Langkah Demi Langkah Untuk Menanam Merica

LANGKAH DEMI LANGKAH UNTUK MENANAM MERICA

Merica atau lada yakni salah satu jenis rempah-rempah berbentuk biji yang dipanen dari tumbuhan dengan nama yang sama. Manfaat merica sebagai rempah-rempah penghangat badan sangat dibutuhkan oleh masyarakat di seluruh dunia semenjak zaman dahulu, itulah kenapa bangsa Eropa pada masa kemudian berdatangan ke Indonesia sampai terjadilah kolonialisme yang diawali dengan mendaratnya bangsa Portugis pertama kali di Maluku

Cara menanam merica tidaklah terlalu sulit, bahkan saking gampangnya tumbuhan merica hampir sanggup tumbuh di seluruh wilayah tropis di Indonesia. Budidaya merica yang dilakukan oleh para petani sebagai komoditi ekspor Indonesia.

Merica atau lada dari Indonesia sudah dikenal di seluruh dunia sebagai komoditi dengan kualitas terbaik. Maka jikalau Anda ingin mencoba untuk budidaya merica, potensi pasarnya sangat terbuka lebar dari pasar lokal sampai mancanegara. 

Selengkapnya inilah cara menanam merica, rempah kecil andalan ekspor Indonesia yang populer diseluruh dunia :

Syarat Tumbuh Merica

  • Cara menanam merica yang baik berada di lahan dengan curah hujan antara 2.500 – 3.000 mm / tahun. 
  • Mendapat sinar matahari kurang lebih 10 jam / hari dengan suhu udara 20 – 34 derajat celcius. 
  • Tahan subur dengan PH 5 – 7 , serta berada di ketinggian antara 300 – 1.500 meter diatas permukaan bahari merupakan lokasi yang tepat untuk cara menanam merica. 
  • Contoh tanah yang baik untuk cara menanam merica antara lain jenis lateritic, utisol, podsolik, dan latosol.
Pembibitan Merica

Langah awal untuk cara menanam merica adalah memilih hibrida biar tumbuhan merica yang dihasilkan sanggup menghasilkan panen yang maksimal. Beberapa ciri bibit merica unggul antara lain :

  • Bibit merica bebas dari hama dan penyakit 
  • Bibit berasal dari tumbuhan induk merica yang sehat 
  • Kemurnian bibit merica terjamin 
  • Untuk satu hektar lahan, dibutuhkan kurang lebih 2.000 bibit merica
Mengolah Lahan Cara menanam Merica

  • Cangkul lahn sedalam 30 cm sampai menjadi gembur 
  • Untuk tanah ber PH kurang dari 5, tambahkan kapur dolomite 500 kwintal pada lahan kemudian diamkan selama 4 ahad sebelum masa tanam dimulai 
  • Berikan pupuk sangkar yang telah difermentasikan untuk menambah kesuburan lahan, dan diamkan kembali selama 2 ahad biar nutrisi tercampur tepat di dalam lahan. 
BACA JUGA:

  • Cara menanam merica sanggup dilakukan dengan sistim monokultur maupun tumpangsari dengan jarak antar tumbuhan 2 x 2 meter. 
  • Buatlah lubang tanam berbentuk limas dengan kedalaman 50 cm, ukuran bawah 40 x 15 cm, serta ukuran atas 40 x 35 cm. 
  • Diamkan lubang tanam selama 2 ahad sebelum mulai menanam 
  • Waktu untuk memulai cara menanam merica yang baik yakni di awal ekspresi dominan penghujan pada pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari mengenai bibit yang gres ditanam. 
  • Setelah bibit di tanam, taburkan pupuk kompos dengan takaran 100 gram / tumbuhan kemudian sirami dengan air secukupnya. 
Tahap Pemeliharaan Tanaman Merica

Pembuatan Sulur 
Buatkan atap di atas tumbuhan merica dengan materi bamboo atau kayu, kemudian ikatkan tali dari atap dan julurkan ke bawah sampai mengenai tumbuhan sebagai media untuk merambat. 

Penyiangan Tanaman 
Cara menanam merica juga diharapkan pencucian rumput atau gulma yang mengganggu di sekitar tanaman, lakukan penyiangan rutin setian 3 bulan sekali. 

Perempelan Tanaman 
Pangkaslah batang, ranting, maupun dahan tumbuhan yang layu atau terindikasi terjangkit hama penyakit untuk meremajakan tumbuhan merica. 

Pemupukan Susulan 
Seperti pada tumbuhan lainnya, cara menanam merica juga membutuhkan pemupukan susulan untuk menjaga nutrisi tanah biar tetap terjaga. Lakukan pemupukan susulan setiap 6 bulan sekali dengan pupuk sangkar atau kompo
Penyiraman Tanaman 
Untuk menjaga tumbuhan merica biar tumbuh dengan baik, maka lakukan penyiraman secara rutin sehari sekali serta ciptakan drainase yang baik biar ketika ekspresi dominan hujan tiba, air tidak menggenangi lahan budidaya merica. 

Panen Merica 
Dengan mempraktekkan cara menanam merica yang sesuai dengan anutan budidaya, maka Anda sudah sanggup memanen merica pada ketika umur tumbuhan menginjak usia 3 tahun. Ciri-ciri tumbuhan merica siap panen yakni tangkai biji atau buah mulai terlihat menguning serta warna buah kuning kemerahan. 

Cara memanen merica yakni dengan mematahkan tangkai buah pada ketiak dahan dengan memakai tangan. Dengan melaksanakan cara menanam merica yang benar, tumbuhan merica Anda sanggup terus di panen sampai usia produktif tumbuhan kurang lebih 8 sampai 15 tahun tergantung dari varietas bibit merica yang Anda tanam. 


Sumber http://tipspetani.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Demi Langkah Untuk Menanam Merica"

Posting Komentar