Pengertian Bidang Atau Diagram Cartesius

Dalam mempelajari bahan himpunan, fungsi, dan persamaan garis lurus kita akan mengenal yang namanya bidang atau diagram Cartesius. Apa itu bidang atau diagram Cartesius?

Diagram Cartesius ialah sistem kordinat yang dipakai untuk meletakan titik pada penggambaran objek menurut pemasukan nilai pada sumbu x dan nilai pada sumbu y dimana titik pertemuan ini nilai dari sumbu x dan sumbu y titik kordinat dibentuk. Jadi, diagram Cartesius dipakai untuk memilih tiap titik dalam bidang dengan memakai dua bilangan yang biasa disebut koordinat x dan koordinat y dari titik tersebut. Di mana x disebut absis dan y disebut ordinat.

Titik-titik pada koordinat Cartesius merupakan pasangan titik pada sumbu-x dan sumbu-y (x, y). Perpotongan antara sumbu-x dan sumbu-y di titik 0 (nol) disebut sentra koordinat. Untuk bab atas sumbu y bernilai positif, sedangkan pada bab bawah sumbu y bernilai negatif. Begitu juga pada sebelah kanan sumbu x bernilai positif, sedangkan pada sebelah kiri sumbu x bernilai negatif. Untuk misalnya silahkan lihat gambar di bawah ini.
 dan persamaan garis lurus kita akan mengenal yang namanya bidang atau diagram Cartesius Pengertian Bidang atau Diagram Cartesius
Bidang Cartesius

Perhatikan diagram Cartesius pada gambar di atas. Warna ungu (violet) merupakan sentra koordinat yaitu titik (0,0) yang artinya sumbu x dan y bernilai nol. Untuk warna hijau, pada sumbu x bernilai 2 dan sumbu y bernilai 3 maka koordinat dalam bidang cartesius ditulis (2,3). Untuk warna merah, pada sumbu x bernilai  – 3 dan sumbu y bernilai 1 maka koordinat dalam bidang cartesius ditulis (– 3, 1). Sedangkan untuk warna biru, pada sumbu x bernilai  – 3 dan sumbu y bernilai 1 maka koordinat dalam bidang cartesius ditulis (–1.5 , –2.5).

Menurut wikipedia, istilah Cartesius dipakai untuk mengenang hebat matematika sekaligus filsuf dari Perancis berjulukan Descartes. Beliau mempunyai peranan yang sangat besar dalam menggabungkan aljabar dan geometri (Cartesius ialah latinisasi untuk Descartes). Hasil kerjanya sangat kuat dalam perkembangan geometri analitik, kalkulus, dan kartografi.

Contoh bahan yang berkaitan dengan bidang atau diagram cartesius yakni cara menggambar grafik persamaan garis lurus pada bidang Cartesius dan cara menyajikan suatu relasi. Demikian ulasan Mafia Online perihal pengertian bidang atau diagram Cartesius. Semoga bermanfaat. Salam Mafia => Kita niscaya bisa.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Bidang Atau Diagram Cartesius"

Posting Komentar