Silabus Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4 Semster 2


SILABUS
Satuan Pendidikan      : SDN Ayah
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas /Semester          : IV/Genap
Tahun Pelajaran         : 2018/2019

Kompetensi Inti
1.    Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya.
2.    Memilikiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun,peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, dan guru.
3.    Memahamipengetahuan factual dengancaramengamati (mendengar, melihat, membaca) danmenanyaberdasarkan rasa ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumahdan di sekolah.
4.    Menyajikanpengetahuan factual dalambahasa yang jelasdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia.
KompetensiDasar
Indikator
MateriPembelajaran
KegiatanPembelajaran
Alokasi
Waktu
Penilaian
SumberBelajar
3.7    Menjelaskandanmelakukanpembulatanhasilpengukuranpanjangdanberatkesatuanterdekat
4.7    Menyelesaikanmasalahpembulatanhasilpengukuranpanjangdanberatkesatuanterdekat
3.7.1     MenganalisisdanmenjumlahkanPembulatanBilangan
3.7.2     ManganalisiscaraPembulatanBilangankeSatuanTerdekat
3.7.3     MenganaliscaraPembulatanBilangankePuluhanTerdekat
3.7.4     MenganalisiscaraMembulatkanBilangankedalamRatusanTerdekat
4.7.1     Menyediakanpenyelesaianmasalahpembulatanhasilpengukuranpanjangdanberatkesatuanterdekat
PembulatanhasilPengukurankesatuan, puluhanatauratusanterdekat.
·  Mengidentifikasicarapembulatankebawah, contoh: 12,4 cm dibulatkanmenjadi 12 cm dan 24,7 kg dibulatkanmenjadi 25 kg
·  Mengidentifikasicarapembulatankeatas, contoh: 12,6 cm dibulatkanmenjadi 13 cm; 28,9 kg dibulatkanmenjadi 29 kg
·  Mengukurbenda-benda di sekitarkelasatausekolahmenggunakanalatukursepertimeteran, timbangandanmelakukanpembulatanpadahasilpengukurannya
·  Menyelesaikanpermasalahan yang melibatkanpembulatan
·  Menyajikanpenyelesaianpermasalahan yang melibatkanpembulatan
12 JP
·   Penilaiansikap
·   Teslisandantulisan
·   Tespsikomotorik
·   Penugasan
·   Proyek
·   Praktik
·     BukuSiswa MATEMATIKA Kelas IV
·     BukuPetunjuk Guru MATEMATIKA Kelas IV
·     Modul/bahan ajar
·     Internet
·     Modul lain yang relevan
3.8    Menganalisissegibanyakberaturandansegibanyaktidakberaturan
4.8    Mengidentifikasisegibanyakberaturandansegibanyaktidakberaturan
3.8.1  Menjelaskanpengertiantentangsegibanyakberaturandantidakberaturan
3.8.2  Menggambarkansegibanyakberaturandantidakberaturan
3.8.3  Menghitungluasdankelilingsegibanyakberaturandantidakberaturan
4.8.1  Menyelesaikanpermasalahan yang melibatkansegibanyak
4.8.2  Menyajikanpenyelesaianpermasalahan yang melibatkansegibanyak
Segibanyak:
·   Segibanyakberaturan
·   Segibanyaktakberaturan
·  Mengenalberbagaibentuksegibanyakberaturandantakberaturandarigambaratau poster
·  Membuat diagram pengelompokansegibanyakberaturandantakberaturandanmenjelaskanalasannya
·  Menyelesaikanpermasalahan yang melibatkansegibanyak
·  Menyajikanpenyelesaian permasalahan yang melibatkansegibanyak
12 JP
·   Penilaiansikap
·   Teslisandantulisan
·   Tespsikomotorik
·   Penugasan
·   Proyek
·   Praktik
·     BukuSiswa MATEMATIKA Kelas IV
·     BukuPetunjuk Guru MATEMATIKA Kelas IV
·     Modul/bahan ajar
·     Internet
·     Modullain yang relevan
3.9    Menjelaskandanmenentukankelilingdanluasdaerahpersegi, persegipanjang, dansegitiga
4.9    Menyelesaikanmasalahberkaitandengankelilingdanluasdaerahpersegi,persegipanjang, dansegitiga
3.9.1  Mengidentifikasiberbagaibangundatarpersegi, persegipanjangdansegitiga
3.9.2  Menganalisiscaramenghitungdanmenentukankelilingpersegi
3.9.3  Menganalisiscarameghitungdanmenentukanluaspersegi
3.9.4  Menganalisiscaramenghitungdanmenentukankelilingpersegipanjang
3.9.5  Menganalisiscaramenghitungdanmenentukanluaspersegipanjang
3.9.6  Menganaliscaramenhitungdanmenentukankelilingsegitiga
3.9.7  Menganalisiscaramenghitungdanmenetukanluassegitiga
4.9.1  Menyelesaikanpermasalahan yang melibatkankelilingdanluasdaerah (persegi, persegipanjang, segitiga)
4.9.2  Menyajikanpenyelesaianpermasalahan yang melibatkankelilingdanluasdaerah (persegi, persegipanjang, segitiga)
Kelilingdanluasdaerah
·   Persegi
·   Persegipanjang
·   Segitiga
·   Mengidentifikasiberbagaibangundatarpersegi, persegipanjangdansegitiga
·   Melakukaneksplorasipengukuranbangundatarpersegi,persegipanjang, dansegitigauntukmenentukankelilingdanluasbangundatarpersegi, persegipanjangdansegitiga
·   Menggunakanrumusuntukmenentukankelilingdanluasbangundatar
·   Menyelesaikanpermasalahan yang melibatkankelilingdanluasdaerah (persegi, persegipanjang, segitiga)
·   Menyajikanpenyelesaian permasalahan yang melibatkankelilingdanluasdaerah (persegi, persegipanjang, segitiga)
12 JP
·    Penilaiansikap
·    Teslisandantulisan
·    Tespsikomotorik
·    Penugasan
·    Proyek
·    Praktik
·     BukuSiswa MATEMATIKA Kelas IV
·     BukuPetunjuk Guru MATEMATIKA Kelas IV
·     Modul/bahan ajar
·     Internet
·     Modul lain yang relevan
3.10 Menjelaskanhubunganantargaris (sejajar,berpotongan,berhimpit)menggunakanmodel konkret
4.10Mengidentifikasihubunganantargaris (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret

