Ternyata, 5 Perusahaan Startup Ini Yang Mengubah Dunia!

Hi, Smart Buddies! Kalian mencicipi gak sih kalau zaman kini dan dikala orangtua kita masih muda kehidupannya jauh berbeda? Seiring kemajuan teknologi, kehidupan insan juga berkembang sama pesatnya. Apalagi sesudah bermunculannya smart phone, info yang dulu sangat sulit didapatkan, kini sudah tersedia di saku celana kita. Coba bayangkan, kalau dahulu orangtua kita menikmati bermain di lapangan terbuka, kini kita lebih menentukan bermain dengan ponsel kita.

Dahulu ke mana-mana harus naik angkutan umum, kini kita sanggup memesan ojek online. Mencari penginapan, bersosialisasi dengan teman, ataupun melaksanakan pembayaran. Semua sudah sanggup dilakukan tanpa bersusah payah, hasil pinjaman teknologi. Hal ini disebabkan oleh banyaknya startup yang telah melaksanakan banyak sekali inisiatif perubahan. Startup ialah perusahaan rintisan yang belum usang beroperasi dan masih berada di tahap pengembangan. Penasaran kan, startup apa saja yang sudah kuat untuk dunia? Yuk, berkenalan!

1. Uber

perusahaan startup - Tampilan aplikasi Uber. Tampilan aplikasi Uber. (sumber: huffingtonpost.com)

Pernahkah kau mendengar nama Uber? Bagi sebagian masyarakat di Indonesia, aplikasi ini terdengar cukup erat untuk memudahkan kita dikala berpergian. Uber intinya sama ibarat layanan taksi, namun ia membuat aplikasi yang sanggup menghubungkan antara pemesan dengan pengemudi. Aplikasi tersebut terhubung berkat adanya fitur global positioning system (GPS), sehingga posisi keduanya sanggup dilihat pada layar ponsel. Praktis, mudah, dan cepat membuat Uber menjadi unggul dan banyak dipakai orang.

Kini, Uber telah merambah pasar global dan telah beroperasi di 58 negara dan 290 kota. Saat ini juga diperkirakan Uber sudah mempunyai 40 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Startup yang dipimpin oleh Travis Kalanick ini telah berhasil mengubah cara kita berpergian.

2. Airbnb

perusahaan startup - Tampilan pada Airbnb. Tampilan pada Airbnb. (sumber: play.google.com)

Satu lagi, startup yang kerap erat dengan para wisatawan. Airbnb merupakan aplikasi peminjaman ruangan. Para turis akan tersambung melalui internet menentukan tempat dimana mereka akan menginap. Berbeda dengan situs pencarian hotel, Airbnb justru menyewakan ruangan dari properti milik pribadi.  Misalnya, kau sanggup menginap di salah satu rumah penduduk lokal dikala kau berkunjung ke Bali. Seru, kan? Terlebih, desain tampilan website Airbnb yang menarik juga membuat startup ini menjadi rekomendasi dari banyak sekali kalangan.

Sejak tahun 2008 Airbnb telah mengalami perkembangan pesat. Saat ini, situs asal California, Amerika Serikat ini telah menjadi pemimpin global di antara bermacam-macam situs penginapan. Kini, Airbnb telah beroperasi di 190 negara dan 34 ribu kota. Tercatat, lebih dari 40 juta peminjaman telah dilakukan melalui Airbnb. Apakah kau salah satunya? Wah, yang terang Brian Checsky selaku CEO telah berhasil memimpin Airbnb dalam mengubah cara kita berwisata dan menginap. Keren ya?

3. Instagram

perusahaan startup - Melakukan login pada instagram. Melakukan login pada instagram. (sumber: androidtipster.com)

Siapa yang belum kenal Instagram? Hmm, rasanya hampir seluruh anak muda di dunia sudah tahu benar mengenai fungsi media umum satu ini ya? Inilah aplikasi membuatkan foto yang populer dengan fitur filter-nya untuk meningkatkan kualitas foto. Instagram pada awalnya, sangat jauh berbeda dengan yang terlihat sekarang. Pada awalnya, startup yang dirintis oleh Kevin Systrom ini berjulukan Burbn yang bertujuan untuk menggabungkan fitur membuatkan foto dan games. Seiring berjalannya waktu, Burbn dirombak menjadi Instagram dengan menghilangkan fitur permainan dan hanya fokus pada fitur membuatkan foto. Melalui fitur following, follower, love, dan comment, para penggunanya menjadi gampang berinteraksi.

Jika kau membandingkan dengan media umum lainnya, dikala ini Instagram menjadi aplikasi yang paling booming untuk digunakan. Menurut pihak Instram, telah tercatat sebanyak 300 juta pengguna aktif setiap bulannya. Bahkan, rata-rata foto yang diunggah setiap harinya mencapai 60 juta dan menghasilkan 1,6 Milyar likes! Tidak heran kalau aplikasi ini dianggap sebagai salah satu pengubah gaya hidup sebagian orang khususnya dalam bersosialisasi dan fotografi.

4. Facebook

perusahaan startup - Salah satu logo Facebook di kantornya daerah Menlo Park, California Salah satu logo Facebook di kantornya daerah Menlo Park, California (sumber: japantimes.co.jp)

Inilah raksasa media umum ciptaan Mark Zuckerberg yang sudah banyak dipakai orang Indonesia dari banyak sekali usia. Tahukah kau bahwa Facebook telah populer diseluruh dunia dan sudah tersedia dalam 37 bahasa berbeda, lho! Fitur dari Facebook pun sudah sangat banyak. Membuat profil maya, mengunggah foto serta video, dan mengirim pesan merupakan akomodasi yang kerap umum dilakukan oleh penggunanya. Selain itu, terdapat pula fitur grup, halaman, bisnis (iklan), dan permainan yang sanggup diakses melalui aplikasi mobile phone maupun website.

5. PayPal

perusahaan startup - Kantor PayPal di Amerika Serikat. Kantor PayPal di Amerika Serikat. (sumber: qz.com)

Ide dibalik startup ini gotong royong sederhana, dengan melibatkan internet dalam bertransaksi uang. Sistem ini sudah dinilai kondusif dan diterima oleh kalangan luas. PayPal bahkan sudah menjadi partner eBay, salah satu marketplace jual beli terbesar di dunia. Menurut majalah Forbes, PayPal diakui sebagai situs pembayaran nomor satu di dunia. Rasanya hal tersebut wajar, lantaran ada 100 juta orang yang aktif menggunakannya di 190 pasar yang berbeda.

Wah, luar biasa sekali ya pencapaian 5 startup di atas! Berkat terobosan kreatifnya, cara hidup kita pun jadi ikut berubah. Ruangguru juga merupakan salah satu startup yang ingin melaksanakan perubahan cara belajar. Tujuannya, supaya jalan masuk pendidikan untuk seluruh kalangan menjadi lebih mudah!

Nah, apakah kau juga pernah memakai salah satu produk startup? Yuk, ceritakan pengalamanmu di kolom komentar! (SP/RE)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata, 5 Perusahaan Startup Ini Yang Mengubah Dunia!"

Posting Komentar