Khasiat Dan Manfaat Buah Kelapa

     Pohon kelapa berkontur batang tunggal atau kadang kala bercabang. Akar serabut, tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol, adaptif pada lahan berpasir pantai. Batang beruas-ruas namun bila sudah renta tidak terlalu tampak, khas tipe monokotil dengan pembuluh menyebar (tidak konsentrik), berkayu. Kayunya kurang baik digunakan untuk bangunan. Daun merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip, daun bertoreh sangat dalam sehingga nampak menyerupai daun majemuk.
     Bunga tersusun beragam pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea; terdapat bunga jantan dan betina, berumah satu, bunga betina terletak di pangkal karangan, sedangkan bunga jantan di potongan yang jauh dari pangkal. Buah besar, diameter 10 cm hingga 20 cm atau bahkan lebih, berwarna kuning, hijau, atau coklat; buah tersusun dari mesokarp berupa serat yang berlignin, disebut sabut, melindungi potongan endokarp yang keras (disebut batok) dan kedap air; endokarp melindungi biji yang hanya dilindungi oleh membran yang menempel pada sisi dalam endokarp.
     Kelapa secara alami tumbuh di pantai dan pohonnya mencapai ketinggian 30 m. Ia berasal dari pesisir Samudera Hindia, namun sekarang telah tersebar di tempat tropis. 
Tumbuhan ini sanggup tumbuh hingga ketinggian 1.000 m dari permukaan laut, namun seiring dengan meningkatnya, akan mengalami pelambatan pertumbuhan.
     Buah kelapa ialah potongan paling bernilai ekonomi. Sabut, potongan mesokarp yang berupa serat-serat kasar, diperdagangkan sebagai materi bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanam bagi anggrek. Tempurung atau batok, yang sesungguhnya ialah potongan endokarp, digunakan sebagai materi bakar, pengganti gayung, wadah minuman, dan materi baku banyak sekali kerajinan tangan.
Buah kelapa terdiri dari bagian‐bagian:
Gambar : komponen penyusun buah kelapa. 
   1. epicarp, yaitu kulit potongan luar yang permukaannya licin, agak keras, dan tebalnya + 1/7 mm;
   2. mesocarp, yaitu kulit potongan tengah yang disebut sabut terdiri dari serat‐ serat yang keras, tebalnya 3‐5 cm
   3. endocarp, yaitu potongan tempurung yang keras sekali, tebalnya 3 ‐ 6 mm, potongan ini menempel pada kulit luar dari biji atau endosperm
   4. endosperm atau putih lembaga, yang tebalnya 8 ‐ 10 mm. Di dalam buah terdapat organ khusus disebut “kentos” atau haustorium

Buah kelapa yang sudah renta (berdasar bobotnya)  terdiri dari 35% sabut, 12% tempurung, 28% endosperm dan 25% air.  Sedangkan endosperm mengandung 52% air, 34% minyak, 3% protein, 1,5% zat gula, dan 1 % abu. Air kelapa mengandung 2% gula, 4% zat kering dan zat abu.


Variasi Morfologi Buah
     1. Warna : hijau, kuning, coklat, orange (sering disebut merah)
     2. Bentuk : bulat, lonjong, panjang
     3. Sabut : bagus shg sanggup dimakan waktu muda, normal
     4. Endosperma (daging buah) :
lunak, 
jelly like (seperti lendir), 
berbutir, 
normal, 
tidak bertempurung,
tempurung pecah dan daging buah membusuk,
buah kecil dan endosperma sedikit, 
buah besar dengan endosperma besar
     Perlu diketahui bahwa air kelapa 4% (rata-rata 2%) yang terdiri dari sukrosa, glukosa dan fruktosa, 2,6 % gula, 0,55 % protein, 0,74 % lemak, serta 0,46 % mineral.Komposisi air kelapa bervariasi tergantung dari tingkat ketuaan buah.

Dalam komposisi mineral, air kelapa mempunyai kandungan potasium yang relatif tinggi dan kandungan sodium yang rendah.

