Pasar yang terkait dengan booming sektor perumahan tidak saja hanya developer saja yang sanggup mendapat untung, pengusaha toko bangunanpun akan kecipratan. Karena segala kebutuhan pembangunan akan melibatkan toko materi bangunan/material. Masih ditambah lagi bahwa konsumen pasar materi bangunan tidak saja untuk pembangunan rumah gres saja namun juga untuk kebutuhan renovasi perumahan yang sudah usang berdiri.
Kalau menyidik kebanyakan toko materi bangunan yang sudah ada ketika ini kebanyakan yaitu toko material yang kurang rapi dan kumuh dengan banyak sekali materi material yang disimpan kurang teratur. Saat ini konsumen menuntut toko materi bangunan dengan konsep yang lebih modern dengan konsep swalayan. Kalau kita perhatikan supermarket materi bangunan menyerupai Depo Bangunan bukan didatangi oleh tukang bangunan namun pengunjungnya yaitu pemilik rumah atau bangunan yang menentukan sendiri produk-produk materi bangunan yang ingin dipasang dirumahnya. Konsumen sanggup menentukan sendiri dan berkonsultasi dengan petugas terkait penggunaan atau menentukan produk yang sesuai dengan konsep rumah yang hendak dibangun/direnovasi.
Nah ketika ini sudah ada beberapa pihak yang melaksanakan downsizing pasar, tidak hanya membidik pasar yang terlalu besar namun membidik konsumen yang lebih kecil. Pasar yang hendak disasar yaitu segmen pasar yang akrab dengan perumahan namun dengan memperlihatkan konsep toko materi bangunan dengan yang lebih modern. Saat ini ada beberapa pemilik waralaba yang memperlihatkan sistim kemitraan dalam bentuk waralaba toko materi bangunan diantaranya yaitu Home Builders Center dan Solusi Rumah Holcim. Dua pemilik waralaba ini meski memperlihatkan konsep waralaba namun mengatakan persayaratan yang sedikit berbeda diantara mereka kepada para calon mitra. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan kepada pihak mana yang menarik untuk menjalin kerjasama supaya tidak menyesal dikemudian hari. Kecocokan dalam konsep bisnis dan kemampuan anggaran yaitu dua hal yang minimal perlu dipertimbangkan sebelum baiklah menjalin kemitraan. Persyaratan mengenai pengetahuan seluk beluk bisnis materi bangunan juga berbeda antara dua pewaralaba tersebut. Kedua pewaralaba ini menekankan bahwa konsep perjuangan toko materi bangunan ini tidak hanya menjual produk saja namun juga menekankan adanya pelayanan kepada konsumen tidak menyerupai toko material pada umumnya. Secara umum persyaratan wirausaha dalam sistim kemitraan perjuangan waralaba yaitu sebagai berikut:
Home Buiders Center (HBC)
Persyaratan kemitraan:
1. Tidak perlu keahlian dan pengalaman mengenai perjuangan materi bangunan hanya perlu menyediakan lahan perjuangan beserta izin usahanya
2. Menyediakan bangunan sebagai toko dengan luas antara 200 – 650 m2. Bisa berbentuk rumah ataupun ruko
3. Toko Terletak dilokasi yang strategis
4. Disekitar lokasi toko dalam radius 3 km minimal terdapat 3 kompleks perumahan
5. Menyediakan anggaran sendiri untuk keperluan renovasi toko, biaya manajemen, perizinan, penyediaan sarana dan prasarana toko menyerupai AC, komputer, billboard dsb.
6. Terdapat tiga kategori toko yaitu 200 m2, 450 m2 dan 650 m2 dengan nilai investasi berkisar antara Rp 300 juta sampai Rp 525 juta tergantung besar toko (sudah termasuk management fee selama 6 tahun).
7. Toko materi bangunan dengan konsep minimarket dengan sistim bagi hasil (profit sharing) 6,5 % dari penjualan. Bila omset bulanan dibawah Rp 100 juta, kawan tidak akan mendapat bagi hasil.
8. Semua aktivitas perjuangan bisnis toko dilakukan oleh administrasi HBC dengan pelaporan perjuangan tiap bulan secara transparan dan jelas.
9. Perkiraan modal kembali sekitar 3 tahun
Solusi Rumah Holcim
Persyaratan kemitraannya yaitu :
1. Terdiri dari dua jenis bentuk kemitraan : Solusi Rumah Retail dan Solusi Rumah concrete product manufacturer (CPM).
2. Solusi Rumah Retail berbentuk toko material yang menjual banyak sekali produk materi bangunan sedangkan Solusi Rumah CPM yaitu pabrik materi bangunan menciptakan produk seperti: lengkong, batako, dan ubin.
3. Calon kawan sudah berpengalaman atau mempunyai perjuangan toko materi bangunan sendiri dengan status kepemilikan.
4. Membayar paket waralaba berkisar antara 50 juta sampai 75 juta sudah termasuk franchise fee yang berlaku selama 5 tahun untuk paket Solusi Rumah Retail sedangkan untuk Solusi Rumah CPM butuh modal sebesar 1,4 – 1,7 milyar rupiah (termasuk paket waralaba, franchise fee selama 5 tahun dan pembangunan pabrik termasuk mesin dan peralatan pabrik).
5. Margin sharing untuk kawan sekitar 10 % untuk paket Solusi Rumah Retail dan 20 - 30 % untuk paket Solusi Rumah CPM. Payback period untuk paket Solusi Rumah Retail sekitar 1 tahun dengan perkiraan omset penjualan toko mencapai 750 juta rupiah. Sedangkan jangka waktu pengembalian untuk paket Solusi Rumah CPM sekitar 3,5 tahun.
Nah itu citra sekilas kalau anda ingin bermain dengan sistim kemitraan atau waralaba sebagai wirausaha toko materi bangunan dengan konsep swalayan baik dengan Home Builders Center atau dengan Solusi Rumah Holcim. Dengan sistim kemitraan yang berbeda anda sanggup menentukan pihak mana yang anda merasa lebih pas.
Hubungi:
HBC
Jl. Boulevard Raya Blok L/3
Jakarta Utara
Telp: 021-45843005
PT Holcim Indonesia Tbk
Menara Jamsostek North Building 15th floor
Jl. Gatot Soebroto No. 38
Jakarta
Mitraku@holcim
Sumber http://wirausahainfo.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58Related Posts :
✔ Membuka Perjuangan Sablon Digital Untuk Produksi Kaos Distro Menikmati kopi dipagi hari sambil bersantai dengan meletakkan kaki kanan bertopang di atas kaki kiri dan mengayunkannya dengan perlahan-l… Read More...
✔ Menjadi Pengusaha Produsen Boneka Produsen dalam ekonomi yaitu organisasi/kelompok/orang yang menghasilkan suatu barang/jasa yang mempunyai nilai pakai dan nilai guna unt… Read More...
✔ Perjuangan Dagang Atau Jualan Pulsa Saat ini banyak sekali orang yang membuka perjuangan untuk jualan pulsa, tentunya hal ini dikarenakan saking banyakya keperluan akan puls… Read More...
✔ Menjadi Pedagang Kulakan Wirausahainfo.blogspot.com. Zaman semakin modern semakin banyak kebutuhan manusia. Jika mau meneliti dan menganalisa ap… Read More...
✔ Perjuangan Toko & Bengkel Motor Jumlah sepeda motor tumbuh luar biasa, sehingga banyak membuka peluang bisnis. Usaha bengkel motor, toko jual spare part/aksesoris/mur… Read More...
0 Response to "✔ Bisnis Toko Bangunan"
Posting Komentar