Cara Uninstall Aplikasi Di Ubuntu Server


Seperti pengguna sistem operasi pada umumnya, kita sebagai user juga niscaya akan melaksanakan administrasi aplikasi menyerupai install, uninstall dan konfigurasi suatu aplikasi. Jika di sistem operasi Ubuntu Desktop kita dapat memanfaatkan antarmuka menyerupai ubuntu software center, maka di Ubuntu server kita dibantu dengan aplikasi menyerupai dpkg atau apt-get.

Jadi untuk melaksanakan pengelolaan aplikasi menyerupai install dan uninstall di Ubuntu Server, kita dapat memanfaatkan tools apt-get atau dpkg. Sebenarnya di Ubuntu Desktop juga memanfaatkan tools yang sama (apt-get atau dpkg) hanya saja dibungkus dengan antarmuka yang memaksimalkan fungsi mouse.

Begini cara melaksanakan uninstall memakai aplikasi apt-get:

Misalnya saya ingin melaksanakan uninstall aplikasi dengan nama tree, maka saya tinggal menjalankan perintah:

 sudo apt-get remove tree

berikut hasilnya:


saya tinggal tekan tombol Y [enter], maka aplikasi tree akan di uninstall. Hanya saja aplikasi konfigurasi yang dilakukan aplikasi tree yang di install tidak akan terhapus di dalam sistem operasi, sehingga anda dapat menginstall lagi tanpa harus memerlukan koneksi internet dan konfigurasi ulang. 

Jika anda ingin aplikasi yang anda install tersebut dihapus semuanya (aplikasi installer, konfigurasi dan lain sebagainya) anda dapat memakai perintah:

 sudo apt-get purge tree

kemudian untuk menghapus file installernya yang tersimpan di dalam system, and abisa menjalankan perintah:

 sudo apt-get autoremove

Praktis bukan, melaksanakan pembatalan instalasi di Ubuntu Server? Selamat mencoba ya.
Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Uninstall Aplikasi Di Ubuntu Server"

Posting Komentar