Karakteristik Burung Srigunting Dan Macam Jenisnya

Burung srigunting terkenal dengan keahliannya dalam menirukan bunyi jenis burung lain. Namun selain itu burung srigunting juga terkenal dengan nalar yang licik khususnya dalam mencari makanan.

Pada habitat yang aslinya, burung ini selalu mencoba merebut kuliner yang sudah dibawa burung yang lain. Caranya dengan menakut-nakutinya dengan menggunakan bunyi burung predator yang sudah di kuasai.

Di negara Indonesia, ada aneka macam macam jenis burung srigunting dan setiap jenisnya itu masing-masing punya kemampuan menirukan bunyi burung denagn baik.

Seperti burung Srigunting yang berada di Jawa Barat terkenal dengan nama saeran gunting punya bermavam macam spesies yang penyebarannya di wilayah Indonesia.

Spesies dari burung srigunting ternmasuk burung yang merupakan keluarga Dicruridae yang menyebar hampir pada setiap benua Asia, Afrika dan juga benua Australia.

Dicruridae ini punya dua genera atau genus. Antara lain yaitu Chaetorhynchus dan juga Dicrurus. Genus Chaetorhynchus yaitu spesies tunggal yang terdiri dari srigunting kerdil atau pygmy drongo yang masuk pada burung endemik asal Papua.

Karakteristik Burung Srigunting

Burung srigunting terkenal dengan keahliannya dalam menirukan bunyi jenis burung lain Karakteristik Burung Srigunting dan Macam Jenisnya
Karakteristik Burung Srigunting

Banyak orang yang menyebut srigunting watu dengan julukan srigunting krantil. Akan tetapi sebagian dari pecinta burung kicau lainnya juga memasukkan srigunting bukit dengan sebutan srigunting krantil.

Oleh lantaran itu, semoga tidak bingung, lantaran di Indonesia terdapat banyak sekali nama lokal untuk 1 spesies burung ini.

Karakteristik burung srigunting mempunyai panjang badan kurang lebih 30 cm. Dimulai menghitung mulai dari ujung kepala hingga dengan ujung antenanya. Pada kepingan ujung antena melebar hanya pada sisi sebelah luar dan juga berpilin.

Karakteristik burung srigunting ialah ada yang mempunyai jambul. Bagian jambul yang terdapat pada burung srigunting bergotong-royong termasuk perpanjangan dari bulu-bulu pada kepingan mahkota.

Dan hanya ditemui pada burung ketika sudah dewasa, khususnya pada waktu berkicau. Iris mata punya warna merah, kepingan paruh hitam, serta kedua kepingan kaki mempunyai warna hitam.

Burung Srigunting pada umumnya hidup di wilayah hutan, perkebunan, rawa-rawa, agroforestry, hingga dengan hutan bakau atau mangrove.

Srigunting ini biasa hidup berpasang pasangan menyerupai halnya burung kepodang, atau terkadang hidup dalam kelompok kecil. Apabila berada pada kelompoknya, mereka burung ini sering bersahut-sahutan ketika berkicau.

Daerah Persebaran

Untuk wilayah persebaran lokal yang ada di Indonesia, jenis srigunting watu tidak dijumpai pada wilayah Garis Wallacea atau tempat sebelah timur Indonesia.

Daerah persebaran srigunting bukit bahkan bisa dikatakan lebih sempit. Dari jumlah empat ras, hanya terdapat satu saja yang ada di wilayah Indonesia.

Antara lain yaitu Dicrurus remifer remifer yang sanggup dijumpaidi wilayah Sumatera yaitu pada Bukit Barisan serta Dataran Tinggi Batak. Kemudian juga terdapat di wilayah barat Pulau Jawa.

Jenis Burung Srigunting

Julukan untuk burung srigunting ini diambil dari karakteristik burung srigunting dengan bentuk ekornya yang terlihat menyerupai gunting atau bercabang.

Bermacam spesies yang asalnya dari Asia punya ciri ciri dekorasi ekor yang sangat beragam. Berikut beberapa jenis burung srigunting yang tersebar di Indonesia.

Srigunting Kelabu

Srigunting kelabu ini ukuran tubuhnya besar yaitu kurang lebih 29 cm panjangnya. Lalu dengan ebagian kor yang panjang dan juga bercabang.

Jenis burung ini punya warna yang terlihat kusam. Pada kepingan iris mata mempunyai warna jingga, sedangkan kepingan paruh dan kaki warnanya hitam.

Ada 14 sub-spesies yang telah tersebar. Antara lain mencakup Afghanistan, Cina, Asia Tenggara, serta Palawan.

