7 Trik Jitu Jalankan Wirausaha Sambil Bekerja

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, setiap orang tentu perlu bekerja. Sayang, biaya hidup yang semakin tinggi menciptakan honor dari pekerjaan ketika ini terasa tidak cukup. Karena itu sekarang banyak orang mulai memikirkan untuk memulai usaha/bisnis sendiri demi menambah pundi-pundi uang.

Namun menjalankan wirausaha sambil bekerja penuh waktu juga bukan kasus mudah. Bayang-bayang risiko tinggi serta tidak ada pengalaman membuka perjuangan menciptakan banyak orang mengurungkan niatnya berbisnis.

Padahal tidak ada salahnya mencoba lho, Rekan Kerja. Bagi Anda yang ingin membuka perjuangan sambil bekerja penuh waktu, ada beberapa trik yang bisa dicoba menyerupai berikut ini:

1. Tetapkan visi dan misi

wirausaha

Dalam memulai bisnis, visi, misi, dan nilai perusahaan merupakan hal yang esensial (Sumber: articles.bpplans.com)

Poin ini mungkin terdengar klise. Namun percayalah, dalam memulai sebuah bisnis, Anda akan memerlukan visi dan misi yang terang sebagai contoh awal. Seperti yang dilansir dari Inc (2015), dengan tetapkan visi dan misi, Anda akan mempunyai citra ke mana bisnis dijalankan sehingga fokus nantinya. Tambahkan juga nilai perusahaan yang kelak ingin Anda terapkan dalam kehidupan organisasi dan pada karyawan Anda.

2. Temukan waktu luang

wirausaha

Waktu luang di final pekan sanggup dimanfaatkan untuk mengurus bisnis (Sumber: shutterstock.com)

Banyak orang mundur untuk memulai bisnis alasannya merasa tidak mempunyai waktu luang. Padahal kalau dipikirkan lagi, Anda bergotong-royong bisa memanfaatkan waktu di final pekan. Ini memang akan menyita waktu liburan Anda, namun untuk sanggup berbisnis sambil tetap bekerja full time, tentu ada yang harus dikorbankan, bukan?

Coba luangkan waktu beberapa jam di final pekan untuk memikirkan jenis bisnis yang akan dicoba serta prospeknya di masa mendatang. Selain ketika weekend, Anda juga bisa sedikit mencuri waktu untuk menjalankan bisnis Anda di sela jam istirahat kantor atau sepulang kantor. Yang penting usahakan jangan mengerjakan bisnis Anda pada jam kantor, biar tidak mengganggu kinerja.

3. Bergabung dengan rekan bisnis

wirausaha

Berbisnis bersama akan memudahkan Anda dari sisi risiko dan modal (Sumber: dreamstime.com)

Jika berbisnis sendirian terasa sulit, bagaimana kalau membuka perjuangan bersama? Selain mengurangi risiko, membuka bisnis bersama orang lain akan menciptakan Anda mempunyai teman untuk berdiskusi. Namun ingat, sebaiknya temukan teman bisnis yang mempunyai visi dan misi serupa biar tidak terlalu banyak perbedaan yang sanggup menyulitkan Anda ke depannya.

4. Temukan mentor

wirausaha

Mentor bisnis sanggup menawarkan masukan dan kritik pada bisnis Anda (Sumber: phillymag.com)

Pebisnis yang baik yaitu yang mau mendengarkan masukan serta saran dari orang lain. Karena itu biar bisnis Anda sanggup berjalan lancar, ada baiknya temukan mentor yang bisa menawarkan masukan serta saran.

Tidak harus keluarga, Anda sanggup  meminta saran dari sahabat, atau bahkan mengikuti komunitas entrepreneur untuk saling berdiskusi dan bertukar pendapat seputar bisnis yang tengah dijalani.

5. Digitalisasi humas dan pemasaran

wirausaha

Teknologi menyerupai sosial media sekarang menjadi sarana humas dan pemasaran yang efektif (Sumber: creativemultimedia.id)

Sebuah perjuangan tanpa taktik pemasaran dan humas yang baik tentu akan sia-sia. Tidak perlu lagi memasarkan perjuangan dengan cara door to door, semuanya sekarang bisa dilakukan secara digital melalui sosial media, misalnya. Karena itu penting sekali bagi Anda untuk memahami taktik pemasaran dan humas secara digital, biar jangkauan bisnis lebih luas dan dikenal baik oleh masyarakat.

6. Mulai dari hal yang sederhana

wirausaha

Tidak harus besar, mulai bisnis dari hal yang sederhana menyerupai membuka online shop (Sumber: digitalinbro.com)

Tidak harus pribadi menjalankan bisnis besar, Anda sanggup memulai dari sesuatu yang kecil menyerupai membuka toko daring (online shop). Jika modal yang dibutuhkan masih dirasa terlalu besar, Anda bisa coba menjadi reseller. Selain tidak memerlukan modal terlalu besar, bisnis online juga lebih fleksibel alasannya bisa dilakukan melalui ponsel akil Anda.

7. Kontrol diri

wirausaha

Sabar, gigih, dan konsisten menjadi kunci bisnis sukses (Sumber: selfmadewoman.community)

Poin terakhir yang perlu Anda ingat dalam membuka bisnis sambil bekerja penuh waktu yaitu mempunyai kontrol diri. Bukan tanpa alasan, banyak orang bisa memulai bisnis namun tidak semua bisa mempertahankannya. Rasa bosan dan jenuh seringkali menjadi alasan seseorang balasannya meninggalkan bisnis yang dijalaninya.

Ingat, tidak ada bisnis/usaha besar yang tiba dengan instan. Semua butuh proses dan kesabaran Anda dalam menjalankannya. Jika ketika ini belum berhasil, coba penilaian dan mulai kembali. Dengan niat serta perjuangan yang gigih, kerja keras Anda tidak akan mengkhianati.

 

Itu tadi 7 trik yang bisa Anda coba untuk memulai bisnis sambil tetap bekerja penuh waktu. Apapun bisnis yang akan Anda coba, ingat bahwa niat, tekad, dan perilaku pantang mengalah yang besar lengan berkuasa sangat diharapkan sebagai landasan awal memulai bisnis.

Agar semakin termotivasi, jangan lupa baca artikel menarik lainnya di blog atau aplikasi ruangkerja yang sudah tersedia di Play Store atau App Store. Silakan unduh dengan cara klik gambar di bawah ini. Selamat mencoba, Rekan Kerja!

New call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Trik Jitu Jalankan Wirausaha Sambil Bekerja"

Posting Komentar