Masalah Pendidikan Di Indonesia Dan Solusinya

Masalah pendidikan di indonesia - Bagi sebagian orang pendidikan di Indonesia dianggap masih dalam keadaan “sakit”. Hal ini dikarenakan pendidikan yang harusnya memanusiakan insan tidak dilaksanakan dengan maksimal. Sering kali pendidikan di Indonesia tidak memanusiakan manusia. Masalah pertama dalam pendidikan di Indonesia yakni pendidikan yang cenderung menghasilkan “manusia robot”. Karena pendidikan di Indonesia tidak seimbang antara kognitif dan afektif siswa.

Unsur Integrasi akan semakin hilang, disintegrasilah akan terjadi. Belajar tidak hanya wacana berpikir. Di dalam mencar ilmu orang akan melaksanakan banyak kegiatan, ibarat membandingkan, mengamati, menyukai, meragukan, semangat, dll. Pendidikan sering kali dilaksankan sebagai rentetan aba-aba dari guru kepada siswa. Pendidikan kini cenderung membuat insan yang siap pakai. “siap pakai” berarti membuat tenaga-tenaga yang diperlakukan dalam pengembangan teknologi dan industri. Melihat hal tersebut, sepertinya insan dilihat sama ibarat komponen atau materi pendukung industri. Jadi, forum pendidikan diharuskan menghasilkan komponen tertentu yang dituntut pasar. Masalah kedua ialah sistem pendidikan di indonesia yakni sistem top down yakni dari atas ke bawah

Sistem pendidikan yang ibarat ini tidak memberi kebebasan kepada siswa. Siswa dianggap belum mengerti apa-apa. Guru mengarahkan siswa untuk menghafal pelajaran yang diterangkan oleh guru. Otak murid dianggap sebagai safe deposit box, yang dipakai untuk mendapat pengetahuan dari guru. Murid hanya perlu menampung pengetahuan yang disampaikan oleh guru. Kaprikornus guru disini sebagai subyek dan murid menjadi obyek. Model pendidikan ibarat ini tidak memberi kebebasan pada siswa. Hasil model pendidikan ibarat ini akan membuat insan sanggup memenuhi kebutuhan zaman tapi tidak sanggup bersikap kritis pada zamannya.

Dalam masalah ini makna pendidikan yang di utarakan Ki Hajar Dewantara sangat relevan untuk direnungkan. Terdapat dua solusi untuk duduk kasus pendidikan di indonesia yaitu yang pertama solusi sistemik, yaitu solusi untuk mengubah sistem sosial yang berkesinambungan dengan sistem pendidikan. Seperti yang diketahui sistem pendidikan di Indonesia berkaitan dengan penerapan sistem ekonomi yang mempunyai prinsip untuk meminimalkan tugas dalam permasalahan publik, ibarat pendanaan dalam pendidikan.

Baca juga: Dilematis Pendidikan Gratis Di Indonesia

Yang kedua yakni solusi teknis, dimana solusi ini berhubunagn dengan hal teknis yang berkaitan dengan pendidikan. Solusi ini bertujuan untuk menuntaskan masalah-masalah ibarat kualitas para guru dan prestasi siswa. Contohnya kualitas guru rendah, misalnya, di samping memberi peningkatan dalam kesejahteraan, juga membiayai guru untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, dan memperlihatkan guru training sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas mereka. Sedangkan untuk siswa yang berprestasi rendah, solusinya yakni untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas materi pelajaran, sarana pendidikan, dll. Dengan solusi tersebut, pendidikan di Indonesia dibutuhkan sanggup dari keterpurukannya, sehingga akan membuat generasi gres yang bermartabat dan berbudi luhur. Demikianlah, ulasan wacana duduk kasus pendidikan di indonesia


Sumber http://infopendidikanterbaruku.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masalah Pendidikan Di Indonesia Dan Solusinya"

Posting Komentar