Cara Menciptakan Controller Di Laravel 5.4

Melalui artikel sebelumnya sudah pernah dibahas bahwa Laravel memakai metode MVC, Model View Controller, dimana kebijaksanaan kegiatan ada di bab Controller. Jika di tutorial sebelumnya sudah dibahas bagaimana memakai routing dasar di Laravel 5.4, maka di tutorial kali ini aku akan membahas bagaimana menciptakan dan memakai controller sederhana.

Tutorial ini juga merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya yang berjudul:

Untuk menciptakan controller di Laravel, sangatlah mudah, contohnya aku ingin menciptakan controller dengan nama testController, maka aku tinggal menjalankan perintah:

 php artisan make:controller testController

kalau berhasil, maka akan tercipta sebuah file yang berlokasi di app/Http/Controllers/ dengan nama testController.php di dalam root folder framework laravel.

Makara file testController itu berfungsi untuk memisahkan kebijaksanaan kegiatan semoga tidak terlalu banyak dibebankan ke file routes/web.php

Sehingga setiap request yang dikelola testController akan didapatkan dari web.php. Masih bingung?

Mari aku praktekkan, pertama aku akan buka file di routes/web.php kemudian aku tambahkan script menyerupai di bawah ini:

 Route::get('/test2', 'testController@test');


maksud dari script di atas yaitu setiap ada request test2 dari browser, maka request tersebut akan di handle oleh testController di fungsi test.

kalau dilihat di file web.php jadinya terlihat menyerupai berikut:

sesudah itu, aku akan buka file app/Http/Controllers/testController.php kemudian tambahkan script menyerupai di bawah ini:

sedangkan isi dari file yang berlokasi di resources/views/test.blade.php yaitu menyerupai berikut:

sehingga dikala aku coba kanal aplikasi laravel dari browser melalui url:

 localhost:8000/test2

jadinya menyerupai berikut:





Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menciptakan Controller Di Laravel 5.4"

Posting Komentar