     Jika dilihat dari komposisinya, air kelapa mengandung gula maksimum
Endosperma buah kelapa yang berupa cairan serta endapannya yang menempel di dinding dalam batok ("daging buah kelapa") ialah sumber penyegar populer. Daging buah muda berwarna putih dan lunak serta biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan.     Cairan ini mengandung beraneka enzim dan memilki khasiat penetral racun dan imbas penyegar/penenang. Beberapa kelapa bermutasi sehingga endapannya tidak menempel pada dinding batok melainkan tercampur dengan cairan endosperma. 
     Mutasi ini disebut (kelapa) kopyor. Daging buah renta kelapa berwarna putih dan mengeras. Sarinya diperas dan cairannya dinamakan santan. Daging buah renta ini juga sanggup diambil dan dikeringkan serta menjadi komoditi perdagangan bernilai ekonomis, yang disebut kopra.
     Kopra ialah materi baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah renta biasanya tidak menjadi materi minuman penyegar dan merupakan limbah industri kopra. Namun demikian, cairan ini sanggup dimanfaatkan lagi untuk dibentuk menjadi materi semacam jelly yang disebut nata de coco dan merupakan materi adonan minuman penyegar. 
Daging buah kelapa juga sanggup dimanfaatkan sebagai penambah aroma pada masakan daging serta sanggup dimanfaatkan sebagai obat rambut yang rontok dan gampang patah.
     Kandungan dari Daging Buah Kelapa renta mengandung kalori yang sangat tinggi, yaitu sebesar 359 kalori/100 gram nya; daging kelapa yang masih setengah renta mengandung kalori 180 kal/100 gram nya dan daging kelapa yang masih muda mengandung kalori sebesar 68 kal/100 gram. 
Sedangkan pada air kelapa nilai kalori rata-rata berkisar 17 kal/100 gram nya. Air kelapa hijau lebih banyak mengandung tanin atau anti racun yang paling tinggi
A.  Manfaat dan Khasiat Dari Air Kelapa Muda 
   1. Mengobati penyakit demam berdarah dengan meminumnya secara rutin dan teratur.
   2. Menghilangkan rasa lelah dan lesu jawaban aktivitas yang padat.
   3. Mengobati perut cacingan pada tubuh anak-anak. Dengan menambahkan sedikit sari jeruk pada setiap gelas air kelapa muda. Sebaiknya diminum teratur 3x sehari.
   4. Memperlancar buang air kecil atau sebaliknya mengurangi lancarnya buang air kecil. Karena air kelapa muda berguna untuk membersihkan akses kemih.
   5. Pembasmi cacing pada akses usus. Dengan meminum air kelapa muda dengan teratur 3x sehari ditambah 1 semdok teht minyak zaitun.
   6. Mencukupi kebutuhan cairan bagi ibu/wanita yang sedang hamil.
   7. Sebagai penetralisir untuk orang yang sedang mabuk yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu.
   8. Air kelapa muda disinyalir mengandung anti virus, anti bakteri, dan anti jamur yang sama menyerupai yang terkandung pada air susu ibu.
   9. Mampu menjaga fungsi pencernaan atau metabolisme dalam tubuh.
  10. Sebagai pereda mual-mual dan muntah-muntah.
  11. Disinyalir bisa memecah kerikil ginjal. Air kelapa berguna melunakkan kerak dalam ginjal.
  12. Merupakan cairan isotonik yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh.
B.   Manfaat dan Khasiat Minyak Kelapa 
     1. Perawatan Kulit
Minyak kelapa ini bisa mencegah munculnya keriput dan kendur pada kulit, yang biasanya menyertai penuaan.Ini juga membantu dalam mencegah penyakit degeneratif penuaan dini lantaran sifat antioksidannya yang aktif. Hal ini juga membantu ndalam mengobati banyak sekali duduk perkara kulit  termasuk psoriasis, dermatitis, eksim, dan juga bisul kulit lainnya. Untuk alasan yang tepat, minyak kelapa juga dijadikan sebagai materi dasar banyak sekali produk perawatan tubuh, menyerupai sabun, lotion, dan krim yang digunakan untuk perawatan kulit.
     2. Perawatan Rambut
Minyak kelapa membantu dalam pertumbuhan rambut yang sehat dan menciptakan rambut Anda terlihat mengkilap. Ini juga sangat efektif dalam mengurangi kehilangan protein pada rambut, yang sanggup menimbulkan rambut tampak kusam, kering, dan gampang rontok. Minyak kelapa ini juga bisa digunakan sebagai minyak perawatan rambut, dan digunakan dalam pembuatan banyak sekali kondisioner, serta krim ketombe. Hal ini biasanya diterapkan pada hampir semua jenis perawatan rambut.
     3. Kesehatan Jantung
Mungkin ada kesalahpahaman yang tersebar di kalangan masyarakat bahwa minyak kelapa tidak baik untuk kesehatan jantung, alasannya lantaran minyak kelapa mempunyai kadar lemak jenuh yang cukup besar. Pada kenyataannya, itu justru bermanfaat bagi jantung. Karena minyak kelapa ini mengandung sekitar 50% asam laurat, yang membantu aktif dalam mencegah banyak sekali duduk perkara jantung, menyerupai kadar kolesterol tinggi dan juga tekanan darah tinggi. Minyak kelapa tidak menimbulkan peningkatan kadar LDL, dan mengurangi kejadian cedera, maupun kerusakan arteri, lantaran itu membantu dalam mencegah aterosklerosis. Penelitian menawarkan bahwa asupan minyak kelapa sanggup membantu untuk mempertahankan profil lipid yang sehata pada perempuan pra-menopause.
     4. Berat Badan
Minyak kelapa sangat berguna untuk membantu menurunkan berat badan. Karena ini mengandung asam lemak yang membantu dalam pembakaran berat tubuh yang berlebihan. Penelitian menawarkan bahwa minyak kelapa juga bermanfaat untuk membantu mengurangi obesitas perut pada wanita. Hal ini juga gampang untuk dicerna dan membantu dalam fungsi sehat dari sistem tiroid dan endokrin. Selain itu, bisa meningkatkan tingkat metabolisme tubuh dengan menghilangkan kadar stress pada pankreas, sehingga bisa memperabukan lebih banyak energi dan membantu orang yang mempunyai duduk perkara obesitas. Oleh lantaran itu, sebagian besar orang yang tinggal di wilayah pesisir trops biasa memakai minyak kelapa setiap hari sebagai minyak goreng utama mereka, biasanya tidak mempunyai duduk perkara kegemukan, obesitas, atau kelebihan berat badan.
     5. Imunitas
Minyak kelapa ini juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh lantaran mengandung lipid antimikroba, asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat, yang mempunyai antijamur, antibakteri, dan antivirus. 
     6. Pencernaan
Fungsi internal dari minyak kelapa terjadi terutama lantaran digunakan sebagai minyak goreng. Ini membantu untuk meningkatkan sistem pencernaan, dengan demikian sanggup mencegah banyak sekali duduk perkara pencernaan, termasuk sindrom iritasi usus besar. Lemak jenuh yang terdapat pada minyak kelapa mempunyai sifat antimikroba yang membantu dalam melawan banyak sekali bakteri, jamur, dan benalu yang sanggup menimbulkan gangguan pencernaan. Hal ini juga membantu dalam perembesan nutrisi lain menyerupai vitamin, mineral, dan asam amino.

