5 Teknik Phishing Yang Gampang Kelabui Pengguna Internet

Technologue.id, Jakarta – Phishing merupakan salah satu cara usang dari serangan siber, yaitu saat seseorang berpura-pura menjadi orang lain dan berusaha mengelabui sampai korban menyerahkan informasi data pribadi.


Hal ini masih menjadi bahaya aktual seiring dengan teknik yang dipakai semakin canggih, dengan penipuan dan isu bohong yang berkembang semakin aktual dan meyakinkan serta terus ada di perbincangan dan interaksi kita di dunia maya.


Ada banyak bentuk phishing, termasuk pesan teks, email, profil media sosial, post, dan pesan atau situs web palsu. Biasanya, penipu akan mengirimkan pesan yang seperti berasal dari perusahaan ternama atau berpura-pura menjadi seseorang yang Anda kenal semoga Anda memberikannya kata sandi atau nomor kartu kredit. Ketika mereka mendapatkan informasi tersebut, mereka akan mengambil laba dari kanal ke data langsung Anda.


Taktik phishing yang paling umum dipakai biasanya menargetkan sisi emosional orang dengan tujuan untuk mengelabui. 5 (Lima) pola phishing yang kerap ditemui misalnya:


• Harga rendah dalam waktu yang terbatas!

Anda mendapatkan pesan yang memperlihatkan diskon menarik untuk merek yang Anda sukai. Informasi tersebut mungkin mengandung tautan ke peritel online palsu dan menciptakan Anda melaksanakan pembelian. Tetapi saat Anda mengkliknya, Anda diarahkan ke situs web palsu atau dibentuk mengunduh malware yang mencuri informasi.


Seringkali pesan phishing ini meminta Anda untuk melaksanakan tindakan segera atau mengatakan data pribadi, menyerupai kata sandi atau nomor kartu kredit.


• Saya sangat membutuhkan proteksi Anda!

Seseorang mengaku sebagai salah satu kerabat atau teman Anda mengirimkan pesan bahwa ia sedang dalam persoalan dan membutuhkan dana. Ketika Anda membalas pesan tersebut, penipu akan memanfaatkan kebaikan Anda dan memancing Anda untuk mengirimkan uang atau mengatakan data pribadi. Berhati-hatilah terhadap sapaan dan situs web atau alamat email yang panjang dan rumit.


• Anda sangat menawan!

Seseorang mengirimkan Anda pesan romantis dengan impian untuk mendapatkan kepercayaan Anda. Tapi waspadalah, simpulan dari strategi ini ialah untuk menciptakan Anda mengirimkan mereka uang.


• Selamat, Anda menang!

Pesan menyerupai ini mengklaim bahwa Anda telah memenangkan lotre, namun selalu ada pancingan di dalamnya. Untuk mendapatkan ‘hadiah’ tersebut, Anda harus membayar biaya keanggotaan atau membagikan data pribadi. Seperti pesan-pesan phishing lainnya, pesan ini biasanya mengandung kesalahan kata dan tata bahasa. Jika Anda perhatikan

lebih jauh, pesan ini juga mempunyai tautan palsu – menyerupai tautan web yang mengandung nama perusahaan atau brand, namun terdapat kesalahan dalam pengejaan.


• Akun Anda telah diretas, namun kami sanggup membantu Anda.

Taktik ini mengklaim bahwa salah satu akun online Anda telah disusupi atau dihapus, tetapi kabar baiknya, pengirim pesan sanggup membantu Anda …dengan syarat Anda harus mengatakan data pribadi.


Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Teknik Phishing Yang Gampang Kelabui Pengguna Internet"

Posting Komentar