Kemudian penyebaran lokal burung srigunting kelabu banyak dijumpai di wilayah Sumatera, Kalimantan, Bali, Jawa, dan juga wilayah Timor.

Sebab merupakan spesies burung yang banyak dijumpai di aneka macam daerah di Indonesia, jenis burung srigunting kelabu sanggup anda jumpai di pasar-pasar burung yang ada di bermacam daerah.

Untuk kicauan burung ini cukup keras dengan huruf suaranya yang menyerupai dengan bunyi hewan contohnya menyerupai kucing. Tak hanya itu saja, burung ini juga punya kemampuan menirukan bunyi kicauan burung jenis yang lainnya.

Srigunting Bukit

Burung srigunting terkenal dengan keahliannya dalam menirukan bunyi jenis burung lain Karakteristik Burung Srigunting dan Macam Jenisnya
Srigunting Bukit

Srigunting bukit juga sering disebut dengan srigunting gunung. Karakteristik burung srigunting ini mempunyai ukuran badan sedikit besar yaitu 26 cm.

Tubuhnya berwarna hitam mengkilap dengan kepingan bulu ekor yang panjang yang dilengkapi dua buah antena yang ada pada ujungnya.

Bagian Iris mata berwarna merah, paruh dan kepingan kakinya dengan warna hitam. Sekilas burung ini menyerupai dengan burung srigunting batu.

Bedanya hanya di kepingan ujung ekor dari srigunting bukit yang terlihat lurus, tidak terpilin menyerupai burung srigunting batu. Selain itu tubuhnya punya ukuran yang lebih kecil kemudian tidak mempunyai jambul.

Srigunting bukit punya 4 sub-spesies yang punya persebaran yang antara lain di wilayah India, Asia tenggara, Cina Selatan, dan juga Semenanjung Malaysia.

Kemudian untuk penyebaran lokal berada banyak di wilayah Jawa dan juga Sumatera.

Seperti halnya pada burung srigunting yang lainnya, burung srigunting bukit juga sering terlihat menyerang burung elang dan juga menyerang jenis burung gagak.

Dan pada ketika burung ini berburu serangga, burung srigunting bukit biasanya mengikuti rumput kering yang terbakar guna menangkap belalang yang terbang ataupun serangga lain yang merasa terganggu dengan adanya kebakaran.

Untuk bunyi kicauannya sangat bervariasi serta cukup keras yang dilengkapi dengan pekikan yang keras. Untuk Srigunting bukit juga telah diketahui punya kemampuan menirukan bunyi burung jenis yang lainnya.

Srigunting Gagak

Burung Srigunting gagak punya badan agak besar dengan ukuran yaitu sepanjang 26 cm, kemudian pada bulu-bulu yang hitam dan kepingan paruhnya besar menyerupai dengan paruh burung gagak.

Pada kepingan Iris mata warnanya coklat kemerahan. Jika dilihat menyerupai srigunting hitam akan tetapi bedanya paruh srigunting gagak sedikit besar dan lebar.

Jenis srigunting gagak ialah burung migran yang punya habitat berkembang biak di wilayah Himalaya dan juga di Cina selatan. Pada ketika demam isu masbodoh burung jenis ini akan bermigrasi menuju arah selatan menuju Asia tenggara dan juga Sunda Besar.

Antara lain Sumatera, Kalimantan, dan juga daerah Jawa kepingan barat. Walaupun disebut dengan burung srigunting gagak, tapi kicauannya lebih berirama dan terdengar nyaring, dengan bunyi khas dari burung srigunting ini.

Srigunting Jambul

Burung Srigunting jambul-rambut punya ukuran badan cukup besar antara lain sekitar 32 cm panjangnya. Burung ini punya bulu-bulu yang warnanya hitam mengkilap.

Bagian ekor panjang, terbelah serta ujung bulu yang menekuk keluar. Sebagian ras burung ini punya jambul yaitu bulu-bulu yang menyerupai dengan rambut panjang yang ada pada mahkotanya.

Bagian Iris mata warnanya merah ataupun warna putih. Srigunting jambul-rambut ini punya penyebaran global antara lain mencakup wilayah India, Cina, dan juga Asia tenggara.

Kemudian untuk penyebaran lokal spesies burung ini telah banyak dijumpai di Kepulauan Mentawai, jawa, Kalimantan, dan juga pulau Bali.

Ada sebagian pakar memasukan burung srigunting jambul-rambut dan jenis srigunting sumatera menjadi ras atau sub-spesies dari jenis srigunting lencana. Karena bunyi kicauannya cukup terdengar keras dan mempunyai irama yang biasanya juga diselingi dengan pekikan yang keras.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karakteristik Burung Srigunting Dan Macam Jenisnya"

Posting Komentar