C. Manfaat dan Khasiat Virgin Coconut Oil 
     Virgin Coconut Oil diperoleh dari kernel kelapa yang segar dan matang dengan cara mekanis atau alami dengan atau tanpa pemanasan, yang tidak menimbulkan perubahan struktur minyak.
     VCO merupakan minyak stabil, minyak ini tidak gampang rusak dengan adanya panas serta tahan terhadap cahaya dan udara, kalau dipanaskan akan menjadikan asap pada suhu 198oC serta mengandung vitamin E (tokoferol) yang berperan menjaga kestabilan minyak dan melindungi ketengikan. 
     VCO sanggup disimpan pada suhu kamar selama bertahun-tahun tanpa perubahan sifat. Minyak ini tidak gampang tengik lantaran kandungan asam lemak jenuhnya tinggi sehingga proses oksidasi tidak gampang terjadi. Namun bila kualitas VCO rendah, proses ketengikan akan berjalan lebih awal, hal ini disebabkan oleh imbas oksigen, keberadaan air, dan mikroba yang mengurangi kandungan asam lemak yang berada dalam VCO menjadi komponen lain. 
Sifat-sifat kimia dan fisika dari VCO yaitu:
tidak berwarna
beraroma khas kelapa
tidak larut dalam air
berat jenis 0,883 pada suhu 20oC
memiliki pH di bawah 7
tidak menguap pada suhu 21oC (0%)
titik cair 20-25oC
titik didih 225oC
kerapatan uap 6,91
tekanan uap 1 mmHg pada suhu 121oC
     VCO mempunyai perbedaan dengan minyak kelapa (CNO), hal itulah yang menyebabkan VCO mempunyai harga yang lebih mahal dan lebih banyak digunakan dibanding dengan minyak kelapa (CNO). 
Manfaat Virgin Coconut Oil
1. Membantu mengurangi resiko penyakit asteroklerosis
2. Mendukung sistem kekebalan tubuh
3. Membantu mencegah osteoporosis
4. Membantu mengendalikan penyakit diabetes
5. Penyedia sumber energi
6. Membantu menjaga kehalusan kulit
7. Mengurangi risiko kanker
8. Menghindarkan virus-virus membahayakan menyerupai herpes, hepatitis C dan HIV
9. Mengurangi berat badan
10. Memperbaiki sistem pencernaan dan perembesan nutrisi
11. Membantu mencegah penuaan dan pengkerutan kulit


Sumber http://equatornusantara.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Dan Manfaat Buah Kelapa"

Posting Komentar