Cara Membangun Alert System Monitoring Di Ubuntu Server Memakai Cacti Dan Plugin Thold


Pada tutorial kali ini, aku akan membahas bagaimana membangun alert system menyerupai nagios, hanya saja aplikasi yang aku gunakan yakni cacti. Alert system ini mempunyai kegunaan untuk memberitahu direktur bahwa telah terjadi suatu event pada obyek yang di monitoring. Sehingga direktur sanggup mencegah suatu hal sebelum terjadi sesuatu yang tidak diharapkan. 

Alert system ini dibangun dengan alasan bahwa direktur tidak selalu ada di daerah setiap waktu untuk memonitoring obyek tersebut. Alert system ini juga berfungsi untuk mencatat suatu insiden pada obyek yang di monitoring. Alert system yang dibangun di dalam aplikasi cacti memanfaatkan email (menggunakan plugin settings) untuk memberitahu direktur bahwa terjadi suatu event (kejadian) sesuai dengan kondisi tertentu.
Berikut tutorial wacana cacti yang pernah aku tulis sebelumnya:
  1. Cara install cacti aplikasi monitoring di Ubuntu Server
  2. Cara konfigurasi SNMP di Ubuntu Server sebagai cacti client
  3. Cara menambah monitoring host di cacti
  4. Tutorial monitoring media penyimpanan, penggunaan memory dan user login lewat cacti
  5. Cara konfigurasi SNMP di mikrotik
  6. Tutorial network monitoring mikrotik memakai cacti 
  7. Cara memasukkan template grafik queue tree dan simple queue di cacti
  8. Tutorial monitoring administrasi bandwidth queue tree dan simple queue di mikrotik memakai cacti
  9. Cara konfigurasi SNMP di windows 10
  10. Cara semoga windows 10 sanggup di ping
  11. Panduan monitoring jaringan windows 10 lewat cacti
  12. Monitoring media penyimpanan dan prosesor windows 10 lewat aplikasi cacti.
  13. Konfigurasi server cacti di Ubuntu server semoga sanggup di install plugin.
  14. Cara install dan konfigurasi plugin monitor di cacti
  15. Cara install dan konfigurasi PHP 5.6 di Ubuntu Server 16.04
  16. Cara install dan konfigurasi plugin cacti weathermap di Ubuntu Server 16.04
  17. Panduan menciptakan network weathermap monitoring di cacti 
  18. Konfigurasi email di cacti memakai SMTP Gmail 
Tutorial ini yakni kelanjutan dari ke 18 tutorial sebelumnya, jadi kalau anda galau dikala membaca tutorial ini, ada baiknya anda membaca beberapa tutorial sebelumnya ya.

Untuk membangun alert system di aplikasi cacti, setidaknya aku membutuhkan 2 plugin, yaitu:
  • plugin settings versi 0.7.1, dan
  • plugin tholds versi 0.5
untuk plugin settings sudah aku tuliskan panduan instalasi dan konfigurasinya pada tutorial ke 18 di atas, maka kali ini aku akan membahas bagaimana melaksanakan instalasi plugin tholds di cacti serta konfigurasinya untuk menciptakan alert system sederhana.

Berikut langkah-langkahnya:

Sebagai informasi, lingkungan aplikasi yang aku gunakan terdiri dari aplikasi cacti versi 0.8.8f, MySQL 5.7, PHP 5.6 dan Ubuntu Server 16.04 LTS.

Pertama, aku harus masuk dulu ke dalam server ubuntu yang menjalankan cacti melalui SSH atau melalui console, kemudian aku menuju folder plugins cacti dengan menjalankan perintah:

 cd /usr/local/share/cacti/plugins/ 

alasannya yakni aku membutuhkan plugin thold, maka aku harus d0wnl0ad plugin tersebut dengan menjalankan perintah:

 sudo wget https://docs.cacti.net/_media/plugin:thold-v0.5.0.tgz -O thold.0.5.0.tgz 

sehabis simpulan d0wnl0ad, alhasil aku ekstract plugin tholds tersebut dengan menjalankan perintah:

 sudo tar -xzvf  thold.0.5.0.tgz 

maka aku akan mendapat satu folder plugin thold yang siap diinstall di dalam aplikasi cacti. Langkah berikutnya yakni aku masuk ke dalam aplikasi cacti melalui halaman login seperi biasanya, kemudian menuju sajian plugin managements yang ada di sebelah kiri:


gambar di atas adalaha tampilan utama dari sajian plugin managements. Anda sanggup melihat bahwa plugin tholds telah ada dan belum diinstall, aku kemudian klik tombol biru tersebut untuk menginstallnya:


