Perbedaan Monokotil Dan Dikotil Pada Tumbuhan


Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada Tumbuhan [Tabel & Gambar]

 


Perbedaan monokotil dan dikotil – Tumbuhan dibedakan menjadi dua menurut jumlah kepingnya bijinya yakni flora monokotil dan flora dikotil. Apa sajakah perbedaan flora monokotil dan dikotil dilihat dari bentuk akar, biji, daun, batang, bunga dan perbedaan lainnya?
Tumbuhan monokotil adalah tumbuhan yang jumlah keping bijinya hanya satu, sedangkan flora dikotil ialah flora yang keping bijinya berjumlah dua. Jumlah keping biji menjadi perbedaan utama antara dua jenis flora tersebut.
Meski begitu terdapat perbedaan lain yang ada pada flora dikotil dan monokotil. Hal ini sanggup dilihat dari ciri-ciri flora monokotil dan dikotil secara morfologis, contohnya struktur akar, bentuk batang, ada tidaknya kambium, jumlah kelopak bunga, bentuk tulang daun dan sebagainya.
Nah untuk itu kali ini akan dijelaskan mengenai apa perbedaan monokotil dan dikotil. Penjelasan akan dibagikan secara lengkap mulai dari bentuk tabel, gambar serta klarifikasi di tiap-tiap bab menyerupai biji, akar, batang, daun, bunga, berkas pengangkut dan lain-lain.
 Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada Tumbuhan  Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada Tumbuhan

Perbedaan Monokotil dan Dikotil

Apa sajakah hal-hal yang membedakan flora monokotil (biji berkeping satu) dan flora dikotil (biji berkeping dua). Berikut kami tampilkan perbedaan-perbedaan antara flora monokotil dan dikotil baik dalam bentuk tabel maupun dalam bentuk penjelasan.

Perbedaan Monokotil dan Dikotil dalam Bentuk Tabel

PerbedaanMonokotilDikotil
Keping bijiBerkeping 1Berkeping 2
Pembelahan bijiTidak membelah ketika berkecambahMembelah ketika berkecambah
Bentuk akarAkar serabutAkar tunggang
Tudung akarMemiliki tudung akarTidak mempunyai tudung akar
Pembentukan akarTerbentuk dari batangTerbentuk dari percabangan akar utama
Cabang batangTidak bercabangBercabang
KambiumTidak mempunyai kambiumMemiliki kambium
Pertumbuhan sekunderTidak ada, hanya pertumbuhan memanjangAda, sehingga terdapat pertumbuhan membesar
Bentuk daunMemanjangMelebar
Tulang daunSejajarMenyirip atau menjari
Kelopak bungaJumlah kelopak 3 atau kelipatannyaJumlah kelopak 2, 4, dan 5 atau kelipatannya
Berkas pengangkutTersebarTeratur
KorteksTidak mempunyai korteksTersusun atas korteks dan stele
Serbuk sariAlur tunggal di tiap butir serbuk sari3 alur
Pembuluh kayuTidak mempunyai pembuluh kayuMemiliki pembuluh kayu

Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada Biji

Perbedaan dikotil dan monokotil yang utama ada pada jumlah keping bijinya. Sesuai namanya, flora monkoitl mempunyai 1 keping biji, sedangkan flora dikotil mempunyai 2 keping biji. Tumbuhan monokotil tidak akan mengalami pembelahan ketika berkecambah, sementara flora dikotil akan membelah menjadi 2 ketika perkecambahan.
Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada AkarPerbedaan dikotil dan monokotil berikutnya ada pada bentuk akarnya. Akar pada flora monokotil ialah akar serabut yang tipis dan kecil serta umumnya mempunyai tudung akar. Sedangkan flora dikotil mempunyai akar tunggang yang bercabang dan besar lengan berkuasa serta umumnya tidak mempunyai tudung akar.

Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada Daun

Bentuk daun juga sanggup jadi perbedaan dikotil dan monokotil. Pada flora monokotil, bentuk daunnya umumnya memanjang dengan tulang daun yang sejajar. Adapun pada flora dikotil, bentuk daunnya umumnya melebar dengan tulang daun yang menjari atau menyirip.

Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada Batang

Bagian batang sanggup dipakai untuk membedakan flora dikotil dan monokotil. Tumbuhan monokotil umumnya batangnya tidak bercabang, tidak mempunyai kambium serta terus tumbuh meninggi. Sedangkan batang flora dikotil umumnya bercabang serta mempunyai kambium pada perbatasan antara jaringan xilem dan floem.

Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada Bunga

Perbedaan flora monokotil dan dikotil juga sanggup dilihat pada bab bunganya. Pada flora monokotil, bab bunga umumnya mempunyai kelopak dengan jumlah 3 atau kelipatannya. Sedangkan bunga flora dikotil umumnya mempunyai kelopak dengan jumlah 2, 4, 5 atau kelipatan-kelipatannya.

Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada Berkas Pengangkut

Pada berkas pengangkut, terdapat perbedaan flora dikotil dan monokotil. Pada flora monokotil, berkas pengakutnya umumnya tersebar di seluruh batang tanpa susunan khusus. Sementara berkas pengangkut pada flora dikotil umumnya teratur membentuk cincin atau melingkar.
Nah demikian acuan perbedaan flora monokotil dan flora dikotil menurut bentuk akar, biji, batang, daun, bunga dan ciri-ciri lainnya. Kedua jenis-jenis flora tersebut memang mempunyai beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Semoga sanggup menjadi acuan pengetahuan.

Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Monokotil Dan Dikotil Pada Tumbuhan"

Posting Komentar