√ Kuis Viral Pilahpilihpilpres.Com Akan Mengatasi Kebingunganmu Di Pemilu

 Apakah ada yang masih galau memilih calon presiden √ Kuis Viral PilahPilihPilpres.com Akan Mengatasi Kebingunganmu di Pemilu
Foto: Screenshot Teknologi.id

Teknologi.id – Pemilu 2019 akan berlangsung besok, Rabu (17/4/2019). Apakah ada yang masih galau memilih calon presiden-calon wakil presiden? Situs PilahPilihPilpres.com mungkin sanggup membantu-mu dalam menentukan pilihan.


Situs PilahPilihPilpres.com ini menghadirkan kuis yang bertujuan untuk membantu pemilih memahami kecocokan preferensi pribadi dengan agenda maupun gagasan kedua pasangan calon Pemilu 2019.


“Tujuannya membantu mengedukasi publik ihwal substansi kedua calon dari segi kebijakan serta membantu mengukur seberapa cocoknya dengan pendirian masing-masing orang,” ujar salah satu tim PilahPilihPilpres, Asanilta Fahda (24) menyerupai dikutip Teknologi.id dari Kompas.com pada Selasa (16/4/2019).


Baca juga: Lindungihakpilihmu.kpu.go.id, Cara Cek Nama dan Lokasi TPS via Online 


Ada 16 pertanyaan dalam kuis


Pada halaman depan situs, pengguna akan diberikan beberapa aba-aba sebelum menjawab 16 pertanyaan yang akan diajukan. Instruksi itu menyerupai menjawab opsi yang tersedia. Jika tidak yakin menjawab, sanggup dilewati dan membaca klarifikasi dari hasil tamat yang didapat.


“Pertanyaan-pertanyaan awalnya mau 20 untuk cover aneka macam isu, tapi sayangnya dalam aneka macam isu ada yang pendirian paslonnya tidak konsisten atau terlalu mengawang-awang, jadi enggak sanggup kami masukkan,” ujar Asanilta menyerupai dikutip dari Kompas.com pada Selasa (16/4/2019).


Misalnya, salah satu pertanyaan berisi, “Menurut Anda, langkah apa yang perlu diprioritaskan untuk mengurangi risiko korupsi oleh pejabat publik?”


Maka ada sejumlah opsi tanggapan yang merupakan solusi atau agenda yang ditawarkan paslon terkait dilema itu. Lalu dari mana sumber tanggapan itu didapat?


“Sumbernya sebagian besar dari debat dan berita, juga dari visi-misi kedua calon. Yang niscaya sumbernya dari pernyataan capres/cawapres,” kata dia.


Setelah menjawab 16 pertanyaan yang diberikan, maka akan muncul klarifikasi mengenai seberapa jauh pandangan dan preferensi kebijakan pengguna kuis sanggup terwakili dalam Pilpres 2019.


Selain itu, Tim PilahPilihPilres.com juga menyediakan klarifikasi pada tiap pertanyaan dan jawaban.


Baca juga: Cara Cek Nama di DPT Pemilu 2019 Lewat Aplikasi 


Terinspirasi golput


Situs PilahPilihPilpres.com dibuat secara bersama oleh Asanilta Fahda (24), Audhina Nur Afifah (24), Eduard Lazarus (24), Feryandi Nurdianto (23), Fikri Khalqih Simeulue (24).


Latar belakang dibuatnya situs ini ialah karena banyak yang tidak mau menentukan dengan alasan tidak memahami capres-cawapres.


Padahal, orang-orang yang tidak mau menentukan itu sebetulnya punya preferensi akan figur yang mereka inginkan. “Alasannya sebetulnya sebab teman aku ada yang nge-twit, kayaknya mau golput sebab ‘enggak ngikutin’ dan ‘enggak mengerti’. Lalu kayaknya sulit untuk mengejar semua info ihwal kedua paslon dalam waktu singkat,” ujar Asanilta.


Asalnita menyampaikan bahwa dirinya tidak anti-golput. Namun, berdasarkan dia, paling tidak orang yang menentukan golput sanggup paham akan informasi pilihannya, bukan sebab tidak paham.


Oleh sebab itu, Asanilta berharap bahwa kuis ini paling tidak membantu orang meningkatkan pemahaman terhadap substansi yang ditawarkan kedua paslon.


Namun Asanilta menyarankan semoga tidak menyebabkan hasil kuis sebagai pertimbangan tamat dikala memilih.


“Saya berharap melalui inisiatif menyerupai ini, akan muncul banyak inisiatif lain untuk meningkatkan pengalaman berdemokrasi di Indonesia,” kata dia seperti dikutip dari Kompas.com pada Selasa (16/4/2019).


(DWK)



Sumber https://teknologi.id

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Kuis Viral Pilahpilihpilpres.Com Akan Mengatasi Kebingunganmu Di Pemilu"

Posting Komentar