Cara Mengubah Tipe Data Kolom Tabel Mysql Di Laravel 5.4


Melalui tutorial ini saya ingin menjelaskan bagaimana caranya mengubah tipe data dalam tabel database MySQL memakai fitur migrasi di Laravel. Langsung saja berikut struktur tabel database sebelum saya ubah:


Saya berencana ingin mengubah tipe data pada kolom nama dari varchar(255) menjadi tipe TEXT.

Berikut langkah-langkah mengubah tipe data tersebut. Pertama saya akan buat file migrasi gres dengan nama alter_nama_to_string_on_bendera_table dengan perintah:

 php artisan make:migration alter_nama_to_text_on_bendera_table

jikalau berhasil, maka jadinya akan menyerupai mirip pada gambar di bawah ini:



dari gambar di atas terlihat bahwa telah tercipta sebuah file dengan nama 2017_03_09_014929_alter_nama_to_text_on_bendera_table.php did alam folder database/migrations/

saya buka file tersebut dengan perintah:

 vim database/migrations/2017_03_09_014929_alter_nama_to_text_on_bendera_table.php

berikut isi dari file tersebut:

kemudian saya tambahkan sedikit script untuk merubah tipe data kolom nama dari varchar ke text sehingga scriptnya menjadi menyerupai berikut:

sebelum dilakukan migrasi, kita harus menginstall modul gres yakni doctrine/dbal dengan menjalankan perintah:

 composer require doctrine/dbal

jikalau berhasil, maka proses instalasi-nya terlihat menyerupai berikut:


sesudah itu saya jalankan proses perubahan tipe data dengan perintah:

 php artisan migrate

jikalau berhasil, maka prosesnya akan terlihat menyerupai berikut:


kemudian saat saya lihat lagi kolom bendera, maka jadinya menyerupai berikut:


silakan lihat pada baris nama, dari varchar(255) sudah berkembang menjadi text. Selamat mencoba ya :-)
Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengubah Tipe Data Kolom Tabel Mysql Di Laravel 5.4"

Posting Komentar