SILABUS
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Kelas / Semester : 4 / 2
Sub Tema 2 : Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia
Alokasi waktu : 25 JP
Kompetensi Inti :
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai fatwa agama yang dianutnya
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
4. Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan sikap anak sesuai dengan tahap perkembangannya
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 1.2 Menerima kewajiban dan hak sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari 2.2 Menunjukkan sikap memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat 3.2 Memahami pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari 4.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari | Pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari | Subtema 2: Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia (25 jam pelajaran) · Mengamati gambar/video dan mengidentifikasi anak yang kekurangan gizi, anak obesitas (kebihan gizi), dan normal · Menceritakan pengalaman membuatkan makanan dengan sahabat dan tetangga sebagai warga masyarakat terkait dengan kewajiban dan hak · Mengidentifikasi manfaat makanan sehat dan bergizi bagi pertumbuhan · Menggali isu melalui wawancara dengan nara sumber wacana manfaat makanan sehat dan bergizi yang khas di kawasan sekitar · Mendiskusikan korelasi proses metamorfosis binatang dengan fungsinya di alam serta upaya pelestariannya. · Mendiskusikan/mengumpulkan data yang bekerjasama dengan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam, yang terkait dengan sumber pangan · Menarikan tari kreasi kawasan setempat dan kawasan lain, yang mengungkapkan rasa syukur karunia makanan yang berlimpah dari Tuhan · Mengamati dan mempraktekkan gerak dasar lebih banyak didominasi senam lantai (kayang dan sikap lilin,) dikaitkan dengan asupan makanan sehat dan bergizi | 3.2.1. 3.2.2 3.2.3 | Siswa memahami hak dan Kewajiban terhadap Lingkungan dengan penuh kepedulian Siswa sanggup mengidentifikasi perilaku- perilaku yang mengambarkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari - hari dengan penuh kepedulian. Si swa sanggup mengambarkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari hari dengan penuh kepedulian | | | | |
Bahasa Indonesia 3.3 Menggali Informasi dari seorang tokoh melalui wawancara memakai daftar pertanyaan. 4.3 Melaporkan hasil wawancara memakai kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis | Teks Nonfiksi | 3.3.1 3.3.2 3.3.3 3.3.4 3.3.5 | Siswa Memahami Jenis jenis sumber daya alam dengan penuh kepedulian Siswa mengetahui wacana sumber daya alam disekitar dengan penuh percaya diri siswa sanggup mengetahui macam - macam energi dan perubahannya dengan penuh kepedulian. Siswa Dapat menciptakan daftar pertanyaan untuk wawancara wacana sumber daya alam Siswa sanggup melaksanakan wawancara dengan nara sumber wacana sumber daya alam Siswa sanggup mengetahui bentuk bentuk konsersi yang ada di kawasan tempat tinggalnya dengan penuh kepedulian | | | | ||
Matematika 3.2 Menjelaskan banyak sekali bentuk belahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan korelasi diantaranya 4.2 Mengidentifikasi banyak sekali bentuk belahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan korelasi diantaranya | Pecahan: · Pecahan biasa · Pecahan campuran · Desimal · Persen | 3.2.1 | | | | | ||
Ilmu Pengetahuan Alam 3.5 Mengidentifikasi banyak sekali sumber energi, perubahan bentuk energi dan sumber energi alternatif ( angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik dan nuklir ) dalam kehidupan sehari hari. 4.5. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran isu wacana banyak sekali perubahan bentuk energi | Sumber energi, Perubahan bentuk energi dan energi alternatif | 3.5.1 3.5.2 | Siswa sanggup mengetahui jenis sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan penuh tanggung jawab Siswa sanggup mengetahui macam macam energi dan perubahannya dengan penuh kepedulian. | | | | ||
Ilmu Pengetahuan Sosial 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkat provinsi 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkat provinsi | · Letak dan luas kabupaten/ kota dan provinsi dalam peta · Kondisi/karakteristik alam (iklim, bentuk muka bumi, flora, fauna) · Kondisi kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran) · Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam | 3.1.1 3.1.2 | Siswa mengetahui wacana jenis dan persebaran sumber daya alam di Indonesia dengan penuh kepedulian Siswa sanggup mengidentifikasi wacana pemanfaatan sumberdaya alam di Indonesia dengan penuh percaya diri | | | | ||
Seni Budaya dan Prakarya 3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada 4.2 Menyayikan Lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada 3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah 4.3 Meragakan gerak tari kreasi daerah | · Dasar gerak tari kreasi daerah · Peragaan gerak tari kreasi daerah | 3.2.1 3.2.2 | Siswa sanggup bernyayi dengan memerhatikan nada dan tempo dengan penuh percaya diri Siswa sanggup menyanyikan lagu dengan memerhatikan ketepatan nada dan tempo dengan penuh percaya ddiri | | | | ||
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Silabus Kelas 4 Tema 9 Sub Tema 2"
Posting Komentar