Perbedaan Teks Kisah Fantasi, Teks Kisah Fabel, Dan Teks Cerpen.

Teks Cerita Fantasi, Teks Cerita Fabel, dan Teks Cerpen. tergolong dalam jenis teks nonfiksi. Ketiga teks tersebut juga merupakan potongan dari genre narasi atau sama-sama berisi dongeng perihal suatu insiden yang sifatnya imajinasi atau imajinasi penulisnya. Struktur ketiga teks ini juga tidak jauh berbeda yaitu secara umum terdiri dari orientasi atau tahap perkenalan baik tokoh, peristiwa, maupun latar. Komplikasi atau masalah, dan resolusi atau penyelesaian dari duduk masalah dalam cerita. Di dalamnya juga terdapat peristiwa-peristiwa yang terjalin membentuk alur. Bahkan ciri kebahasaan dari ketiga teks juga hampir sama memakai majas, kata/kalimat emotif dan di dalamnya terdapat obrolan antar tokoh. Ketiga teks ini juga mengandung pesan moral untuk pembaca atau amanat. Tujuan komunikasi ketiganya yaitu untuk menghibur dan mendidik. Nah, di mana letak perbedaannya?

Masih sering dijumpai kesalahan-kesalahan yang dilakukan ketika menulis ketiga teks tersebut. Saat ditugasakan menulis cerpen, masih banyak yang menulis teks dongeng fantasi ataupun teks fabel, dan sebaliknya. Agar kau tidak salah dalam membedakan ketiga teks tersebut, berikut klarifikasi perihal perbedaan dari ketiga teks tersebut.

Perbedaan Teks Cerita Fantasi, Teks Cerita Fabel, dan Teks Cerpen.
 Ketiga teks tersebut juga merupakan potongan dari genre narasi atau sama Perbedaan Teks Cerita Fantasi, Teks Cerita Fabel, dan Teks Cerpen.
Pembahasan Singkat Tentang Teks Cerita Fantasi
Teks Cerita Fantasi merupakan dongeng yang mengungkapkan hal-hal supranatural/kemisteriusan atau keghaiban yang tidak ditemui dalam dunia nyata. Pada dongeng fantasi hal yang mustahil dijadikan biasa. Tokoh dan latar diciptakan penulis tidak ada di dunia kasatmata atau modifikasi dunia nyata. 
 Ketiga teks tersebut juga merupakan potongan dari genre narasi atau sama Perbedaan Teks Cerita Fantasi, Teks Cerita Fabel, dan Teks Cerpen.
Ide dongeng dalam teks dongeng fantasi tidak dibatasi oleh realitas atau kehidupan nyata. Tema yang ditonjolkan dalam dongeng fantasi ialah magic, supranatural atau futuristik

Tokoh utama dalam teks dongeng fantasi mempunyai tabiat yang unik dan tidak ada dalam kehidupan sehari-hari, dan selalu mempunyai kekuatan supranatural.

Latar dalam teks dongeng fantasi terjadi dalam dua latar yaitu latar yang masih ada dalam kehidupan kasatmata dan latar yang tidak ada dalam kehidupan nyata.

Contoh judul teks dongeng fantasi: Kekuatan Ekor Biru Nataga, Berlian Tiga Warna, Belajar Dengan Gajah Mada, dan sebagainya.

Pembahasan Singkat Tentang Teks Cerita Fabel
Teks dongeng fabel merupakan teks yang berisi dongeng perihal kehidupan binatang yang berprilaku mirip manusia. dongeng dalam fabel bukan kisah perihal kehidupan nyata.
 Ketiga teks tersebut juga merupakan potongan dari genre narasi atau sama Perbedaan Teks Cerita Fantasi, Teks Cerita Fabel, dan Teks Cerpen.
Tokoh-tokoh dalam teks dongeng fabel ialah hewan yang mempunyai sifat dan abjad insan ada yang baik dan ada juga yang buruk. Karena fabel merupakan dongeng binatang maka latar yang dipakai berupa hutan, kolam, sungai, alam bebas dan sebagainya.

Contoh judul teks dongeng fabel: Kancil dan Buaya, Rusa Yang Sombong, Gajah dan Kura-Kura Pembohong, Sahabat Pak Rusa, dan sebagainya.

Pembahasan Singkat Tentang Teks Cerita Pendek (Cerpen)
Teks Cerpen merupakan teks yang berisi cerita perihal kehidupan insan secara khusus. Atau dongeng perihal duduk masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam cerpen diceritakan satu babak dalam kehidupan seseorang dan biasanya tidak menyebabkan perubahan nasib tokoh. 
 Ketiga teks tersebut juga merupakan potongan dari genre narasi atau sama Perbedaan Teks Cerita Fantasi, Teks Cerita Fabel, dan Teks Cerpen.
Dalam teks cerpen tema yang diangkat ialah duduk masalah dalam kehidupan insan contohnya percintaan, keluarga, persahabatan, pendidikan, dan sebagainya.

Contoh judul teks cerpen: Rahasia Ridu, Dilarang Mencintai, Jalan Lain Ke Roma, Panen Terakhir, dan sebagainya.

Meskipun secara umum Teks Cerita Fantasi, Teks Cerita Fabel, dan Teks Cerpen mempunyai banyak kesamaan alasannya ialah merupakan jenis narasi, ketiga teks tersebut mempunyai ciri khas yang berbeda-beda kalau ditelaah dari segi unsur pembangunnya.

Sekarang kau sudah sanggup membedakan mana teks yang termasuk fantasi, fabel dan cerpen. Jangan salah menulis ya!!!

Demikianlah pembahasan singkat tentang Perbedaan Teks Cerita Fantasi, Teks Cerita Fabel, dan Teks Cerpen. Semoga bermanfaat.

Sumber http://armandrivay.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Teks Kisah Fantasi, Teks Kisah Fabel, Dan Teks Cerpen."

Posting Komentar