3.10.1   Menganalisishubunganantargaris(sejajar, berpotongan, berhimpit)
3.10.2   Menganalisissifat-sifat garis-garis sejajar, garis-garis berpotongan dan berhimpit
3.10.3   Menentukanhubunganantargaris(sejajar, berpotongan, berhimpit)
4.10.1   Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)
4.10.2   Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan kekerabatan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)
Hubunganantargaris
·   Garissejajar
·   Garisberpotongan
·   Garisberhimpit
·   Menggunakankerangkakubusataubalok, untukmengidentifikasirusuk-rusuksejajar, rusuk-rusuk yang berpotongandanberhimpit
·   Menggambargaris-garissejajar, berpotongan, danberhimpit
·   Menjelaskansifat-sifatgaris-garissejajar, garis-garisberpotongandanberhimpit
·   Menyelesaikanpermasalahan yang melibatkanhubunganantargaris (sejajar, berpotongan, danberhimpit)
·   Menyajikanpenyelesaian permasalahan yang melibatkanhubunganantargaris (sejajar, berpotongan, danberhimpit)
12 JP
·    Penilaiansikap
·    Teslisandantulisan
·    Tespsikomotorik
·    Penugasan
·    Proyek
·    Praktik
·       BukuSiswa MATEMATIKA Kelas IV
·       BukuPetunjuk Guru MATEMATIKA Kelas IV
·       Modul/bahan ajar
·       Internet
·       Modul lain yang relevan
3.11   Menjelaskan data diripesertadidikdanlingkungannya yang disajikandalambentuk diagram batang
4.11   Membaca data diripesertadidikdanlingkungannya yang disajikandalambentuk diagram batang
3.11.1   Menganalisiscaramenafsirkan data yang disajikandalambentuk diagram batang
3.11.2   Menganalisiscarauntukmembaca data dalambentuk diagram batang
3.11.3   Menganalisiscaramambuat data denganmenggunakan diagram batang
4.11.1   Menggunakankonsep diagram batanguntukmenyelesaikanmasalahdalamkehidupansehari-hari
4.11.2   Menyajikanpenyelesaianmasalah yang berkaitandengan data danpengukuran
Data danpengukuran
·   Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang
·   Membuat diagram batangdarisekumpulan data yang berbedadari data sebelumnya
·   Menggunakankonsep diagram batanguntukmenyelesaikanmasalahdalamkehidupansehari-hari
·   Menyajikan penyelesaian persoalan yang berkaitan dengan data dan pengukuran
12 JP
·   Penilaiansikap
·   Teslisandantulisan
·   Tespsikomotorik
·   Penugasan
·   Proyek
·   Praktik
·     BukuSiswa MATEMATIKA Kelas IV
·     BukuPetunjuk Guru MATEMATIKA Kelas IV
·     Modul/bahan ajar
·     Internet
·     Modul lain yang relevan
3.12 Menjelaskandanmenentukanukuransudutpadabangundatardalamsatuanbakudenganmenggunakanbusurderajat
4.12 Mengukursudutpadabangundatardalamsatuanbakudenganmenggunakanbusurderajat
3.12.1   Menganalisisdanmenentukanukuransudutpadabangundatardalamsatuanbakudenganmenggunakanbusurderajat
3.12.2   MemahamiPengertianSudut
3.12.3   MengidentifikasicaraMembandingkanBesarSudut
3.12.4   MenganalisiscaraMengukurSudutdenganBusurDerajat
3.12.5   MenganalisisMenentukanBesarSudutPutar
4.12.1   Menggunakanpengukuransudutdenganbusurderajatuntukmenyelsaikanmasalah
4.12.2   Menyajikanpenyelesaianmasalah yang berkaitandenganpengukuransudutdenganbusurderajat
Pengukuransudutdenganbusurderajat
·   Menentukansatuanbakupengukuransudut
·   Menentukanalatpengukursudut yang sesuaiuntukmengukurberbagaimacambentuksudut yang berbedapadabangundatar
·   Menggunakanbussurderajatuntukmengukursudutpadabidangdatar
·   Memprediksiukuransuatusudutdanmemeriksaketepatanhasilprediksidenganmelakukanpengukuran
·   Menggunakanpengukuransudutdenganbusurderajatuntukmenyelsaikanmasalah
·   Menyajikan penyelesaian persoalan yang berkaitan dengan pengukuran sudut dengan busur derajat
18 JP
·   Penilaiansikap
·   Teslisandantulisan
·   Tespsikomotorik
·   Penugasan
·   Proyek
·   Praktik
·     BukuSiswa MATEMATIKA Kelas IV
·     BukuPetunjukGuru MATEMATIKA Kelas IV
·     Modul/bahan ajar
·     Internet
·     Modul lain yang relevan



Mengetahui,
Kepala Sekolah





.........................................
NIP. .................................
Ayah, 2 Januari 2019
Guru Kelas IV





.........................................
NIP. .................................



Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Silabus Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4 Semster 2"

Posting Komentar