Cara Menghapus Seluruh Konfigurasi Iptables Firewall Di Ubuntu Server


Jika di tutorial sebelumnya aku menjelaskan bagaimana menghapus salah satu hukum konfigurasi firewall iptables, maka kali ini aku akan mengatakan cara menghapus seluruh hukum pada suatu tabel (FILTER, NAT, MANGLE). Misal aku lihat dulu isi hukum firewall di tabel FILTER dengan perintah:

 sudo iptables -t filter -L

maka kesudahannya menyerupai berikut:


dari hasil di atas terlihat bahwa tabel filter mempunyai hukum firewall di sub tabel OUTPUT dan sub tabel INPUT.

Misalnya aku ingin menghapus seluruh hukum di subtabel INPUT dari tabel filter, maka aku tinggal menjalankan perintah:

 sudo iptables -t filter -F INPUT

maka kesudahannya kalau dilihat memakai perintah:

 sudo iptables -t filter -L

terlihat menyerupai berikut sesudah dihapus:


dari hasil di atas terlihat bahwa seluruh hukum firewall iptables di subtabel INPUT sudah hilang, kita tidak perlu menghapusnya satu per satu. Lalu bagaimana kalau aku ingin menghapus seluruh konfigurasi di tabel input dan seluruh subtablenya? Saya tinggal menjalankan perintah:

 sudo iptables -t filter -F

maka seluruh hukum yang tersimpan di subtabel INPUT, OUTPUT dan FORWARD di tabel filter akan terhapus. Perlu anda ketahui, bahwa opsi -F yang dipakai untuk menghapus hukum firewall bermakna flush.






Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghapus Seluruh Konfigurasi Iptables Firewall Di Ubuntu Server"

Posting Komentar