan yaitu suatu ukuran dalam persentase yang digunakan untuk menilai sejauh mana perusahaan bisa menghasilkan keuntungan pada tingkat yang sanggup diterima dan untuk mempertahankan kelangsungan hidup dalam jangka panjang.
 Angka profitabilitas dinyatakan antara lain dalam angka keuntungan sebelum atau setelah pajak, keuntungan investasi, pendapatan per saham, dan keuntungan penjualan. Nilai profitabilitas menjadi norma ukuran bagi kesehatan perusahaan.

PRODUKSI
Produksi merupakan suatu aktivitas yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau membuat benda gres sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa. Sedangkan aktivitas menambah daya guna suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan produksi barang. Produksi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan insan untuk mencapai kemakmuran. Kemakmuran sanggup tercapai kalau tersedia barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi. Orang atau perusahaan yang menjalankan suatu proses produksi disebut Produsen.

EFEKTIFITAS
Pengertian efektifitas secara umum mengambarkan hingga seberapa jauh tercapainya suatu tujuan yang terlebih dahulu ditentukan.
Hal tersebut sesuai dengan pengertian efektifitas berdasarkan Hidayat (1986) yang menjelaskan bahwa :“Efektifitas yaitu suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh sasaran (kuantitas,kualitas dan waktu) telah tercapai. Dimana makin besar presentase sasaran yang dicapai, makin tinggi efektifitasnya”.
Sedangkan pengertian efektifitas berdasarkan Schemerhon John R. Jr. (1986:35) yaitu sebagai berikut :“ Efektifitas yaitu pencapaian sasaran output yang diukur dengan cara membandingkan output anggaran atau seharusnya (OA) dengan output realisasi atau sesungguhnya (OS), kalau (OA) > (OS) disebut efektif ”.
Adapun pengertian efektifitas berdasarkan Prasetyo Budi Saksono (1984) yaitu :“ Efektifitas yaitu seberapa besar tingkat kelekatan output yang dicapai dengan output yang dibutuhkan dari sejumlah input “.
Dari pengertian-pengertian efektifitas tersebut sanggup disimpulkan bahwa efektifitas yaitu suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh sasaran (kuantitas,kualitas dan waktu) yang telah dicapai oleh manajemen, yang mana sasaran tersebut sudah ditentukan terlebih dahulu.
Berdasarkan hal tersebut maka untuk mencari tingkat efektifitas sanggup digunakan rumus sebagai berikut :
Efektifitas = Ouput Aktual/Output Target >=1
Ø Jika output konkret berbanding output yang ditargetkan lebih besar atau sama dengan 1 (satu), maka akan tercapai efektifitas.
Ø Jika output konkret berbanding output yang ditargetkan kurang daripada 1 (satu), maka efektifitas tidak tercapai.
Efektifitas yaitu pencapaian tujuan secara sempurna atau menentukan tujuan-tujuan yang sempurna dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya.
Efektifitas bisa juga diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Sebagai referensi kalau sebuah kiprah sanggup final dengan pemilihan cara-cara yang sudah ditentukan, maka cara tersebut yaitu benar atau efektif.

EFISIENSI
Efisiensi yaitu penggunaan sumber daya secara minimum guna pencapaian hasil yang optimum. Efisiensi menganggap bahwa tujuan-tujuan yang benar telah ditentukan dan berusaha untuk mencari cara-cara yang paling baik untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

KUALITAS
Kualitas atau mutu yaitu tingkat baik buruknya atau taraf atau derajat sesuatu Istilah ini banyak digunakan dalam dalam bisnis, rekayasa, dan manufaktur dalam kaitannya dengan teknik dan konsep untuk memperbaiki kualitas produk atau jasa yang dihasilkan, menyerupai Six Sigma, TQM, Kaizen, dll.

PRODUKTIVITAS
Produktivitas sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu productivity. Merupakan adonan 2 kata yaitu product + activity. Ada pun artinya merupakan aktivitas untuk menghasilkan sesuatu (barang atau jasa) yang lebih tinggi atau lebih banyak.
Ada beberapa pendapat orang mengenai produktivitas, diantaranya;
menurut J. Ravianto, bahwa: ”Produktivitas yaitu suatu konsep yang menunjang adanya keterkaitan hasil kerja dengan sesuatu yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk dari tenaga kerja”.
Sedangkan berdasarkan Muchdarsyah Sinungan, bahwa: ”Produktivitas yaitu hubungan antara hasil nyata maupun fisik (barang atau jasa) dengan masuknya yang sebenarnya, contohnya produktivitas ukuran efisien produktif suatu hasil perbandingan antara hasil keluaran dan hasil masukan”..
Mengenai produktivitas Payaman J. Simanjuntak, menjelaskan”Produktivitas merupakan perbandingan antara hasil yang dicapai (keluaran) dengan keseluruhan sumber daya (masukan) yang terdiri dari beberapa faktor menyerupai tanah, gedung, mesin, peralatan, dan sumber daya insan yang merupakan sasaran strategis alasannya peningkatan produktivitas tergantung pada kemampuan tenaga manusia.”
Dari beberapa pendapat tersebut sanggup disimpulkan bahwa produktivitas yaitu suatu perbandingan antara hasil keluaran dengan hasil masukan. keefektifan ini dilihat dari beberapa faktor masukan yang digunakan dibandingkan dengan hasil yang dicapai. Sedangkan produktivitas kerja yaitu jumlah produksi yang sanggup dihasilkan dalam Waktu tertentu.
Konsep dari Produktivitas merupakan perbandingan dari output terhadap input. Semakin tinggi tingkat produktivitasnya berarti semakin banyak hasil (output) yang ia capai. Adapun unsur dari produktivitas yaitu efisensi, efektivitas dan kualitas.  Produktivitas = Output/Input. Sedangkan Output sendiri sanggup berupa hasil dari tujuan yang dicapai. input diperoleh dari resource (sumber daya) yang diperoleh contohnya waktu, materi baku, manusia, mesin, uang dll.

Berdasarkan rumus tersebut, cara untuk meningkatkan produktivitas yaitu :
v  meningkatkan output
v  menurunkan input
Produktivitas menjadi sebuah patokan dalam perusahaan dan industri. Ada pun manfaat peningkatan produktivitas dalam perusahaan yaitu :
v  Peningkatan keuntungan bagi perusahaan
v  Peningkatan kualitas produk
v  Peningkatan upah dan honor kepada pegawai.

Sumber http://indonugraha.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profittabilitas"

Posting Komentar