Kenal Lebih Dalam Dengan Fakultas Ekonomi Yuk!

Ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos dan nomos. Oikos yakni rumah tangga dan nomos berarti ilmu. Jadi, ekonomi adalah sebuah kondisi yang merujuk pada pengertian perihal acara manusia. Terlebih pada perjuangan untuk bisa mengolah sumber daya yang ada di lingkungan sekitarnya, sebagai alat pemenuh kebutuhan hidup.

Ekonomi Foto: kenan-flagler

Ekonomi selalu menjadi ilmu yang menarik untuk dikulik. Mengapa? Masalah perekonomian acap kali menjadi perbincangan utama dalam kehidupan kita sehari-hari, baik itu lingkup nasional maupun dunia internasional. Perekonomian dunia yang selalu diwarnai dengan banyak sekali tantangan menciptakan perusahaan-perusahaan melirik lulusan dengan pengetahuan ekonomi yang mendalam. Hal ini menciptakan fakultas ini menjadi serbuan para calon mahasiswa. Terbukti dengan banyaknya pendaftar yang mempunyai basic sains (IPA) namun mendaftar di bidang yang mempunyai basic sosial ini. Tak heran kalau beberapa institut teknologi di Indonesia yang sebelumnya hanya mempunyai jurusan IPA, kini juga membuka acara Ekonomi. Salah satunya, Institut Teknologi Bandung dengan Program Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM).

Mungkin banyak di antara kau yang sesaat lagi mengikuti SBMPTN dan menentukan Fakultas Ekonomi, namun masih kurang paham menyerupai apa jurusan ini. Yuk, kenalan lebih jauh!

Fakultas Ekonomi yakni semi IPA dan IPS

Ekonomi merupakan salah satu fakultas yang banyak diminati oleh para alumni SMA jurusan IPA dan IPS. Penyebabnya, di fakultas ini, kau tidak akan berguru sosial secara penuh namun juga berguru pelajaran eksak menyerupai matematika. Bahkan untuk akuntansi, kau harus mempunyai kemampuan di bidang matematika yang baik sebab akan menghadapi pembukuan dengan penuh hitung-hitungan. Fakultas ini juga mempelajari perihal banyak sekali pemodelan dan persamaan sosial secara matematis.

Ekonomi Foto: cfd-broker

Jurusan Ekonomi itu Applicable

Ketika menentukan jurusan, niscaya kau akan memperhitungkan prospek ke depan dari jurusan tersebut. Hal ini yakni salah satu yang menciptakan fakultas ini sangat terkenal dikalangan pelajar. Jika kalian lihat dari semua perusahaan yang ada dikala ini, niscaya secara umum dikuasai mempunyai divisi yang berkaitan dengan bidang ini menyerupai Marketing, Business Analyst, Keuangan, dan lain-lain. Ini menunjukan bahwa Fakultas Ekonomi sangat applicable atau sanggup digunakan di perusahaan manapun sehingga kesempatan untuk mendapat pekerjaan sehabis lulus semakin besar. Bahkan di kala teknologi menyerupai dikala ini, sangat diharapkan untuk digital marketing dengan mengolaborasikan antara ilmu ekonomi dengan teknologi.

Pilih Manajemen, Akuntansi, atau Ilmu Ekonomi?

Fakutas Ekonomi secara umum dibagi menjadi 3 acara studi yaitu Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi. Dari ketiga acara studi tersebut, ada beberapa perbedaan mendasar. Manajemen lebih mempelajari bagaimana mengelola sebuah perusahaan atau institusi dari banyak sekali aspek yang berafiliasi dengan perekonomiannya. Seperti pemasaran, keuangan, operation, dan sumber daya manusia. Manajemen tidak hanya bagaimana mengelola hal-hal yang berkaitan dengan profit atau uang lho. Termasuk juga hal lainnya menyerupai mengelola yayasan, pemerintah, atau organisasi kepemudaan. Sedangkan Akuntansi akan lebih berguru perihal pencatatan, auditing, jurnal, dan sistem di dalamnya. Akuntansi sangat mempunyai kegunaan dalam perusahaan untuk menentukan seni administrasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Kalau Ilmu Ekonomi, kau akan mempelajari perihal ekonomi secara murni menyerupai melaksanakan pemodelan sosial untuk menghitung fenomena-fenomena sosial.

Kalau kau ingin menekuni bidang ini, harus giat dan mau bekerja keras. Kamu tidak akan hanya berguru perihal kebijakan fiskal dan moneter ya. Pelajaran yang lebih penting yaitu pengaplikasian prinsip-prinsip ekonomi dalam kasus nyata. Makara selama kuliah nanti, kau dituntut biar bisa berpikir logis serta lihai menganalisis.

Apa kini kau sudah semakin mengenal Fakultas Ekonomi?

*Artikel ini ditulis menurut hasil bincang-bincang dengan Rangga Husnaprawira, Ignasius Ryan Hasim, dan Laura Grace Gabriela pada acara Ask Me Anything episode Ekonomi yang telah diselenggarakan oleh Ruangguru.com pada Rabu, 11 Mei pukul 20.00.

[embed]https://www.facebook.com/ruanggurucom/videos/976733012423394/[/embed]

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenal Lebih Dalam Dengan Fakultas Ekonomi Yuk!"

Posting Komentar