Soal ppg dalam jabatan dan kunci jawaban - terlebih dahulu saya ucapkan selamat kepada penerima Program pendidik guru yang telah diundang dan terdaftar tahun 2017. Bagi anda yang belum diundang jangan berkecil hati, alasannya anda bisa melapor ke admin ppg sentra di alamat formulir pengaduan berikut : http://gg.gg/PPGJ-Usulan
Adapun pada postingan kali ini admin ingin menyebarkan soal-soal pretest ppg dalam jabatan beserta kunci tanggapan yang bisa bapak dan ibu guru download melalui tautan yang kami sematkan dibawah
Latihan soal ppgj 2017 bisa anda pelajari dibawah ini sebagai referensi. Semoga bermanfaat
69. Menggambarkan sejauh mana seorang penerima didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. tujuan penilaian
B. prinsip penilaian
C. fungsi penilaian
D. hasil penilaian
70. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok penerima didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan agenda pengayaan merupakan….
A. prinsip penilaian
B. tujuan penilaian
C. fungsi penilaian
D. bentuk penilaian.
71. Assesment hasil berguru penerima didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
A. objektif
B. adil
C. kooperatif
D. terpadu.
72. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
73. Penilaian yang sanggup dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. akuntabel
C. valid
D. sistematis
74. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan sedikit demi sedikit dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
75. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan assesmen hasil berguru penerima didik, kecuali….
A. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B. memakai teladan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C. ditindaklanjuti dengan agenda remedial dan pengayaan
D. dilakukan pengulangan jikalau ternyata karenanya banyak yang jelek
76. Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan penerima didik untuk berguru sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya berguru masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan individual penerima didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
77. Berdasarkan data hasil penilaian pembelajaran wacana memahami teks anekdot ternyata karenanya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti agenda remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti agenda pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa sanggup dilakukan oleh guru dengan cara...
A. Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
D. Memberi kiprah mengerjakan Lembar Kerja Siswa
78. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan berguru optimal tampak dalam acara guru sebagai berikut:
A. Memberikan komplemen materi berupa sumber bimbing dari pengarang yang berbeda
B. memperlihatkan test komplemen dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memperlihatkan komplemen sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi materi bimbing yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesulitan tinggi
79. Dasar rancangan agenda remidi bagi penerima didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan berguru ….
A. proses pengajaran remedial intinya ialah proses berguru mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial ialah sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial ialah peningkatan kecerdasan siswa
D. taktik yang dipilihhanya berbentuk test ulang
80. Salah satu prinsip merancang agenda remidial bagi penerima didik tampak dalam acara guru ….
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa penerima remedial
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian berguru siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan klarifikasi materi
81. Agar sanggup menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda sanggup melaksanakan kegiatan-kegiatan. Salah satu acara itu ialah pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan acara PTK pada langkah ...
A. merumuskan masalah
B. mengidentifikasi masalah
C. Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D. menyusun ajuan penelitian
82. Mengetahui proses tindakan, imbas tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan hambatan tindakan, (d) bagaimana keadaan dan hambatan tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan acara PTK pada langkah ….
A. refleksi
B. observasi
C. perencanaan
D. pelaksanaan
83. Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud ialah ….
A. A. observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C. perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
84. Rumusan duduk masalah dalam PTK berikut, yang mana paling sempurna disebut sebagai rumusan duduk masalah PTK?
A. Apakah imbas permainan kiprah sanggup meningkatkan keaktifan siswa kelas XI Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali?
B. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa siswa Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam banyak sekali perlombaan nasional?
D. Bagaimana cara memakai alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
85. Dalam Penelitian tindakan kelas, duduk masalah yang diteliti berasal dari ....
A. kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B. keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C. harapan untuk membantu guru
D. kepedulian peneliti akan kinerja guru
86. Di bawah ini ialah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) berdasarkan Suharsimi Arikunto, kecuali….
A. Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
B. Kegiatan yang direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya empiris dan sistematis
87. Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara sedikit demi sedikit dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan data
B. Menganalisis masalah
C. Mencapai tujuan
D. Menentukan ruang lingkup
88. Peran guru dalam PTK ialah sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C. Guru dan Peneliti
D. Objek Penelitian
89. Berikut ini acara PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A. Pelaksanaan tindakan
B. Observasi dan intepretasi
C. Diskusi balikan
D. Analisis data
90. Tujuan PTK adalah…
A. Perbaikan KBM
B. Menyusun teori baru
C. Memperbaiki teori
D. Menyusun generalisasi
91. Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
92. Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi pecahan dari PTK khususnya pada bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi penelitian
93. Persiapan awal dalam PTK adalah…
A. Menyiapkan cara wawancara
B. Membuat analisis kelayakan hipotesis
C. Membuat planning (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D. Menyiapkan fasilitas dan sarana
94. Proposal penelitian dalam PTK adalah….
A. Usulan untuk mendapat dana penelitian
B. Uraian wacana komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C. Uraian projek penelitian pendidikan
D. Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK
95. Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A. Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B. Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan tindakan
D. Observasi dan inperetasi.
96. Kegiatan yang harus dilakukan sesudah pembelajaran adallah melaksanakan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh penerima didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi penerima didik adalah....
A. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. untuk mencapai kepuasaan diri penerima didik memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C. untuk meningkatkan motivasi berguru penerima didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D. untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan penerima pendidik.
97. Kegiatan yang harus dilakukan sesudah pembelajaran ialah melaksanakan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain ialah ….
A. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil berguru penerima didik
B. Untuk melaksanakan penilaian diri terhadap hasil berguru yang telah dilakukan
C. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
98. Kegiatan refleksi merupakan acara terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada acara inilah guru akan sanggup mengetahui berhasil tidaknya planning pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya ialah ....
A. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian dilaksanakan di tamat pembelajaran
D. Penilaian dilaksanakan semenjak awal pembelajaran hingga tamat pembelajaran
99. Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya ialah ….
A. Penilaian dilaksanakan di tamat pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian oleh penerima didik dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
100.Untuk mengetahui keberhasilan berguru penerima didik, baik selama maupun sesudah penerima didik mengikuti pembelajaran tertentu sanggup dilihat melalui pengamatan keaktifan penerima didik dalam berafiliasi atau wawancara wacana kesulitan-kesulitan yang dihadapi penerima didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang sanggup menjelaskan memperlihatkan klarifikasi tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya ialah ...
A. Mengapa penerima didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan biar efektif?
C. Apakah kompetensi awal penerima didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. mengapa penerima didik kita memperlihatkan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan
Demikian, soal pretest ppgj yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat untuk guru sd, smp, sma dan smk penerima ppg tahun 2017.
Sumber http://infopendidikanterbaruku.blogspot.com
0 Response to "Soal Pretest Ppgj Dan Kunci Jawaban"
Posting Komentar