sehabis klik tombol biru, anda akan mendapat tampilan di atas, plugin thold berhasil di instal tetapi belum diaktifkan. Untuk mengaktifkannya anda sanggup menekan tombol hijau tersebut, sehingga alhasil tampak menyerupai di bawah ini:

simpulan install, melalui SSH, aku masuk lagi ke dalam server ubuntu, kemudian harus mengupdate salah satu struktur tabel database yang ada di dalam aplikasi cacti yang mengelola plugin thold dengan perintah:

 mysql -u cacti -p 

sehabis memasukkan password dan otentikasi berhasil dilewati, aku harus menentukan database cacti dengan perintah:

 use cacti; 

kemudian langkah selanjutnya yakni aku harus menjalankan perintah di bawah ini untuk mengupdate kolum time_warning_fail_trigger dan kolum time_fail_trigger dalam tabe; thold_data:

 ALTER TABLE thold_data MODIFY time_warning_fail_trigger int(12) NULL;  ALTER TABLE thold_data MODIFY time_fail_trigger int(12) NULL; 

perintah di atas dimaksudkan untuk memperbolehkan kolum time_warning_fail_trigger dan kolum time_fail_trigger pada tabel thold_data untuk sanggup menyimpan nilai NULL.

Setelah itu gres aku mulai melaksanakan konfigurasi plugin tholds. Kembali ke aplikasi cacti, aku masuk ke sajian notification list di sebelah kiri terlebih dahulu:



dari sajian di atas aku akan menciptakan user yang akan diberitahu oleh alert system melalui email, dari sajian tersebut, klik tombol add yang ada di pojok kanan atas:


kemudian aku masukkan konfigurasinya menyerupai di bawah ini:


cacti.alert@gmail.com yakni email yang akan dikirimi peringatan atau alert oleh system. Kemudian aku klik create. Setelah itu aku menuju ke sajian Thresholds di bawah sajian Notification list tadi, dari situ terlihat bahwa aku belum menciptakan satupun event alert menyerupai di bawah ini:


untuk membuatnya aku klik tombol Add di pojok kanan atas, kemudian akan terlihat sajian untuk menentukan device mana yang akan di konfigurasi:


aku menentukan salah satu server, dan aku menentukan grafik user login yang aku beri alert system, sehingga terlihat menyerupai di bawah ini:


kemudian aku klik create untuk menciptakan konfigurasi alert system, dari situ aku diarahkan ke halam konfigurasi alert system untuk melaksanakan konfiurasi bagaimana alert system ini bekerja. Berikut konfigurasi yang aku gunakan:


berdasarkan konigurasi di atas aku menciptakan system akan memberitahu aku (Warning) kalau ada jumlah user yang login lebih dari 4 (Warning High Threshold), dan aku akan di beri alert email kalau ada user yang login di dalam server lebih dari 6 user (High Threshold). Selebihnya anda sanggup atur sendiri kondisi yang anda inginkan pada alert yang ingin anda buat, sehabis itu aku save. 

Jika alert telah berhasil disimpan, maka di tabel threshold dari sajian Threshold di samping kiri akan nampak list alert system yang sudah aku buat:


berikut email warning yang tekirim ke aku dikala kondisi alert terpenuhi:

dan aku juga akan diberi email pemberitahuan apabila kondisi sudah berjalan normal (tidak masuk dalam status alert):

Kita juga sanggup meminta alert system untuk memberitahu kita via email apabila ada device yang di monitoring mengalami DOWN. Caranya? Silakan klik sajian settings di sajian sebelah kiri:


kemudian klik tabs Tresholds menyerupai di bawah ini:



anda kemudian akan ditampilkan halaman setting plugin threshold menyerupai berikut:


kemudian pada bab settings, aktifkan sajian di bawah ini:


pada opsi Dead Host Notifications aku centang dan aku masukkan alamat email yang akan dikirimi notifikasi nantinya pada kolom Dead Host Notification Email. Jika ada device yang di monitoring mati, maka aku akan dikirimi email menyerupai berikut:

dan aku juga akan diberitahu via email, apabila device yang tadi down sudah UP lagi menyerupai ini:


Praktis bukan membangun system alert dengan aplikasi cacti? Sebenarnya ada banyak opsi yang sanggup anda buat dari grafik yang dimonitoring oleh cacti tidak hanya menyerupai yang aku contohkan di atas. Selamat mencoba ya dan terima kasih telah berkunjung.

Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membangun Alert System Monitoring Di Ubuntu Server Memakai Cacti Dan Plugin Thold"

Posting Komentar