Cara Merawat Burung Kacer Bagi Pemula

Baru pertama kali memelihara burung kacer? Berikut tips merawatnya

Bagi para pencinta burung, jenis burung kacer mungkin sudah tidak gila lagi. Burung yang mempunyai nama lain burung poni ini merupakan salah satu jenis burung yang banyak diminati alasannya ialah kicauannya yang mantap dan postur yang gagah. Selain itu harga burung kacer yang terawat dan berkualitas anggun sanggup mencapai jutaan rupiah. Bagi Anda yang ingin memulai memelihara burung kacer, berikut cara merawat burung kacer:

Kenali Karakter Burung Kacer

Baru pertama kali memelihara burung kacer Cara Merawat Burung Kacer Bagi Pemula
Burung Kacer – faunadanflora.com

Sebelum tetapkan merawat burung kacer, Anda harus memahami terlebih dulu bagaimana karakteristik burung ini biar Anda sanggup menjalin “chemistry” dengan mudah. Berikut beberapa karakteristik burung kacer:

1 .Burung Kacer Praktis Beradaptasi

Burung kacer termasuk golongan burung yang simpel jinak dan simpel mengikuti keadaan dengan lingkungan.

2. Burung Kacer Termasuk Burung Petarung

Burung kacer merupakan jenis burung yang mempunyai jiwa petarung cukup kuat. Hal  terlihat dari posturnya yang gagah dan kokoh.

3. Burung Kacer Praktis Marah

Baru pertama kali memelihara burung kacer Cara Merawat Burung Kacer Bagi Pemula
Burung Kacer – hewan.co

Dibalik sifatnya yang simpel beradaptasi, ternyata burung kacer membawa sifat bawaan sebagai burung petarung yaitu simpel marah.

4. Burung Kacer Praktis Jinak

Burung kacer tergolong burung yang simpel jinak. Kaprikornus bila Anda termasuk golongan pemula di dunia perburungan, Anda tidak perlu khawatir kesulitan ketika merawat burung ini.

5. Burung Kacer Bisa Mbagong Pada Kondisi Tertentu.

Burung kacer juga sanggup mengalami kondisi mbagong atau mbedesi. Jika burung ini sudah mbagong atau mbedesi, harganya sanggup turun drastis di kisaran ratusan ribu. Beberapa penyebab burung kacer mbagong yaitu derma embel-embel kuliner yang terlalu banyak, sedang tinggi birahi, atau sedang dalam kondisi stres.

Agar kondisi burung kacer kesayangan tetap prima dan tidak simpel mbagong, Anda sanggup melaksanakan beberapa langkah perawatan berikut ini:

1. Bersihkan Sangkar Setiap Hari

Anda harus membersihkan kandang burung kacer setiap hari biar kondisi kandang senantiasa bersih. Hal ini bertujuan biar burung kacer tidak simpel terjangkit penyakit tanggapan kandang yang kurang bersih.

2. Mandikan Burung secara Teratur

Selain membersihkan kandang burung secara teratur, burung kacer juga harus dimandikan setiap pagi dan sore hari. Hal ini perlu dilakukan biar burung kacer tidak simpel terjangkit kutu dan penyakit.

3. Letakkan Burung di Area yang Segar dan Kaya Oksigen

Setelah burung dimandikan, Anda sebaiknya mengangin-anginkannya di daerah yang rindang dan asri. Tempat yang segar dan kaya oksigen sangat anggun untuk kondisi psikologis si burung sehingga tidak simpel stres.

4. Berikan Makanan yang Bergizi dan Disukai oleh Burung Kacer

Baru pertama kali memelihara burung kacer Cara Merawat Burung Kacer Bagi Pemula
Burung Kacer – ngapak.net

Makanan yang bergizi merupakan salah satu hal penting yang besar lengan berkuasa pada kesehatan dan kualitas burung Kacer. Beberapa jenis kuliner yang baik bagi burung kacer antara lain: voer sebagai kuliner utama, jangkrik dan kroto sebagai kuliner tambahan.

5 Jemur Burung

Burung kacer juga sanggup mengalami kondisi mbagong atau mbedesi. Jika burung ini sudah mbagong atau mbedesi, harganya sanggup turun drastis di kisaran ratusan ribu. Beberapa penyebab burung kacer mbagong yaitu derma embel-embel kuliner yang terlalu banyak, sedang tinggi birahi, atau sedang dalam kondisi stres.

Jangan lupa untuk menjemur burung ketika pagi hari. Lakukan antara pukul 7 sampai 9 pagi biar burung menerima vitamin D dari paparan sinar matahari yang sangat anggun bagi kesehatan dan ketahanan tubuhnya. Saat menjemur, usahakan burung tidak bertemu dengan burung kacer lainnya.

6. Kondisikan Sangkar Burung Tertutup

Setelah burung kacer dimandikan, diberi makan dan dijemur, saatnya burung kacer dimasukkan kembali ke dalam kandang yang tertutup. Hal ini memudahkan Anda dalam melatih burung tersebut biar menjadi juara.

7. Latih Burung Kacer biar Menjadi Master

Tidak ada kemenangan tanpa proses perjuangan. Demikian juga ketika Anda ingin burung kacer milik Anda menjadi juara, Anda harus melatihnya mendengarkan bunyi master setiap hari. Beberapa pilihan bunyi master yang tersedia dalam format mp3 antara lain Cucak Jenggot, Parkit, Sogok Ontong, dan Gereja Tarung.

Demikian ulasan mengenai cara merawat burung kacer bagi pemula. Selamat menimbulkan burung kacer Anda sebagai kacer juara.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat Burung Kacer Bagi Pemula"

Posting Komentar