Cara Konfigurasi Cacti Untuk Monitoring Jaringan Windows Host

Karena aku masih asyik mengeksplorasi cacti dan monitoring, maka tutorial yang aku posting pun masih berkutat di network monitoring, semoga pembaca tidak bosan ya? Panduan yang aku tuliskan ini membahas bagaimana cara menambahkan host windows untuk di monitoring jaringannya melalui aplikasi cacti.

Tutorial ini merupakan kelanjutan dari beberapa tutorial sebelumnya yaitu:
Pertama tentu saja aku harus memastikan bahwa server cacti dapat berkomunikasi dengan sasaran hosts, caranya memakai test ping antara sasaran host dan cacti. Setelah itu aku harus login ke dalam cacti, kemudian sehabis berhasil login aku menentukan sajian devices:

kemudian akan muncul list devices yang sudah di daftarkan untuk di monitoring menyerupai di bawah ini:
sebab aku mau menambahkan devices baru, tentu saja aku klik sajian Add di pojok kanan atas windows devices. Setelah itu aku diarahkan ke sajian konfigurasi devices baru. Saya buat konfigurasi devices gres (windows 10) tersebut menyerupai berikut ini:

Saya samakan SNMP community di konfigurasi cacti di atas sesuai dengan SNMP community yang aku buat di sasaran host, kemudian sasaran host yang akan aku tambahkan, aku beri nama windows. Kemudian klik create, sehabis berhasil menambahkan devices gres akan ada notifikasi menyerupai di bawah ini:

Jika tampilan di komputer anda sama dengan tampilan dengan gambar di atas, itu berarti Devices berhasil ditambahkan di aplikasi cacti, langkah selanjutnya yakni menciptakan graph untuk devices ini. Masih tetap di halaman yang sama, aku kemudian klik sajian Create Graph for This Host di pojok kanan atas, kemudian akan muncul sajian konfigurasi graph yang akan di buat:



dari gambar di atas, nampak seluruh interfaces jaringan yang dapat di monitoring oleh cacti, aku pilih nomer 4 (192.168.2.13) kemudian klik tombol create di pojok kanan bawah. Jika berhasil dibuat, maka akan ada notifikasi menyerupai gambar berikut ini:


sehabis itu aku akan buat graph tree gres untuk menampung grapfik yang barusan di buat. Saya kembali ke sajian utama di sebelah kiri, kemudian klik Graph tree:


Setelah itu akan muncul list graph tree yang sudah dibentuk menyerupai berikut ini:


Saya buat folder Graph Tree gres dengan menekan tombol Add di pojok kanan atas, kemudian sehabis muncul windows konfigurasi aku buat konfigurasinya menyerupai berikut:

Saya buat folder di graph tree dengan nama client, kemudian klik create. Kemudian di bawah akan muncul Tree items menyerupai gambar berikut:


kemudian pada sajian Tree Items klik Add di pojok kanan, sehabis itu akan muncul windows tree items, kemudian aku buat konfigurasi grafiknya menyerupai berikut:



Maksud sajian di atas yakni untuk menambahkan Host yang mau ditampilkan grafiknya lewat folder Client pada graph Tree, sehabis itu klik tombol create. Jika berhasil disimpan konfigurasi penambahan itemsnya, maka akan terlihat menyerupai berikut:


Lihat pada pecahan sajian Tree Items, telah muncul host yang dapat dilihat grafiknya. Untuk mengetest, apakah items (Windows) tersebut muncul di graph tree, maka silakan klik Tab Graphs di atas:


maka di samping kiri akan muncul tree folder client dan item host yang di monitoring:


Tunggu beberapa ketika biar aplikasi dapat melaksanakan colecting data, maka akibatnya akan terlihat menyerupai berikut:


Praktis bukan melaksanakan konfigurasi cacti untuk monitoring jaringan windows client. Pada goresan pena selanjutnya aku akan bahas bagaimana cacti juga dapat dipakai untuk melaksanakan monitoring pemakaian storage dan CPU di windows host selain untuk monitoring jaringan. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung.

Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Konfigurasi Cacti Untuk Monitoring Jaringan Windows Host"

Posting Komentar