Inilah Sosok Guru Terbaik Di Dunia, Hanan Al Hroub

Menurutmu guru terbaik itu menyerupai apa sih sosoknya? Penyabar, berpikiran terbuka, santai, atau jarang memberi tugas? Nah, kau perlu kenalan nih dengan seorang perempuan yang dinobatkan sebagai guru terbaik di dunia. Bayangkan betapa bangganya alasannya ialah rekor dunia berhasil ia taklukkan.


terbaik di dunia
Foto: cdn.com

 

Hanan Al Hroub, seorang guru Palestina yang berhasil menyabet penghargaan guru terbaik dalam ajang Global Teacher Prize. Penghargaan ini diadakan oleh  “James Varkey” International Foundation, yayasan sosial milik perusahaan pendidikan internasional, GEMS. Tujuannya ialah meningkatkan status profesi guru. Lebih dari 8 ribu orang lho yang memperebutkan pengharagaan ini! Kira-kira, apa yang membuatnya dinobatkan sebagai guru terbaik sedunia?

Ternyata, ia dinilai berjasa mengajarkan prinsip anti kekerasan pada generasi muda Palestina. Wanita berusia 43 tahun ini tumbuh besar di kamp pengungsi Palestina akrab Betlehem. Kesehariannya dijalankan untuk menjadi pengajar bagi para pengungsi. Keputusan untuk mengajar diambilnya sehabis anak didiknya melihat penembakan pulang sekolah. Dari sana, ia berpikir mencari jalan keluar semoga guru sanggup membantu bawah umur yang mengalami trauma. Tak heran kalau ia jago menangani bawah umur yang menderita syok kekerasan.

 

terbaik di dunia Foto: sputniknews.com

 

Ia berhasil memenangkan babak selesai kompetisi ini melalui penemuan kreatif dalam metode pengajarannya. Hroub memakai teknik bermain melalui cara-cara sederhana sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu dan mengubah sikap anak. Ia juga membangun iman bersama dengan para penerima didik, serta menanamkan nilai-nilai watak sebelum pengajaran dimulai.

 

terbaik di dunia Foto: globalresearch.com

 

Dalam pidato kemenangannya, ia menyampaikan bahwa sosok guru sanggup mengubah dunia. Ia pun menambahkan "Saya gembira menjadi guru perempuan Palestina yang berdiri di atas panggung ini,". Guru yang memiliki slogan "No to violence" ini mengajar bawah umur mengenai non-kekerasan. Ia pun telah menulis buku berjudul 'We Play and Learn' , yang memusatkan perhatian pada pentinganya bermain, kepercayaan, rasa hormat, kejujuran, dan melek huruf.

 

terbaik di dunia Foto: unrwa.org

 

Psst, penghargaan ini ia raih di tengah-tengah kondisi Palestina dan Israel bersitegang. Uang senilai 1 juta dolar sebagai hadiah dari prestasinya tersebut pun dialokasikan untuk membantu para siswanya. Ia bersaing dengan 10 kandidat dari negara Pakistan, India, Inggris, Australia, Kenya, Finlandia, Jepang dan dua guru dari Amerika Serikat.

Kalau kamu, siapa menurutmu guru terbaik versimu? Atau bagi kau yang berprofesi sebagai guru, sudahkah kau jadi guru terbaik? Selamat berinovasi! (TN)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Sosok Guru Terbaik Di Dunia, Hanan Al Hroub"

Posting Komentar