Fisika Kelas 10 | Menghitung Gerak Vertikal Dalam Permainan Tenis

header - Fisika 10 - Menghitung Gerak Vertikal dalam Permainan Tenis-01

Pada artikel Fisika kelas X kali ini, kau akan mengetahui wacana gerak vertikal mencakup pengertian, macam, rumus, serta tumpuan perhitungannya dalam permainan tenis.
 
--

Squad, kali ini Rogu ditunjuk sebagai salah satu perwakilan sekolah untuk mengikuti turnamen tenis antar pelajar se-Indonesia. Sebagai persiapannya, Rogu dan teman-teman rutin melaksanakan latihan sebanyak seminggu sekali di final pekan. Pada hari pertama latihan, instruktur mengajarkan teknik-teknik dasar dalam bermain tenis, salah satunya yaitu cara servis bola yang benar. Tahukah kau kalau salah satu tahap dari gerakan servis merupakan tumpuan dari gerak vertikal? Hmm, daripada penasaran, pribadi saja kita simak klarifikasi lengkapnya pada artikel di bawah ini yuk, Squad!

Separator -Gerak Vertikal-01

Oke, sebelumnya mari kita ketahui dulu apa itu gerak vertikal, ya. Gerak vertikal yaitu gerak suatu benda yang dilempar tegak lurus ke bawah atau ke atas dengan kecepatan awal tertentu (V0 ≠ 0). Gerak vertikal mempunyai percepatan konstan (tetap) yang nilainya sama dengan percepatan gravitasi bumi (g). Terdapat dua macam gerak vertikal yang dibedakan menurut arah lemparan bendanya, yaitu sebagai berikut:

1. Gerak vertikal ke atas

Seperti namanya, gerak vertikal ke atas yaitu gerak suatu benda yang dilempar tegak lurus ke atas dengan kecepatan awal tertentu (V0 ≠ 0). Kecepatan awal ini akan mempengaruhi tinggi maksimum yang sanggup ditempuh oleh benda tersebut. Semakin besar kecepatan awalnya, maka semakin tinggi pula ketinggian maksimumnya.

Gerak vertikal ke atas merupakan gerak diperlambat alasannya yaitu semakin ke atas, kecepatannya akan semakin berkurang. Kecepatan benda akan terus berkurang hingga mencapai titik nol, yaitu pada titik tertinggi. Selain itu, kalau arah geraknya ke atas, maka a = -g alasannya yaitu berlawanan dengan gravitasi bumi. Terdapat rumus-rumus yang berlaku pada gerak vertikal ke atas, yaitu:

menghitung gerak vertikal

Kalau kau perhatikan kisah Rogu di atas, ternyata salah satu tahap dari gerakan servis itu merupakan tumpuan dari gerak vertikal ke atas lho. Hmm, tahap yang manakah itu? Coba kau perhatikan gambar di bawah ini!

 

menghitung

Tahap lempar bola (toss) pada gerakan servis (sumber: giphy.com)

Jadi, jawabannya yaitu dikala melaksanakan toss (lempar bola), Squad. Kenapa? alasannya yaitu pada tahap ini, bola dilempar secara vertikal ke atas dengan kecepatan awal tertentu. Nah, selanjutnya, ayo kita perhatikan tumpuan soal di bawah ini:

menghitung gerak vertikal

Penyelesaian:

Diketahui:   V0= 2 m/s dan g = 10 m/s2

Ditanya:

a. Waktu yang diharapkan bola untuk mencapai ketinggian maksimum

menghitung gerak vertikal

Jadi, waktu bola untuk hingga pada ketinggian maksimum yaitu 0,2 s.

b. Ketinggian yang dicapai bola:

menghitung gerak vertikal

Jadi, ketinggian yang dicapai bola yaitu 0,2 m atau 20 cm. 

Squad, selain gerak vertikal ke atas, ada juga yang namanya gerak vertikal ke bawah, nih. Apa itu gerak vertikal ke bawah? Seperti apa ya contohnya? Oke, kalau begitu yuk langsung kita simak!

2. Gerak vertikal ke bawah

Berbeda dengan gerak vertikal ke atas, kalau gerak vertikal ke bawah yaitu gerak suatu benda yang dilempar tegak lurus ke bawah dengan kecepatan awal tertentu (V0 ≠ 0). Jika arah geraknya ke bawah, maka a = g alasannya yaitu searah dengan gravitasi bumi dan benda mengalami percepatan. Terdapat rumus-rumus yang berlaku pada gerak vertikal ke bawah, yaitu:

menghitung gerak vertikal

Lalu, menyerupai apa tumpuan kasus dari gerak vertikal ke bawah? Apakah ketika memukul bola dikala melaksanakan servis? Jawabannya sudah niscaya bukan, Squad. Hal ini alasannya yaitu pada dikala servis, bola tidak dilemparkan secara vertikal ke bawah melainkan bola akan melambung dan lalu jatuh membentuk sudut pada kemiringan tertentu. Contoh kasus yang sempurna dari gerak ini yaitu ketika bola dilempar tegak lurus ke bawah dengan kecepatan awal tertentu, menyerupai gambar di bawah ini:

menghitung gerak vertikal

Berdasarkan gambar di atas, diketahui kalau Rogu melempar bola secara vertikal ke bawah dengan kecepatan awal 8 m/s. Bola itu datang di tanah sesudah 2 s. Coba yuk kita sama-sama hitung berapa kecepatan bola dikala menyentuh tanah?

Penyelesaian:

Diketahui:   V= 8 m/s, t = 2 s, dan g = 10 m/s2

Ditanya: Kecepatan bola dikala menyentuh tanah?

menghitung gerak vertikal

Jadi, kecepatan bola dikala menyentuh tanah yaitu sebesar 28 m/s. Bagaimana sampai di sini? Kamu paham kan, Squad? Ternyata, gerak vertikal ini banyak lho contohnya, tidak hanya yang sudah kita bahas saja. Oh iya, rumus-rumus di atas tadi jangan lupa kau hafal nih agar kau jadi lebih gampang dalam mengerjakan soal. 

menghitung gerak vertikal

Nah, kalau kau ada pertanyaan mengenai bahan ini, jangan ragu untuk tuliskan pertanyaanmu di kolom komentar, ya. Jika ada PR yang masih sulit untuk kau kerjakan, kau sanggup nih gunakan aplikasi ruanglesonline. #BelajarJadiPraktis dengan bertanya ke tutor secara online. Semangat mencar ilmu ya, Squad!

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fisika Kelas 10 | Menghitung Gerak Vertikal Dalam Permainan Tenis"

Posting Komentar