Ips Kelas 7 | Mengenal Distribusi Potensi Wilayah Indonesia

 distribusi potensi wilayah indonesia

Artikel IPS kelas VII ini akan membahas distribusi potensi wilayah Indonesia. Mulai dari persebaran wilayah indonesia (dataran rendah, tinggi, laut) dan faktor-faktor dalam distribusi potensi wilayah Indonesia

--

Squad, Apakah kau pernah makan buah strawberry? Pasti pernah dong. Tapi tahu kah kamu, bahwa buah strawberry ini merupakan buah yang hanya bisa hidup pada dataran tinggi?

Dataran tinggi merupakan salah satu potensi wilayah di Indonesia. Hayo, kau tahu nggak ada apa saja potensi di wilayah indonesia yang lain? Kita cari tahu yuk!

Berdasarkan karakteristik wilayah Indonesia gotong royong sanggup dibagi menjadi 3 potensi wilayah, yaitu:

 pembagian potensi wilayah di indonesia

Potensi wilayah dataran tinggi

Dataran tinggi merupakan dataran yang berada pada ketinggian di atas 200 m dari permukaan laut. Dataran tinggi sering dimanfaatkan untuk perjuangan perkebunan dan daerah wisata pendakian. Tumbuhan yang cocok untuk dataran tinggi ini yakni teh, kopi, sayuran, dan buah-buahan menyerupai strawberry. Daerah yang termasuk dataran tinggi di indonesia yakni dataran tinggi dieng, dataran tinggi alas, dan dataran tinggi kerinci.

Potensi wilayah dataran rendah

Dataran rendah merupakan dataran yang berada pada ketinggian 0-200 m di atas permukaan air laut. Nah, dataran ini lah yang biasanya dimanfaatkan untuk pemukiman pendudukan, pertanian, pertambangan hingga perdagangan. Tanaman yang biasa tumbuh pada dataran ini antara lain padi dan palawija.

Potensi wilayah perairan laut

Tahukah kau bahwa luas perairan indonesia sebesar 5,8 juta km2. Dengan perairan yang seluas itu, sumber daya ikan laut di seluruh perairan Indonesia diperkirakan menghasilkan 6,26 juta ton per tahun. Selain itu, wilayah perairan laut indonesia juga menjadi daerah wisata maritim lho.

Baca juga: Mengenal Macam-macam Potensi Sumber daya Alam

Untuk menghafal 3 potensi wilayah di indonesia, kau bisa mengikuti gambar di bawah ini.

cara menghafal cepat wilayah indonesia

Nah, kini kau lebih gampang kan memahami potensi wilayah indonesia. Untuk mengenal distribusi potensi wilayah Indonesia, kau perlu mengetahui faktor-faktor yang menghasilkan interaksi antarwilayah ya. Semangat membaca!

Saling Melengkapi

faktor saling melengkapi dalam distribusi potensi wilayah indonesia

Kondisi faktor ini terjadi dikala ada wilayah-wilayah yang berbeda dalam ketersediaan dan kemampuan sumber daya yang dihasilkannya. Misalnya, wilayah A merupakan penghasil sayuran, sedangkan wilayah B merupakan penghasil ikan. Wilayah A membutuhkan ikan, sedangkan wilayah B membutuhkan sayuran. Maka kedua wilayah ini sanggup melaksanakan interaksi melalui acara perdagangan atau jual beli.

Nah, sebab faktor ini lah mengapa buah strawberry bisa hingga di tangan kamu.

Kesempatan Antara

 kesempatan antara dalam distribusi potensi wilayah indonesia

Kesempatan antara merupakan suatu lokasi yang mengatakan alternatif lebih baik sebagai daerah asal maupun daerah tujuan. Contohnya yakni wilayah A biasanya membeli ikan ke wilayah B, namun gres diketahui wilayah C juga penghasil ikan. Alhasil sebab wilayah C lebih bersahabat dengan wilayah A, maka pembeli ikan dari wilayah A akan beralih membeli ikan ke wilayah C. Akibatnya, interaksi antara wilayah A dan B menjadi melemah.

Kemudahan Transfer

faktor fasilitas transfer dalam distribusi potensi wilayah indonesia

Kemudahan transfer merupakan fasilitas pemindahan manusia, barang, jasa, gagasan dan info antara satu wilayah dan wilayah lainnya. Kemudahan transfer antar wilayah ini sangat berkaitan dengan jarak antarwilayah, biaya transportasi, fasilitas dan kelancaran prasarana dan sarana transportasi antarwilayah.

Bagaimana Squad, sudah paham kan mengenai distribusi potensi wilayah indonesia? Selain indonesia mempunyai potensi yang sangat bermacam-macam di setiap wilayahnya, namun perlu juga ditingkatkan fasilitas transfer dari setiap wilayah tersebut. Baik dari sisi fasilitas prasarana dan sarana transportasi hingga biaya yang sanggup dijangkau. Kalau kau ada PR terkait bahan ini, pribadi aja chat tutor yang berpengalaman lewat ruanglesonline. Yakin deh! Belajar kau niscaya lebih mudah!

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ips Kelas 7 | Mengenal Distribusi Potensi Wilayah Indonesia"

Posting Komentar