Belajar Dasar-Dasar Bahasa Pemograman Komputer

Salam blogger. allcatatan.blogspot.com Pada postingan yang kemudian all.catatan.blogspot.com sebelumnya sudah membahas sejarah bahasa pemograman komputer. Nah pada kesempatan kali ini allcatatan.blogspot.com akan mebahas perihal belajar dasar - dasar bahasa pemograman komputer. Tulisan senada mungkin sudah pernah di tulis di media-media, bahkan mungkin sudah ada buku bagaimana tips mempelajari sebuah bahasa pemrograman aplikasi berbasis web. Tetapi saya mungkin mempunyai cara pandang lain, bagaimana berguru pemrograman komputer secara gampang dan menyenangkan.

Sebelum seseorang terjun ke dalam bidang pemrograman, ada beberapa syarat yang harus di penuhi, semoga berguru pemrograman ini tidak menjemukan, diantaranya yaitu :
  1. Hobi atau bahagia dengan utak-atik, hal ini mutlak di perlukan, sebab kesenanganlah yang menciptakan programming menjadi menarik dan tidak menakutkan, serta tidak menjemukan.
  2. High curiousity, yakni rasa ingin tau yang tinggi. Yakni bagaimana memecahkan sebuah duduk kasus pemrograman hingga ketemu dan simpulan masalahnya, bahkan mungkin tidak bisa tidur, bagaimana menuntaskan duduk kasus itu.
  3. Mau belajar. Makara seorang programmer jangan gampang puas, harus terus mengasah skill dan kemampuan semoga bisa bersaing dengan yang lainnya.
  4. Bisa bahasa inggris minimal pasif, mengingat semua manual pemrograman dikala ini kebanyakan masih berbahasa inggris. Tapi dengan adanya Google Translator, mungkin duduk kasus ini sebentar lagi teratasi.
Keempat syarat di atas mungkin bukanlah syarat mutlak, tetapi minimal harus dimiliki oleh seorang programmer.

Adapun langkah-langkah berguru bahasa pemrograman yaitu sebagai berikut :
  1. Menentukan bahasa pemrograman yang cocok. Bahasa pemrograman yang gampang di pelajari belum tentu cocok dengan huruf kita, sebab bahasa pemrograman yang anggun itu tidak hanya gampang di pelajari, tetapi menyediakan fitur-fitur yang cukup lengkap untuk menciptakan suatu aplikasi yang kita inginkan. Bila orientasi kita yaitu bidang pekerjaan yang nanti kita tekuni, maka carilah bahasa pemrograman yang paling banyak di pakai di dunia, menyerupai Java, PHP, C++, ASP dan lain-lain. Bahasa pemrograman tersebut mendukung konsep OOP baik secara parsial menyerupai PHP dan ASP, maupun full OOP menyerupai Java.
  2. Menentukan tools development yang cocok. Karena kita masih terkendala dengan duduk kasus lisensi yang tidak murah, maka carilah peralatan development yang open source atau gratis, menyerupai PHPEdit, PSPad Edit, EditPlus dan lain-lain. Untuk Java, ada tool gratis yang berjulukan Netbeans.
  3. Belajar mengetik sepuluh jari. Ini mungkin kurang di sukai oleh sebagian orang, tapi sangat penting bagi seorang programmer, bagaimana ia berbuat dengan jari-jarinya, maka kemampuan menguasai papan keyboard menjadi syarat mutlak. Ada banyak software typing tutor gratis yang bisa di unduh di internet diantaranya yaitu TypeFaster ,RapidTyping Tutor, FastType dan lainnya. Bila Anda sudah mempunyai kecepatan ngetik 200cpm (karakter per menit) itu sudah cukup, berarti anda siap untuk menjadi programmer handal.
  4. Mencari buku yang tepat, mengapa saya katakan “mencari buku yang tepat?” Karena tidak semua buku petunjuk pemrograman anggun untuk di beli dan di pelajari. Kebanyakan yaitu berisi tutorial semata, kurang bobot, sebab pemrograman bergotong-royong bukan hanyak memanfaatkan tool, tapi lebih dari itu, konsep pemrograman yang benar harus di kuasai.
  5. Mencari mentor yang tepat. Mengapa mencari mentor. Seorang mentor atau pelatih tidak melulu kita dapatkan ketika kita mendaftar ke forum kursus tertentu. Mentor lebih dari sekedar guru, sebab ia bisa kita tanya kapan saja kalau kita menemui kesulitan. Sekali lagi, kita tidak perlu kursus untuk mendapat mentor ini, tetapi kalau anda kemudian ikut kursus, itu lebih baik lagi. Mentor bisa berasal pula dari kalangan profesional yang aktif di millist-milist pemrograman. maka jangan malas untuk ikutan milist, semoga pengetahuan anda bertambah.
  6. Mencari waktu yang tepat. Membuat aktivitas yaitu bekerja dengan otak kita, maka otak kita butuh ketenangan dikala bekerja. Dalam kondisi emosi, otak tidak akan bekerja dengan baik, maka memilih waktu yang sempurna untuk berguru pemrograman juga di perlukan.
  7. Carilah proyek kecil. Untuk mengasah kemampuan anda dalam menciptakan program, diharapkan latihan yang intens. Mencari proyek kecil-kecilan, menyerupai menuntaskan kiprah sobat kuliah dan sebagainya bisa menjadi solusi sempurna dan sekaligus bisa mendatangkan uang.

Bila anda menjalankan ke tujuh langkah berguru pemrograman di atas, saya yakin kurang dari setahun anda akan menjadi seorang programmer yang handal, apalagi kalau anda sering mendapat proyek-proyek aplikasi, dari rekan maupun dari orang lain yang membutuhkan jasa pemrograman atau pengolahan informasi.

Semoga bermanfaat.



Sumber http://allcatatan.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Dasar-Dasar Bahasa Pemograman Komputer"

Posting Komentar